Cara Nabi Mendidik Anak Cetak E-mail
(1 vote)

Memahami Jejak Rasulullah dalam Mendidik Buah Hati

Cara Nabi Mendidik AnakMendidik anak merupakan usaha membina anak sedikit demi sedikit hingga mencapai batas kesempurnaan. Makna kata membina itu sendiri yakni, mengindikasikan adanya usaha gigih, meletakkan sesuatu pada tempatnya dan mengevaluasi terhadap perjalanannya dengan penuh perhatian dan perbaikan yang jauh dari sifat lalai dan cuek.

Makna sedikit demi sedikit adalah usaha yang dilakukan secara bertahap. Artinya bahwa apa yang susah direalisasikan pada hari ini, mungkin dapat terlaksana pada keesokan harinya.

Sedangkan makna dari kata hingga mencapai batas kesempurnaan adalah batas di mana seorang anak sampai pada memiliki komitmen, kemampuan untuk mengevaluasi, mengawasi dan mendidik diri sendiri.

Dan di buku ini membahas tuntas mengenai pendidikan anak yang didasarkan pada sunnah dan petunjuk Nabi. Meskipun sudah banyak buku tentang pendidikan agama dan pendidikan Nabi untuk anak, namun jarang ada buku yang memenuhi standar ilmiah.

Banyak yang belum terungkap dari dunia anak. Oleh karena itu, perlu pribadi manusia yang sempurna dan utuh untuk menguak rahasia mereka. Dan pribadi itu tidak lain adalah Rasulullah saw. 

Buku ini jelas menunjukkan adanya keseriusan, rasa kejujuran dan niat ikhlas dari penulisnya. Penulis telah berusaha mengumpulkan hadist-hadist Rasulullah saw terkait dengan pendidikan anak. Penulis telah meletakkan setiap bukti itu secara tepat pada tempatnya.

Metodologi yang dipakai dalam penulisan buku ini adalah menjadikan sumber nabawi sebagai dasar utama pijakan berpikir dan penyusunannya. Penulis hanya sedikit mencurahkan pemikirannya. Untuk memperjelas, penulis menyajikan contoh-contoh nyata dari kehidupan para salafus shaleh yang sumber-sumbernya dituliskan secara jelas.

Buku ini dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama membahas tentang persiapan menjadi orang tua dan pendidik anak yang sukses. Bagian kedua membahas tentang membangun kepribadian Islam seorang anak.

Beberapa kelebihan dari buku ini : (1) Komprehensif, karena mencakup seluruh aspek kehidupan yang diperlukan oleh anak. (2) Realistis, karena didasarkan atas fakta dan kenyataan Nabi membimbing para sahabatnya. (3) Universal, karena ditujukan kepada seluruh anak muslim di belahan dunia manapun. (4) Seimbang, karena menyentuh seluruh aspek pembinaan kepribadian anak secara proporsional. (5) Mempersatukan, karena seluruh anak muslim dibimbing dan diarahkan dengan satu sistem pendidikan yang bersumber dari satu pribadi yang agung.

Dengan berbagai kelebihan yang ada maka buku ini layak dibaca terutama bagi pendidik dan orang tua serta siapapun yang ingin mempelajari dan menerapkannya dalam pendidikan anak-anak mereka. Buku ini tidak menyajikan penyelesaian terhadap persoalan yang dihadapi oleh orang tua, namun memberikan nutrisi yang berguna untuk menghilangkan penyakit dari pangkalnya. (WDY)

 

 

, Ir. Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid (2015), "Cara Nabi Mendidik Anak", Al I`tishom Cahaya Umat, 979-3071-22-2: 452 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447841

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit