Jauhi Penyakit dengan Makanan Mentah Cetak E-mail
(1 vote)

Manfaat Makanan Mentah Terhadap Kesehatan

Jauhi Penyakit dengan Makanan MentahKebanyakan orang berpikir untuk melakukan kegiatan tertentu demi mendapat kesehatan seperti makan nasi, minum suplemen kesehatan, sampai berobat ke rumah sakit. Mereka tidak berpikir untuk menjalani pola hidup sehat. Akibatnya, tanpa disadari tubuh rusak sedikit demi sedikit.

Kesehatan sebenarnya terbentuk dari pola makan, tidur, rutinitas olah raga, dan faktor-faktor lain. Salah satu faktor pendukung bisa didapat juga dari makanan mentah yang mengandung gizi yang memang sangat diperlukan. Malahan dia juga dapat membantu upaya diet. Sebab  kalori dalam satu porsi makanan mentah tidak lebih dari setengah kalori yang diperlukan tubuh sehari. Fakta itu telah dibuktikan melalui beberapa penelitian (hal. 15).

Pada 1995, Environ Health Perspect menerbitkan sebuah laporan yang membahas kaitan antara tingkat asupan daging dan risiko timbulnya kanker usus besar. Kesimpulannya, hampir kebanyakan penyakit berawal dari pola makan tidak benar. Pembaca dapat terbebas dari beberapa penyakit tertentu dengan berhati-hati memilih makanan.

Gizi sintetis dirasa kurang baik bagi tubuh. Peran makanan mentah terlihat nyata lantaran zat-zat fitokimia yang dikandungnya. Zat-zat yang sebenarnya jauh lebih penting daripada vitamin ini hanya terdapat dalam bahan-bahan alamiah (makanan mentah). Ini  tidak terdapat dalam makanan sintetis kendati makanan tersebut kaya gizi (hal. 19).

Tingginya tingkat pencemaran lingkungan juga mengharuskan untuk lebih cermat dalam memilih makanan. Sisa pestisida yang menempel pada bahan makanan, residu antibiotik dalam daging, sisa antiseptik pada makanan olahan, protein beracun, kuman, dan senyawa pengganggu hormon (endocrine disruptor) adalah beberapa di antaranya.

Kini, orang-orang modern berpikir harus hidup ‘serbacepat’ untuk meraih kesuksesan. Dalam persoalan makanan pun, tak jauh beda. Waktu untuk memasak dan menyantap makanan mulai dipandang sebagai terbuang percuma. Lahirlah era makanan cepat saji.

Ini makanan yang diproduksi secara besar-besaran demi memenuhi kebutuhan orang-orang yang sangat sibuk, namun sebenarnya kurang bergizi. Ini seperti balon udara besar, tetapi hanya berisi udara. Makanan semacam itu hanya mengandung kalori dan sebagian besar dibuang tubuh.

Di sisi lain, tersedia slow food sebagai makanan alternatif, yang terbuat dari bahan-bahan segar dan mengandung zat-zat bermanfaat bagi tubuh. Menyiapkan dan menyantap makanan ini tidak memerlukan banyak waktu, tapi manfaatnya untuk tubuh bertahan lama. Makanan mentah merupakan slow food, tetapi dapat pula dianggap fast food.  Makanan apa pun yang digoreng atau ditumis dapat disajikan dengan cepat, tetapi berpotensi untuk meninggalkan limbah di dalam tubuh. Beberapa orang masih takut makanan mentah karena enggan melepaskan ‘kesenangan’ makan. Karena itu, disarankan makanan mentah sekali saja dalam sehari dengan memilih waktu sesuka hati. Makanan mentah dapat menjadi solusi karena memiliki baik untuk kesehatan dan dapat dikonsumsi dengan mudah (hal. 38).

Dalam sejumlah penelitian bahkan terungkap fakta makanan mentah bisa dijadikan alternatif diet alamiah. Dia juga pendetoksifikasi, pencegah penyakit sekaligus obat alamiah, peningkat kecerdasan dan kecantikan. Manfaat lain peningkat kekebalan tubuh, stamina, dan terbaik untuk mengendalikan kadar gula darah. Dia juga  melindungi sistem peredaran darah dan pencegah kanker. (Nur Hadi - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Prof. Dr. Hwang Sung-Joo, M.D., Ph.D. (2015), "Jauhi Penyakit dengan Makanan Mentah", Qanita, 978-6021-637-60-9: 168 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25231029

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit