Setegar Ebony; Catatan Hati Seorang Istri yang Dikhianati Cetak E-mail
(1 vote)

Belajar dari Kesalahan Hidup itu Penting

Setegar Ebony; Catatan Hati Seorang Istri yang DikhianatiPerjalanan hidup yang paling indah adalah ketika bisa menikmati masa-masa pernikahan secara bersama-sama. Selain itu bisa merasakan kenikmatan ketika merawat dan membesarkan anak yang telah dinanti selama pernikahan berlangsung. Namun, ketika angan dan harapan itu bertolak belakang. Maka sakit dan luka kehidupanlah yang akan dirasakan.

Novel yang berjudul Setegar Ebony; Catatan Hati Seorang Istri yang Dikhianati ini menceritakan tentang kehidupan Asih Karina. Seorang gadis desa di wilayah Kepanjen-Kabupaten Malang bagian selatan yang memimpikan sebuah pernikahan yang indah, tetapi impian itu justru hilang setelah suaminya mengkhianati dirinya. Sosok orang ketiga memicu perpisahan mereka yang tidak lain adalah mantan istri suaminya, Kadek. Latar belakang yang diceritakan bahwa Karin, sapaan hangat Asih Karina adalah anak dari keluarga broken home yang ditinggal oleh ayahnya dan tinggal bersama seorang ibu yang begitu sangat menyayangi dirinya.

Karin berjuang dan melakukan berbagai macam cara agar suaminya bisa kembali kepadanya. Bahkan keluarga dari sang suami tidak bisa berbuat apa-apa untuk menyelamatkan pernikahan mereka. Suaminya meninggalkan dirinya saat dia sedang mengandung anak, dari buah cinta bersamanya. Saat itulah Karin merasa dirinya begitu dibenci dan diabaikan oleh suaminya sendiri.

Malam itu, hujan turun dengan derasnya. Malam menjelang pernikahan mereka, dengan isak tangis Karin menelpon Ardhan yang merasa dirinya terlalu lelah dan merasa ragu dengan langkah yang akan ditempuhnya. Di antara gemuruh hujan itu, Ardhan membuatnya yakin bahwa dialah orangnya yang akan membuat hidup Karin menjadi seperti seorang ratu di dunia ini.

Ungkapan yang masih diingat Karin adalah ucapan manis dari suaminya dulu. “Jangan takut, aku nggak akan jadi suami biasa, aku pengin Sayang bahagia. Aku mau jadi suami baik setiap hari. Biar semua orang tahu kalao Sampeyan sangat disayangi suaminya.” (hal. 28)

Perkataan Ardhan yang membuat hati Karin menjadi yakin untuk tetap menikah dengannya. Tetapi, janji tinggallah janji yang tidak akan bisa dituntut karena tidak hitam diatas putih. Semua perkataan Ardhan yang begitu dicintai oleh Karin seolah mengambang di udara, hampa dan kosong. Sejak malam itu, hari-hari Karin dimulai dengan penantian yang sangat panjang dan membuat orang lelah serta jenuh untuk melakukannya.

Ungkapan hati Karin yang tersakiti oleh cambukan sikap dan kata-kata yang keluar dari mulut Ardhan, membuat sakit dan pilu hingga Karin ingin mengakhiri hidupnya. Tetapi Karin menepis keinginannya itu karena Karin masih memikirkan ibunya. Karin tidak bisa membayangkan bagaimana cerita hidup selanjutnya jika dia berani bunuh diri. Ditemukan oleh ibunya menggantung di atap kamar mandi, bagaimana perasaan ibunya?! (hal. 42)

Begitu perih dan pedih kehidupan pernikahan yang dijalani Karin, hingga dia mengandung buah cintanya bersama suaminya, Ardhan Hasyim. Usia 5 bulan pernikahan adalah masa dimana sepasang suami istri baru mengarungi samudra pernikahan. Saat inilah suami istri akan membagi rasa kasih sayang serta cintanya untuk pasangan mereka. Tetapi tidak untuk Karin, yang harus berjuang seorang diri menahan sakit yang mendalam dan tidak akan pernah dia lupakan seumur hidup. Dunia  serasa tidak adil, ketika Karin dan ibunya memeriksakan kandungannya. Seharusnya dalam keadaan hamil seperti ini, Karin harus merasakan kemanjaan-kamanjaan seorang istri yang sedang mengandung. Apalagi ini pertama kali yang dirasakannya.

Beban itu semakin berat dan rasa takut selalu menghantuinya. Kemungkinan Karinalah orang yang merebut suami perempuan itu. Rasa perpisahannya lima tahun yang lalu, bukanlah akhir dari cerita mereka. Karena itulah Tuhan menimpakan sakit yang sama pada Karin di saat dirinya tengah mengandung benih suaminya, yang juga pernah menjadi suami perempuan itu.

Perasaan yang sangat menyakitkan bagi Karin, hingga dirinya dengan senyum yang masih mengembang di bibirnya, harus menipu semua orang. Keluarganya tidak tahu tentang pernikahan adat di Bali bersama Kadek, wanita yang dinikahi suaminya lima tahun silam. Tanpa ada yang tahu, bahwa dia telah memiliki seorang anak, buah cinta dari Kadek dan Ardhan, suami Karin. (hal. 183)

Banyak lika-liku kehidupan dan masalah yang ditimbulkan oleh Kadek, mantan istri suaminya. Karin harus berhadapan dengan wanita yang berhati dingin dan penuh dengan rasa iri. Iri karena Ardhan menikah dengan Karin yang terlihat sangat bahagia saat foto bersama di Bali. Kini hanya berusaha untuk tegar dan berusaha sekuat tenaga untuk merawat janin yang sedang dikandungnya. Ketegaran Karin semakin kuat setelah lahir anak perempuannya yang diberi nama, Ebony yang berarti kuat.

Novel yang terangkat dari kisah nyata, seorang gadis yang bernama Asih Karina. Penggunaan alur yang bolak-balik dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dimengerti oleh semua pembaca. Seolah-olah penulis ingin menyeret pembaca untuk melihat langsung kejadian yang dialami.

Kisah ini mengajarkan kepada pembaca untuk lebih berfikir panjang. Bahwa kehilangan seseorang yang begitu dicintai bukan berarti hidup kita berakhir begitu saja. Namun, dengan permasalahan yang ada mampu kita hadapi dengan tagar dan sabar. Sehingga secara tidak langsung kita selalu belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah lalu. Belajar dari kesalahan adalah guru terpenting dalam kehidupan. (Zahrotul Ummah - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Asih Karina (2015), "Setegar Ebony; Catatan Hati Seorang Istri yang Dikhianati", Pustaka Alvabet, 978-6029-193-78-7: 354 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29367069

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit