Unusual Business; Revolusi Bisnis Anda dengan Cara Berbeda Cetak E-mail
(1 vote)

Pikiran Menjadi Kunci Membangun Bisnis Berkelanjutan

Unusual Business; Revolusi Bisnis Anda dengan Cara BerbedaTahun baru selalu membawa harapan baru. Salah satunya agar bisnis dapat lebih berkembang. Memang bisnis sebaiknya jangan hanya seumur jagung. Sekarang berdiri tiga bulan kemudian menghilang.

Bisnis berkelanjutan, berumur panjang dan mampu melayani orang banyak, berawal dari pikiran. Punya kesadaran kaya jadi kunci nomor satu. Buku Unusual Bussiness menjelaskan prosperity conscious atau kesadaran kaya sebagai pilihan pikiran. Sementara, pikiran harus selaras dengan hati agar selalu fokus. Jadi, bisnis tidak batal karena keraguan yang diciptakan sendiri.

Pengetahuan akan diri juga jadi kunci sukses berbisnis. Setiap orang punya kekuatan masing-masing. Ada delapan karakter orang, lebih dikenal dengan delapan shio bisnis. Mereka adalah Creator, Star, Supporter, Deal maker, Trader, Accumulator, Lord, dan Mechanicer. Tiap-tiap shio bisnis punya ciri-ciri, cara kerja, dan kebiasaan berbeda. Pengetahuan ini berguna terutama saat menggandeng mitra atau membentuk tim kerja. Selain bisa tahu kecenderungan diri sendiri, kita juga bisa mengira-ira partner yang kemungkinan cocok menjadi mitra kerja.

Faktor lain yang juga berperan adalah ketegasan dalam menjalankan prinsip-prinsip berbisnis. Dalam kenyataannya, bisnis tidak selalu berjalan mulus. Butuh prinsip dan kejelian dalam melihat setiap keadaan dan mengubahnya menjadi suatu peluang. Ini diperkaya dengan contoh-contoh di lapangan. Buku menawarkan cara yang tidak biasa dalam menyikapi sebuah kondisi, misalnya, tentang kompetitor.

Jangan takut menghadapi kompetitor karena akan membuat kita semakin kreatif. Ada jurus-jurus yang penerapannya bisa disesuaikan dengan kondisi persaingan. Pebisnis juga dituntut selalu belajar dari orang lain. Pisau akan tumpul kalau terlalu sering dipakai dan lupa diasah. Belajar bisa dari customer, teman sejawat, pebisnis lain bidang, atau bahkan pensiunan.

Intisarinya bisa diterapkan dalam bisnis yang sedang berjalan untuk memperkaya pandangan dan pengalaman. Dengan begitu, bisnis bisa bergerak lincah mengikuti perkembangan zaman.

Tidak ketinggalan pentingnya sikap perhatian terhadap detail. Sejatinya kunci dari service excellence adalah detail (hal. 204). Memperhatikan detail berarti teliti luar biasa terhadap hal-hal kecil. Inilah yang akan membawa pada kesempurnaan. Sungguh kesempurnaan itu bukanlah yang kecil (hal. 205).

Detail ini jugalah yang membuat buku masih perlu perbaikan, terutama dalam editorial. Masih bisa ditemukan salah ketik, ketidaksesuaian antarparagraf, dan salah mengeja nama orang. Ini kesalahan yang harusnya tidak terjadi. Jika tidak diperbaiki tentu akan merusak pembaca yang menginvestasikan waktunya.

Yang patut diacungi jempol bagian berisi surat-surat dari CEO dalam mengendalikan kelangsungan bisnis. Tentang customer, model bisnis, brand ambassador, waktu untuk menyalip, tren masa depan, kehancuran, service, dan banyak lagi. Dari surat-surat, terlihat bahwa CEO dituntut berpikir jauh ke depan. Dia harus pandai membaca tren pasar dan mampu membuat strategi yang bisa diimplementasikan bawahan.

Pada akhirnya membangun bisnis berkelanjutan berarti melakukan yang berbeda dari biasanya. Albert Einstein benar saat berkata, “Adalah suatu kegilaan jika terus melakukan hal sama, tapi mengharapkan hasil berbeda.” Untuk menghasilkan bisnis yang berkelanjutan, tidak bisa tidak, lakukanlah tindakan berbeda dari biasanya. (Sahesty - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Mardigu Wowiek Prasantyo and , Brili Agung (2015), "Unusual Business; Revolusi Bisnis Anda dengan Cara Berbeda", Inspirator Academy, -: 259 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI - BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447796

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit