Money Talking Cetak E-mail
(1 vote)

Resep Cetak Uang dari Pakar Dunia

Money TalkingDalam hidup ini, ada sebagian orang yang begitu mudah mendapatkan uang sehingga menjadi kaya, namun lebih banyak yang selalu kesulitan mencari uang sehingga hidup miskin. Mengapa itu bisa terjadi? Karena mencari uang adalah sebuah keahlian, seperti mengendarai sepeda. Mereka yang kaya adalah yang mempunyai keahlian mencari uang, sementara yang miskin tidak memiliki keahlian itu.

Buku ini memaparkan beragam cara mencari uang yang diajarkan oleh 10 pakar internasional di bidang ini. Mereka adalah Napoleon Hill, Jack Canfield, Brian Tracy, Joe Vitale, Richard Templar, John C. Maxwell, Robert T. Kiyosaki, T. Harv Eker, Zig Ziglar, dan Anthony Robbins. Semua yang diuraikan bertolak dari pengembangan diri, namun praktikal sehingga bisa diikuti dan diterapkan.

Semua pakar ini sepakat bahwa untuk mengumpulkan uang dan kekayaan harus dimulai dari pola pikir (mindset). Karena semua tindakan manusia dimulai dari pikirannya. Kekuatan pikiran (the power of mind) dapat mengubah kehidupan. Untuk memiliki banyak uang, pikiran harus diubah dari sekadar mempertahankan hidup menjadi bagaimana mencapai kemajuan. Ini bisa terjadi karena mengubah cara berpikir akan mengubah kepercayaan, mengubah kepercayaan akan mengubah harapan, mengubah harapan akan mengubah sikap, mengubah sikap akan mengubah perilaku, mengubah perilaku akan mengubah kinerja, dan mengubah kinerja akan mengubah kehidupan (hlm. 129).

Setelah memiliki pola pikir yang berorientasi pada kemajuan, mereka yang ingin mengumpulkan uang juga harus mempunyai pengetahuan khusus tentang mencari uang. Poin ini disampaikan Napoleon Hill. Pengetahuan umum tidak bisa digunakan untuk mencari uang, sebesar apa pun pengetahuan tersebut. Pengetahuan umum tidak akan menarik uang, kecuali kalau diorganisasi dan diarahkan secara cerdik melalui rencana tindakan praktis dengan tujuan pasti untuk mengumpulkan uang. Itulah yang disebut pengetahuan khusus. Contohnya, seseorang yang ingin mendapatkan uang dari berdagang, harus memiliki pengetahuan khusus dalam penjualan (marketing).

Untuk mengumpulkan uang, Brian Tracy dan John C. Maxwell mengajarkan agar tidak percaya pada nasib baik. Karena tidak ada nasib baik, yang ada adalah probabilitas atau kemungkinan. Kita harus menciptakan sebanyak mungkin kemungkinan untuk mendapatkan uang. Salah satu cara menciptakan kemungkinan adalah dengan berinvestasi di pasar modal. Sisihkan 10–20 persen penghasilan setiap bulan untuk investasi dan kelola dengan baik, maka jalan menjadi miliarder akan terbuka (hlm. 136).

Pandangan ini sejalan dengan T. Harv Eker dan Robert T. Kiyosaki. Menurut Eker, untuk mengumpulkan uang, seseorang harus memiliki pendapatan pasif (passive income). Pendapatan pasif bisa diperoleh melalui instrumen finansial, seperti saham, obligasi, dan reksadana, juga dari mengontrakkan rumah, royalti buku, lisensi atas ide, dan memiliki waralaba (franchise). Dengan pendapatan pasif, maka “uang bekerja untuk Anda”. Sementara Kiyosaki menekankan perlunya membedakan aset dengan liabilitas. Aset adalah sesuatu yang memasukkan uang ke dalam kas seseorang. Contohnya, saham, obligasi, properti, hak cipta, dan kendaraan yang disewakan. Sedangkan liabilitas adalah sesuatu yang mengeluarkan uang dari kas. Misalnya, kendaraan yang dipakai sendiri, makanan dan minuman, pakaian, hiburan, dan kartu kredit. Jika ingin kaya, habiskan hidup untuk membeli aset. Jika ingin miskin, habiskan hidup untuk membeli liabilitas (hlm. 147).

Richard Templar menambahkan resep lain untuk mengumpulkan uang, yaitu jangan iri pada apa yang dimiliki orang lain. Ketimbang iri yang tidak menghasilkan apa pun, lebih produktif jika bergaul dengan orang-orang sukses tersebut. Lihatlah orang sukses sebagai “cetak biru” untuk ditiru sehingga jalan menuju sukses menjadi lebih mudah untuk kita.

Terakhir, para pakar ini sepakat untuk menyatakan bahwa "berbagi dan memberi pelayanan terbaik dalam bidang apa pun akan memberi efek positif dan membuat rezeki mengalir lancar". Sebuah pendekatan spiritual yang menyejukkan.

Buku karya jurnalis senior yang terdiri atas 10 bab ini menawarkan banyak jalan untuk mencari uang dan mengumpulkan kekayaan atas dasar beragamnya pemikiran dari banyak pakar. Pembaca tinggal memilih mana yang cocok atau meramunya dari pemikiran para pakar yang berbeda. (Muhamad Ilyasa - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Zaenuddin HM (2015), "Money Talking", Change, 978-6023-720-51-4: 234 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MANAJEMEN BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366139

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit