Jadilah Mahasiswa Plus! Cetak E-mail
(1 vote)

Sukses Kuliah dan Berwirausaha ala Mahasiswa

Jadilah Mahasiswa Plus!Selain mengembangkan soft skill melalui organisasi, mahasiswa hendaknya memberanikan diri merintis usaha. Buku ini membuka wawasan bisnis di sela-sela kuliah. Mahasiswa terjun ke dunia usaha bukan sekadar mencari tambahan uang saku, tetapi juga menempa kemandirian.

Jadi, mahasiswa tidak terus bergantung pada orangtua. Membangun ekonomi sejak mahasiswa dapat melatih potensi dan intuisi menjadi pengusaha muda. Dengan demikian, setelah lulus mahasiswa tidak menambah deret pengangguran. Banyak perusahaan atau tempat kerja memang, tetapi sesungguhnya tidak sebanding dengan jumlah lulusan perguruan tinggi. Mahasiswa mestinya menyadari, negara masih membutuhkan banyak pengusaha untuk turut menyejahterakan masyarakat.

Barangkali kekhawatiran utama, bisnis dapat mengganggu kuliah. Padahal, jika sama-sama dilakukan secara serius, keduanya bisa berjalan beriringan. Wulan Agustina, seorang pengusaha muda lulusan salah satu kampus ternama di Jakarta, membuktikannya. Kuliah sembari berwirausaha sangat mudah dilakukan.

Menurutnya, menyelesaikan kuliah adalah tanggung jawab pribadi yang tidak dikaitkan dengan aktivitas apapun. Kenyataannya, tidak sedikit mahasiswa yang kuliahnya terbengkalai karena masalah pribadi, bukan sibuk menekuni dunia usaha (hlm 23).

Jika ingin berjaya saat muda harus bekerja keras. Kuncinya, mengelola waktu dengan menulis jadwal harian agar hidup lebih fokus dan terarah. Tugas kuliah dan wirausaha membantu belajar menentukan skala prioritas dan memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin. Jangan menjadi mahasiswa monoton: seperti kuliah, main, jalan-jalan, nongkrong, ataupun berpacaran. Gunakanlah waktu secara lebih produktif !

Untuk mendapat ide usaha, cara paling simpel melihat yang berkembang di beberapa puluh meter dari rumah atau tempat kos. Contoh, usaha laundry, warung sup buah, penyewaan buku, jasa mengetik, dan sebagainya. Kemudian tinggal modifikasi contoh tersebut.

Cara lainnya membuka usaha berdasarkan hobi atau keahlian seperti main gitar, terampil berkomunikasi dengan bahasa Inggris, menguasai desain, pintar ilmu eksakta, atau pandai menulis ilmiah. Kemahiran itu bisa dimanfaatkan mencari keuntungan finansial.

Usaha online juga perlu didayagunakan karena cenderung tidak mengganggu aktivitas kuliah. Peluang bisnis ini terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet, terutama media sosial. Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun lalu menyebutkan, pengguna internet sudah mencapai angka 71,19 juta jiwa. Masyarakat  yang memanfaatkan fasilitas internet untuk mencari informasi jasa atau barang sekitar 77,81%.

Salah satu ragam usaha online adalah membuka toko. Tidak harus dengan website, karena jejaring sosial bisa dimanfaatkan. Setelah itu, lengkapi dengan identitas online store agar lebih terpercaya dan profesional. Untuk berbelanja sejumlah produk sebaiknya langsung dari pabrik atau di  grosiran agar memperoleh harga lebih murah. Kunci promosi bisnis online adalah content, traffic, pre-selling, dan monetizing (hlm 107-113).

Selain jenis usaha online, buku ini juga menerangkan strategi mengembangkan usaha jasa, jual beli, kreasi, dan waralaba yang cocok bagi mahasiswa. Secara khusus, ini adalah panduan yang berfaedah menuntun mahasiswa untuk sukses kuliah sekaligus berbisnis. (Dwi Priyanto)

 

 

, John Afifi (2015), "Jadilah Mahasiswa Plus!", Flash Books, 978-6022-961-67-3: 200 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236733

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit