Revolusi Awet Muda Cetak E-mail
(1 vote)

Menjaga Usus dan Sel Agar Tetap Sehat

Revolusi Awet MudaKulit merupakan organ tubuh yang terbentuk dari 6 miliar sel. Kerja sel yang terganggu dapat mempengaruhi kesehatan. Sementara kesehatan sel itu sendiri dapat di­ketahui dari kondisi kulit—jika terlihat segar, sel dalam kondisi baik. Semen­tara usus sangat berperan menyalur­kan gizi ke dalam sel.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diserap usus. Nutrisi yang terkandung dalam makanan akan di­angkut ke seluruh tubuh. Jika usus tak tersuplai gizi cukup, dan apabila sisa metabolisme tidak terbuang keluar, akan memengaruhi kesehatan tubuh (hal. 2). Maka dari itu, sel dan usus memiliki peran kunci dalam meme­lihara kecantikan serta kesehatan. Ini berimbas pula pada kelancaran hubungan antarmanusia.

Perbaikan kondisi usus dapat dilakukan dengan mengubah pola ma­kan. Pola makan yang benar tidak ha­nya berpengaruh pada tubuh semata, tapi juga hati dan perasaan. Banyak pendapat, kondisi hati merupakan hasil aktivitas otak. Namun kenyataan­nya, usus adalah penghubung tubuh dengan pikiran (hal. 46).

Orang Jepang sejak dulu mu­dah mengalami masalah lambung karena tekanan batin berat. Orang meninggal karena kanker lambung semakin me­ningkat sesudah perang. Beberapa tahun belakangan malah banyak muncul penyakit Irritable Bowl Syndrome (IBS) atau diare karena stres akut. Ini ba­nyak menyerang pegawai kantoran di kota-kota besar. Tekanan batin, stres pada hati dan otak, berasal dari usus.

Orang-orang dengan mental tidak imbang akan selalu gelisah dan mudah letih. Orang yang selalu ceria seka­lipun, jika mengonsumsi makanan tidak sehat, lama-kelamaan muncul perasaan benci pada diri sendiri. Mereka akan hilang percaya diri dan sering menyalahkan orang lain.

Pola makan se­bagai landasan ak­tivitas kehidupan lebih berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh dibanding kesibu­kan secara fisik. Manusia dianjur­kan memperha­tikan kebiasaan buang air besar untuk mengetahui tingkat kesehatan usus. Caranya minum air putih 1 sampai 1,5 liter per hari, kurangi konsumsi makanan berprotein hewani (lebih baik ikan daripada daging, lebih baik kacang-kacangan daripada ikan), serta hindari makanan manis seperti jajanan, kuda­pan, roti, dan kue (hal. 54).

Susu dan produk-produk olahan susu yang beredar di pasaran men­gandung banyak sekali female hor­mones. Susu yang diperah dari induk sapi hasil inseminasi banyak sekali mengandung hormon tersebut. Menu­rut penelitian Prof Akio Sato dari Uni­versitas Yamanashi, female hormones tak dapat terurai, meski sudah melalui proses pemanasan untuk mematikan bakteri.

Anak-anak yang setiap hari mengon­sumsinya (meski bukan satu-satunya penyebab), setelah dewasa, diprediksi akan terkena penyakit karena hormon yang tidak imbang, kanker prostat, kanker rahim, kanker kandung kemih, kanker payudara, impotensi, mandul, dsb (hal. 63). Buku ini menganjurkan un­tuk pindah ke susu kedelai tawar.

Dengan sedikit ekstrem, dokter Shinya menyatakan, sebenarnya bisa mengubah hubungan antarpersonal, bahkan nasib lewat perbaikan kondisi usus. Tak ada orang yang 100% baik dan 100% jahat. Masalah muncul jika seseorang kehilangan keseimbangan­ dan cenderung berbuat buruk.

Simbiosis sangat penting bagi koloni-koloni bakteri jahat, bakteri baik, dan bakteri oportunis. Bakteri baik yang aktif bekerja tidak serta merta dapat membersihkan bakteri jahat. Bakteri jahat juga diperlukan bagi keseimbangan.

Masyarakat sekarang yang telah membasmi bakteri jahat tentunya semakin sehat. Di sisi lain, cenderung sistem kekebalan tubuh menurun dan sulit beradaptasi dalam kondisi buruk (hal. 159). (Tatik Sopiati)

 

 

, Hiromi Shinya MD (2015), "Revolusi Awet Muda", Qanita, 978-6021-637-76-0: 225 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204241

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit