Otak Ideal; Makin Berumur, Makin Brilian Cetak E-mail
(1 vote)

Melatih agar Otak Bekerja Optimal

Otak Ideal; Makin Berumur, Makin BrilianSecara umum, orang berasumsi bahwa otak berkembang secara alamiah sehingga tidak perlu distimulasi atau dilatih. Kalaupun ada pelatihan otak, biasanya hanya tentang menjaga dan meningkatkan daya ingat ketika semakin tua. Cara melatih semacam itu kurang mewakili kapasitas otak sebenarnya. Buku Otak Ideal karya Dr Toshinori Kato memaparkan cara melatih otak lebih komprehensif agar dapat berpikir aktif, berkomunikasi lebih jernih, bergerak lebih gesit dan terampil. Juga agar orang melihat dan mendengar lebih tajam, serta mengingat lebih dalam.

Buku memperkenalkan konsep Noubanchi (zona otak). Ada 8 zona otak yang harus dilatih secara praktis dan efektif. Kedelapannya adalah zona otak berpikir, emosi, komunikasi, pemahaman, motorik, pendengaran, penglihatan, dan zona otak ingatan. Noubanchi adalah metode melatih otak yang tepat. Buku ini menunjukkan berbagai cara untuk melatih kedelapan zona otak tersebut.

Zona otak berpikir sangat kuat membentuk keinginan dan menjadi pusat berkumpulnya daya konsentrasi. Dia erat hubungannya dengan pancaindera. Jadi, jika seseorang menginstruksikan secara jelas dan konkret pada zona otak berpikir, maka informasi bagus akan terkumpul dan dengan sendirinya keinginan akan lebih mudah tercapai (hal. 41).

Manusia bisa melatihnya, misal dengan sengaja kalah dalam suatu permainan atau mengingat 3 hal sebelum tidur. Zona ini dan zona otak emosi saling berhubungan. Saat berpikir keras, emosi juga meningkat. Manusia perlu menjaga kestabilan perasaan dengan cara melatih zona otak emosi. Contoh dengan membuat daftar kata pujian atau berdialog dengan tumbuhan.

Zona otak komunikasi terbagi secara verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal menggunakan zona otak sebelah kiri, nonverbal kanan. Contoh cara melatih zona otak komunikasi dengan berbicara sambil memikirkan tiga pilihan atau mendengarkan sambil memperhatikan kata kunci lawan bicara.

Zona otak komunikasi sangat erat kaitannya dengan zona otak pemahaman. Dengan berkomunikasi, manusia membagikan dan menyerap informasi yang diolah zona otak pemahaman. Zona otak komunikasi dilatih lewat membuat profil diri atau membaca kembali buku yang dibaca 10 tahun lalu.

Zona otak motorik paling awal mengalami perkembangan. Ini sangat memengaruhi zona otak lain (hal. 122). Dia dilatih lewat memasak sambil bernyanyi atau berjalan kaki tanpa memikirkan sesuatu.

Orang juga perlu melatih zona otak pendengaran dan penglihatan. Misalnya lewat tidur sambil mendengarkan radio, menirukan perkataan penyair, atau mencatat saat rapat. Otak penglihatan bisa diajari dengan membuat sketsa wajah sendiri atau mencoba menebak latar belakang orang-orang.

Berbicara tentang otak tidak akan lengkap jika tidak menyertakan ingatan akan pengetahuan dan perasaan (hal. 182). Maka, untuk melatih zona otak ingatan, sangat penting mempererat hubungan antara pengetahuan dan perasaan. Contoh mengingat kata-kata baru atau menghafal Kitab Suci. Seseorang bisa menemukan banyak cara melatih otak dalam buku ini. Buku ditulis seorang spesialis otak dan pendiri “Sekolah Otak” Jepang. (Yulia Endang Wahyuningsih)

 

 

, Toshinori Kato, MD, PhD (2015), "Otak Ideal; Makin Berumur, Makin Brilian", Qanita, 978-6021-637-80-7: 214 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - OTAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204322

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit