Kiprah Tokoh Katolik Indonesia Cetak E-mail
(1 vote)

Inspirasi dari Para Tokoh Katolik Indonesia

Kiprah Tokoh Katolik IndonesiaBuku Kiprah Tokoh Katolik Indonesia mengisahkan para tokoh Katolik yang telah berkontribusi besar bagi bangsa. Semenjak Orde Baru, banyak tokoh Katolik tidak pernah kelihatan menonjolkan identitas karena bekerja tanpa bendera.

Ada nama Ayu Utami yang menjadi tonggak penting dunia sastra perempuan pasca-reformasi. Melalui karyanya, Ayu berbicara tentang isu ketidakadilan dan pergulatan batin seperti dalam novel Saman (hlm. 48).

Novel ini pun memenangi sayembara Roman yang diadakan Dewan Kesenian Jakarta tahun 1998. Ayu juga mendapat Prince Claus Award dari Belanda tahun 2000. Selain itu, dia juga menerima penghargaan Majelis Sastra Asia Tenggara tahun 2008. Hebatnya lagi, Saman juga telah diterjemahkan ke dalam delapan bahasa asing, antara lain Inggris, Belanda, Jerman, Jepang, dan Prancis (hlm. 49).

Selain Ayu Utami, ada pula tokoh Katolik fenomenal lainnya. Ia merupakan seorang filsuf Indonesia kelahiran Jerman, Franz Magnis Suseno, SJ. Kontribusinya dalam bidang ilmu pengetahuan tidak perlu diragukan. Demikian pula dengan proses demokratisasi Republik Indonesia (hlm. 58). Baginya, Indonesia merupakan negara terbesar ketiga dunia. Akan tetapi, faktanya masih cukup sering terjadi kekerasan atas nama agama di Indonesia. Jika kekerasan dibiarkan, itu menunjukkan fungsi hukum lemah (hlm. 59).

Selanjutnya, inspirasi juga datang dari Ignasius Jonan. Kiprahnya dalam membenahi pelayanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) tergolong sukses. Ini membuat dirinya dipercaya Presiden Jokowi menjadi menteri perhubungan. Hal ini tentu tidak terlepas dari prestasi dan etos kerja Ignasius Jonan ketika masih menjabat sebagai direktur utama PT KAI.

Bahkan hal menarik dari Jonan ialah kisah dirinya yang pernah tidak pulang selama 15 hari karena tidur di kereta demi mengawasi pelayanan aparatnya saat lebaran tahun 2014. Kereta api, menurutnya, mempunyai kenangan tersendiri di hati. Sebab di situlah dia bertemu dengan tambatan hati yang kini menjadi istrinya (hlm. 87-88).

Ada juga kiprah Rhenald Kasali yang perlu diteladani. Ia menggagas rumah perubahan, tempat anak muda mempelopori perubahan secara kreatif. Pakar manajemen ini juga memimpin beragam gerakan aksi sosial seperti rumah baca, pendidikan berkualitas internasional, untuk anak-anak kampung dan masalah lingkungan. Salah satu proyek fenomenalnya pengembangan masyarakat daerah pedalaman Pulau Buru, Maluku (hlm. 182).

Bagi Rhenald, ungkapan ‘keterbukaan dalam berpikir membuat seseorang lebih mudah menerima perubahan’ itu tidak cukup. Perubahan tidak boleh menjadi sekadar wacana. Untuk menghadirkannya, seseorang pemimpin harus mampu mengajak orang lain melihat, bergerak, dan menyelesaikan (hlm. 183). Dari dasar pengalaman dan pergaulan internasional, pria kelahiran Jakarta ini berkeyakinan,  perubahan negara  sudah sangat mendesak (hlm. 185).

Dalam epilog yang ditulis Mgr Yustinus Harjosusanto, MSF disisipkan, setiap orang Katolik, dalam status atau profesi apa pun, mesti ambil bagian dalam perjuangan untuk mengembangkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Bahkan lebih dari itu, untuk seluruh umat manusia dan alam raya. Keyakinan itu, dengan sendirinya sekaligus merupakan “perintah” untuk menjauhkan diri dari segala macam perilaku tidak terpuji seperti korupsi, kekerasan, dan perusakan lingkungan hidup (hlm. 217).

Akhirnya, buku berisi 36 tokoh Katolik Indonesia ini patut dibaca. Sebab, di dalamnya pembaca dapat mengambil inspirasi dari para tokoh Katolik yang telah berjasa bagi bangsa. (Jumadi)

 

 

, Benny Sabdo (2015), "Kiprah Tokoh Katolik Indonesia", Kanisius, 978-979-21-4372-0: 224 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KATOLIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204309

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit