The Dead Returns Cetak E-mail
(1 vote)

Misteri Kematian di Dalam Pribadi yang Hidup

The Dead ReturnsThe Dead Returns adalah novel karya sastrawan Jepang Akiyoshi Rikako menceritakan kisah misterius seorang siswa SMA bernama Koyama Nobua. Tepat di malam pembukaan semester baru seseorang mendorong Koyama dari atas tebing tidak jauh dari sekolah. Peristiwa tersebut tidak hanya membuat Koyama luka. Dirinya telah berada di tubuh orang lain. Wajah yang muncul di hadapannya saat becermin bukanlah wajahnya. Wajah itu terlihat tampan dengan hidung mancung dan mata indah.

Setelah sadar dari koma selama seminggu, Koyama Nobua mendapati, sangat berbeda dengan wajah miliknya. Saat Koyama tengah serius memperhatikan wajahnya, seseorang memeberitahu bahwa anak yang jatuh bersamanya malam itu meninggal (hal. 42). Sontak ini membuat Koyama shock. Jiwanya hidup di tubuh orang lain, sementara tubuhnya mati bersama jiwa orang lain.

Koyama Nobua bukan siswa cerdas, namun dengan cepat memahami situasi yang menimpanya. Menurut Koyama penyebab kematiannya bukanlah kecelakaan, melainkan pembunuhan berencana. Maka, dia memutuskan merahasiakan kebenaran tentang dirinya kepada semua orang dan mulai menyusun rencana menemukan dalang di balik pembunuhan dirinya.

Satu-satunya tempat yang dapat dijadikan sumber informasi Koyama adalah sekolah. Ia pun melewati hari-harinya dengan bertanya dari satu siswa ke murid lain, yang mereka lakukan pada malam pembukaan semester baru atau seberapa jauh mengenal Koyama.

Sayang, tidak banyak informasi yang dapat diperoleh dari teman-temannya karena Koyama bukanlah siswa populer. Penampilannya sederhana membuatnya masuk golongan siswa terabaikan. Hanya beberapa murid yang peduli dengan kematiannya. Kenyataan ini membuat Koyama tertekan.

Dua bulan berlalu, berbagai fakta kematian Koyama mulai terungkap. Akan tetapi tidak adanya hubungan antara fakta satu dan lainnya membuatnya sedikit kebingungan. Koyama mencurigai Sasaki-kun, teman sekelasnya, sebagai pembunuh. Sebab semua informasi yang dia peroleh dari teman-temannya merujuk padanya.

Pada malam pembukaan semester baru klub sepak bola Sasaki-kun latihan jogging dengan rute melewati tebing Miura Kaishoku, lokasi jatuhnya Koyama. Di tengah perjalanan, Sasaki-kun keluar dari barisan dengan alasan ingin membeli jus untuk team, tapi dia kembali tanpa membawa apa pun (hal. 161).

Fakta lain tentang kematiannya juga ditemukan di rumah Takashi Shinji. Di meja belajar Takashi Shinji, Koyama menemukan memo sama yang di bawah meja sekolah, sehari sebelum kematiannya. Dia semakin terkejut ada tulisan yang muncul di memo saat mengarsir bekas pulpen di memo. Tulisan berbunyi, “2 September, pukul 19.00. Aku tunggu di tebing Miura-Kaishoku,” (hal. 184). Tulisan itu sama persis dengan pesan yang diterima.

Saat itulah Koyama teringat pada alunan musik yang didengar saat  jatuh. Lagu itu ciptaan band Takashi Shinji (hal. 185). “Lalu apa hubungan Takashi Shinji dan diriku,” tanya Koyama (hal. 186). Dia juga bertanya hubungan antara Sasaki-kundan Takashi Shinji. Mengapa mereka ingin membunuhnya. Pikiran Koyama dipenuhi  berbagai pertanyaan.

Tidak ada pertanyaan yang tak memiliki jawaban. Setelah bersusah payah berbulan-bulan, usaha Koyama akhirnya membuahkan hasil. Festival sekolah tahunan mempertemukannya dengan penjahat yang sebenarnya dan misteri tentang kematiannya pun terungkap. Koyama sangat terkejut, karena orang yang dicarinya selama ini berada sangat dekat dengannya. (Mufita Ramadhina - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Akiyoshi Rikako (2015), "The Dead Returns", Haru, 978-6027-742-57-4: 252 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL MISTERI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204296

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit