Driving Honda; Rahasia Perusahaan Otomotif Paling Inovatif Sedunia Cetak E-mail
(1 vote)

Kisah Perjalanan Soichiro Membangun Honda

Driving Honda Rahasia Perusahaan Otomotif Paling Inovatif SeduniaBuku ini mengisahkan Soichiro Honda dan perusahaannya bak novel. Buku mengungkap masa kecil Honda di Desa Hamamatsu, Jepang. Suatu ketika dia melihat mobil Ford Model T melintas di jalan tanah yang meneteskan bau minyak. Aroma minyak itu menggugah Soichiro Honda. “Saya terpukau aroma minyaknya. Saya membungkuk di atas noda minyak di tanah dan mengendusnya. Sisa minyaknya saya gosok-gosok di tangan. Sejak itu, saya hanya punya satu cita-cita  menciptakan mesin-mesin dan berlicin-licin dengan minyak mesin serta pelumas,”  kata Honda (hal. 28).

Kakeknya sering mengajak keliling kampung melihat mesin penggilingan padi. Dia tertarik  suara mesin penggilingan padi. Soichiro mengatakan, bunyi mesin penggilingan padi adalah musik pertamanya. Soichiro ingin menjadi mekanik. Waktu berumur lima belas pada 1922, mesin terlalu memikatnya sampai-sampai berhenti sekolah. Dia meninggalkan rumah untuk mencari pekerjaaan di bagian mesin pembakaran di Tokyo. Dia diterima sebagai pegawai magang di Art Shokai, bengkel mobil dan motor (hal. 29). 

Tahun demi tahun Honda bergelut dengan mesin. Honda hanya membutuhkan lima tahun untuk membuka cabang Art Shokai di kampung halamannya.  Dia menciptakan roda dengan jeruji besi (hal. 30).

Perang 1945, Jepang pun hancur. Istrinya, Sachi tiap hari berjualan beras. Honda membuatkan sepeda bermesin dari ratusan mesin mungil yang menghidupkan radio nirkabel Mark 6.

Awalnya Sachi bermaksud menghukum Soichiro karena tidak melakukan apa-apa dan seperti tidak peduli. Sementara dirinya berjuang supaya bisa tetap menghidangkan makanan di meja (hal. 34). Sachi merasa senang karena dibuatkan sepeda bermesin. Melihat kegembiraan Sachi-- belakangan Honda menyebut reaksi itu sebagai "Joy of Buying" (kegembiraan membeli), yang terjadi bila suatu produk bisa melebihi harapan pelanggan, dan mencari reaksi seperti itu  menjadi salah satu prinsip motivasi paling dasar di perusahaannya (hal. 35).

Tahun 1948 Soichiro mulai membangun Honda Motor Company. Dalam perjalanan perusahaannya DNA terpenting dari Soichiro adalah keberanian untuk tidak meniru. Honda dicemooh saat memulai bisnis sepeda motor di Los Angeles, Amerika. Media setempat menulis artikel tentang perusahaan Jepang yang membuat toko di gudang kecil. Motor Honda  menyerbu jalanan kota dan kampung. Kendaraan itu tampak praktis dan bisa diandalkan (hal. 88).

Honda merupakan kendaraan paling awet dibandingkan otomotif lainnya. Sekitar 75% mobil dan truk Honda yang terjual dalam 25  tahun terakhir masih ada di jalanan. Di Indonesia orang-orang menganggap mesin Honda awet dan bandel. Mengapa Honda bisa dikenal demikian? Soichiro Honda percaya bahwa dengan membuat barang yang atraktif dan awet, seseorang bisa membuat orang lain bahagia dan kehidupan mereka lebih memuaskan. (Rianto - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Jeffrey Rothfeder (2015), "Driving Honda Rahasia Perusahaan Otomotif Paling Inovatif Sedunia", Penerbit KPG, 978-979-91-0894-4: 319 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204207

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit