Hal-Hal yang Harus Dilakukan sebelum Umur 40 Tahun Cetak E-mail
(1 vote)

Mempersiapkan Fase Krusial Paruh Baya

Hal-Hal yang Harus Dilakukan sebelum Umur 40 TahunKitab Mazmur mengatakan umur manusia 70 atau 80 kalau kuat. Maka mereka yang berusia 40-an sering disebut paruh baya. Menurut seorang psikolog Hurlock, usia paruh baya dini antara 40-50 tahun, tengah baya lanjut 50-60 tahun. Pendapat para ahli variatif terkait usia ini. Saat paruh baya, setiap orang mengalami kondisi berbeda.

Psikolog lain Erik Erikson mengatakan, dalam setiap tingkat kehidupan seseorang selalu dicirikan positif atau negatif. Seperti itu pula ketika seseorang memasuki fase paruh baya. Di satu sisi, ada yang merasa puas dengan keberhasilannya. Di sisi lain, periode ini justru dialami sebagian sebagai masa krisis (hlm 8). Untuk menghindarinya, buku ini bisa memandu.

Dalam kajian-kajian ilmiah Amerika Serikat, sejak 1980-an, berbagai peristiwa saat paruh baya memang potensial memunculkan stres dan depresi seperti ditinggal mati orang yang dicintai (orangtua ataupun pasangan). Kemunduran karir, anak-anak yang mulai meninggalkan rumah untuk mandiri, dan gejala penuaan. Meskipun materi bukan segalanya, saat paruh baya semestinya tidak lagi dipusingkan dengan urusan finansial, apalagi mengandalkan pemberian anak.

Anak mempunyai kebutuhan tersendiri. Secara finansial, sangat penting untuk mengorientasikan hidup, tanpa bergantung pada anak cucu. Maka, sebelum menginjak 40, buat manajemen keuangan secara tepat dan meningkatkan penghasilan lewat beragam instrumen investasi. Penghasilan juga selayaknya dialokasikan untuk program dana pensiun.

Selagi masih muda fokus bekerja keras secara efektif dan efisien. Bagi pegawai, karier harus terus berkembang. Untuk menambah pendapatan, tak ada salahnya bisnis sampingan. Bagi wirausaha perlu kreatif menciptakan sumber-sumber penghasilan. Setiap orang dituntut mengeluarkan sesedikit mungkin dengan pemasukan sebanyak-banyaknya (hlm 60-61).

Saat paruh baya, seseorang sebenarnya sudah bisa menikmati hidup. Melihat anak-anak yang dulu disekolahkan telah besar dan berkeluarga menjadi kebahagiaan tersendiri. Demikian juga dengan prestasi kerja. Jadi, manusia sudah selayaknya selalu bersyukur. Spiritualitas perlu dipelihara untuk menjadikan hidup lebih bermakna dengan giat beraktivitas sosial. Berinteraksi dengan orang-orang positif dapat menunjang kehidupan lebih baik.

Setiap orang akan tua. Yang penting mempersiapkan diri agar tetap sehat saat tua. Buku ini menumbuhkan kesadaran menjaga kesehatan lewat pola makan dan olah raga untuk menghindari osteoporosis, penyakit jantung, stroke, dan degeneratif lainnya. Hindarilah makanan junk food, biasakanlah minum air putih dan susu tinggi kalsium. Mengonsumsi sayur dan buah juga penting (hlm 152-161).

Secara umum, pematangan emosional dan spiritual merupakan proses berkelanjutan. Sebelum menginjak paruh baya, ambillah keputusan cerdas untuk meninggalkan kebiasaan lama yang menghalangi perkembangan diri. Kehidupan yang lebih cemerlang dan bahagia di masa tua hanya bisa dicapai dengan persiapan yang matang. (Rr S Ng Budhi Dariyah Astuti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, John Afifi (2015), "Hal-Hal yang Harus Dilakukan sebelum Umur 40 Tahun", Saufa, 978-6020-806-11-2: 268 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204239

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit