Awas Mati Muda! Cetak E-mail
(1 vote)

Kebiasaan Sepele Bisa Berakibat Fatal dalam Jangka Panjang

Awas Mati Muda!Kebiasaan harian tanpa disadari bisa mengarahkan pada mati muda. Banyak kegiatan mungkin dianggap sepele, namun bisa berakibat fatal  dalam jangka panjang. Hal itu bisa karena ketidaktahuan atau memang ceroboh. Contoh, masyarakat sering begitu menghidupkan mobil, langsung diikuti menyetel  air conditioner (AC). Ini tidak boleh.

Sebab ada toksin benzena dari dashbord, jok, pengharum ruangan serta barang-barang berbau menyengat di dalam mobil. Selain itu, temperatur juga berubah. Jadi, biarkan mobil berjalan beberapa kilo, baru nyalakan AC.

Informasi lain, jika mobil diparkir dalam garasi tertutup, tingkat benzena sekitar 400-800 miligram, dan bisa meningkat menjadi 2.000-4.000 miligram jika diparkir di bawah sinar matahari menyengat. Benzena yang terhirup bisa mengendap dalam paru-paru, menyerang ginjal, hati, jantung, otak, dan merusak kromosom. Dia juga akan menurunkan imunitas, menyebabkan leukemia, meningkatkan infeksi, dan gejala lain yang berkaitan dengan kanker darah. 

Maka dari itu, ketika cuaca panas, setelah menyalakan mobil, pembaca jangan langsung menghidupkan AC. Bukalah jendela agar udara di dalam mobil keluar dan dari luar masuk, sehingga terjadi pergantian udara secara alami. AC baru boleh dinyalakan setelah beberapa kilometer. Demikian juga, saat mobil berhenti seperti parkir di basement atau ruangan tanpa sirkulasi, AC harus dimatikan (hlm 51-53).

Buku ini juga mengajarkan, jangan joging pagi dengan perut kosong karena berdampak kehilangan massa otot, ketosis, dan bisa keram. Maka, sarapan dulu sebelum joging.

Kebiasaan mengganti sarapan dengan camilan, perlahan-lahan bisa mengancam kesehatan dan meningkatkan pertumbuhan polip di usus besar. Sarapan pagi sangat penting agar terhindar dari kekurangan kadar gula dalam darah, diabetes dan penyakit jantung. Bagi penggemar kopi hitam, sebaiknya minum setelah pukul 09.30. Jika pembaca minum sebelum pukul itu bisa merusak siklus jam tubuh dan kesehatan.

Dampaknya mudah terserang penyakit seperti virus ringan sampai paling ganas. Menggunakan gel pembersih tangan (hand sanitizer) sebelum makan juga berbahaya, lebih baik menggunakan sabun. Sebab, meski sama-sama untuk mencegah bakteri, sabun lebih aman.

Menurut BPOM Amerika Serikat, kandungan triklosan-nya memicu resistensi antibiotik. Dia juga mengganggu keseimbangan kadar hormonal di dalam tubuh, sehingga untuk wanita mengakibatkan siklus haid tidak teratur, keputihan terus-menerus, dan obesitas. Di samping itu, penggunanya malah bisa  terlalu kurus, rambut rontok, muncul tumor, kanker rahim, gangguan kesuburan, dan jerawat.

Penelitian terbaru, triklosan dapat memicu kerusakan otak dan memunculkan sel-sel kanker payudara. Selain itu, alkohol dalam gel yang ikut masuk ke tubuh dapat meracuni sel saraf, sehingga kerja sistem saraf terganggu dan memicu beragam penyakit serius seperti stroke. Sedang paraben dalam gel dapat memicu kanker kulit, rahim, dan getah bening.

Masyarakat hendaknya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji  karena cenderung mengandung  sodium dan kolesterol yang besar. Bila warga terlalu banyak mengonsumsi tekanan darah meninggi dan dinding arteri tersumbat. Dia berpotensi menderita penyakit jantung (hlm 143-144). 

Demikian juga, sebaiknya menghindari terlalu sering mengonsumsi menu-menu spaghetti karena banyak mengandung superstarch, supergluten, dan superdrug yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Buku ini secara keseluruhan menyajikan 52 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. (Rr S Ng Budhi Dariyah Astuti)

 

 

, John Afifi (2015), "Awas Mati Muda!", Saufa, 978-6020-806-42-6: 216 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204171

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit