Apple vs Google; Perseteruan Korporasi Besar yang Melahirkan Revolusi Teknologi Digital Cetak E-mail
(1 vote)

Kompetisi Inovasi di Balik Revolusi Teknologi

Apple vs Google; Perseteruan Korporasi Besar yang Melahirkan Revolusi Teknologi DigitalPerseteruan atau persaingan menarik untuk diikuti, apalagi melibatkan subjek-subjek kunci perubahan masyarakat dan dunia. Buku ini memaparkan persaingan keras dua perusahaan raksasa yang berperan penting dalam merevolusi kehidupan masyarakat; Apple dan Google. Disadari atau tidak, kedua perusahaan besar ini telah melahirkan sejumlah inovasi teknologi informasi yang membuat bentuk dan intensitas komunikasi masyarakat berubah luar biasa.

Buku diawali kisah revolusioner Apple dan Google pada  detik-detik peluncuran iPhone oleh Apple tahun 2007. Setelah sukses dengan iPod, awal 2007 Steve Jobs mengumumkan, Apple akan mencipta ulang telepon seluler --iPhone. Langkah Apple  masuk ke industri ponsel terbilang berani. Kala itu, pembuat ponsel di Amerika sangat tergantung pada operator seluler karena ponsel dibundel dengan layanan seluler (hlm. 32).

Namun, revolusi iPhone menunjukkan hasil luar biasa. Dalam waktu 6 bulan pertama Apple sukses menjual 3,4 juta iPhone. Tahun berikutnya, Apple membangun toko aplikasi iTunes yang kemudian juga menjadi sumber pendapatan besar.

Sementara, rencana Google  mengembangkan Android sebenarnya lebih dilatarbelakangi kekhawatirannya atas seteru lamanya, Microsoft. Google khawatir Microsoft perlahan menyingkirkan mesin pencari ini dari ponsel berbasis Windows CE dan menggantikannya dengan mesin pencari produk Microsoft (hlm. 70).

Maka pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android dari Andy Rubin. Rencana besar Rubin saat itu, dengan digratiskan, Android sebagai sebuah sistem operasi akan menciptakan ekosistem perangkat lunak. Ujung-ujungnya dapat memberi keuntungan Google (hlm. 74-75).

Saat itu Google sebenarnya tengah menjalin kerja sama dengan Apple untuk menyuplai iPhone dengan aplikasi andalan Google. Apple dan Google bersatu melawan dominasi Microsoft. Namun, perkembangan di Android akhirnya membuat Apple dan Google saling berhadapan secara sengit.

Ketika ponsel Android pertama diluncurkan September 2008, Jobs marah. Meski tak ada kehebohan saat rilis Android, Jobs dapat melihat potensi kompetitif Android. Lebih dari itu, Apple merasa dikhianati karena Google masuk ke wilayah kerjanya. Kemarahan Jobs terbukti. Pada 2010, Android meledak. Pada akhir 2010, ada hampir dua ratus model ponsel Android di lima puluh negara (hlm. 189).

Apple menanggapi demam Android dengan iPad yang dijual April 2010. Sekali lagi, Jobs berani mengambil risiko dengan iPad. Komputer tablet telah beberapa kali berusaha dibuat tapi selalu gagal. Namun iPad ternyata sungguh berbeda (hlm. 229).

Perseteruan Apple vs Google semakin memanas dengan pengajuan gugatan oleh Apple atas sejumlah perusahaan pembuat ponsel berbasis Android, seperti Samsung, HTC, dan Motorola. Paling heboh kasus Apple vs Samsung 2012 yang dimenangi Apple. Samsung diharuskan membayar 1 miliar dollar AS.

Buku ini juga menggambarkan cukup detail proses inovasi revolusioner Apple dan Google. Lingkungan kerja yang tak biasa di Google, disiplin dan kerja keras luar biasa di Apple, keberanian menghadapi risiko dan pola pikir tak lazim menjadi kunci.

Bacaan ini secara tidak langsung juga menggambarkan tantangan era informasi yang kian kompleks. Revolusi teknologi digital inovasi Apple dan Google benar-benar mengubah banyak aspek penting dalam kehidupan saat ini. Contoh cara orang belajar, mengakses informasi, berkomunikasi, dan menikmati hiburan. Karya tersebut secara tidak langsung juga mengajak pembaca menjadi pribadi dan konsumen yang kritis di antara berbagai produk teknologi serta perubahan yang mengikuti. (M Mushthafa - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Fred Vogelstein (2015), "Apple vs Google; Perseteruan Korporasi Besar yang Melahirkan Revolusi Teknologi Digital", Bentang Pustaka, 978-6022-910-63-3: 372 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
BISNIS TEKNOLOGI INFORMASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204205

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit