Dari Sepatu Membangun Dunia Cetak E-mail
(1 vote)

Dengan Memberi... Memperoleh Lebih Besar

Dari Sepatu Membangun DuniaBerbisnis sekaligus beramal merupakan sebuah konsep yang kedengarannya sulit dijalankan dalam sebuah perusahaan. Namun Blake Mycoskie berhasil mematahkan anggapan umum tersebut.

Dengan konsep One for One, satu untuk satu, dia berhasil membawa usaha sepatu rumahan merek Toms ke puncak kesuksesan dengan penjualan lebih tinggi dari merek yang lebih dulu populer. Kuncinya komitmen untuk memberi sepasang sepatu kepada setiap anak, setiap terjual satu pasang. Dalam lima tahun Toms memberikan lebih dari satu juta sepatu.

Toms bermula ketika tahun 2006 Blake bertualang di Amerika Selatan. Dia sangat tersentuh anak-anak Argentina yang tidak memiliki sepatu. Mereka kemana-mana selalu bertelanjang kali. Blake tergerak merintis bisnis sepatu alpargate, sepatu nasional Argentina berbahan kanvas, model baru yang akan dibawa ke Amerika.

Untuk mewujudkan mimpinya, bersama Alejo, guru polo dan temannya yang berkebangsaan Argentina, Blake mengunjungi beberapa pembuat sepatu untuk diajak kerja sama. Setelah mendapat banyak penolakan, bahkan tak jarang dianggap gila, akhirnya dia menemukan pengrajin lolal. Dengan mitra ini berhasil diproduksi 250 pasang sepatu contoh (hal. 7).

Toms sukses karena menggunakan pola bisnis baru. Baginya, sepatu bukan sekadar alas kaki, tapi bagian dari kisah, misi, dan gerakan yang bisa diikuti setiap orang (hal. 18-19). Blake yakin bahwa memberi adalah bisnis yang baik karena bisa membantu orang dan menghasilkan uang. Dengan memberi, bisnis akan makin membesar sebagai balasan dan hadiah yang mungkin tak terbayangkan (hal. 165).

Memberi tidak hanya mudah menarik karyawan hebat, tetapi juga bisa menarik rekanan kerja luar biasa. Maka, sejak tahun pertama Toms sudah mampu bekerja sama dengan banyak perusahaan besar seperti Microsoft dan AOL pada program One Day Without Shoes. Dia mengajak Facebook berkampanye liburan. Dengan Teen Vague, dia membuat kontes Style Young Sole (hal. 171).

Toms berawal dari sebuah ide kecil dan sketsa sederhana tentang sepatu masa depan. Blake tidak pernah berpikir Toms akan mengisi seluruh hidupnya. Bahkan dia memulai sebagai sebuah bisnis sampingan belaka. Belakangan disadari, Toms telah memberi sensasi yang benar-benar berbeda. Dia bahagia dan bangga mampu membuat banyak orang gembira. Ia pun tidak menyangka, sepasang sepatu bisa memberi bagitu banyak kebahagiaan (hal. 17).

Dalam bagian lain, Blake menguraikan prinsip yang boleh jadi berlawanan dengan intuisi, tapi telah terbukti membantunya mengembangkan Toms. Di antaranya, bermodal melimpah bisa jadi bukan unsur terpenting, tapi kepercayaan. Kesederhanaan menjadi tujuan utama perusahaan-perusahaan besar. Memberi bisa jadi merupakan investasi terbaik (hal. 20).

Toms salah satu dari banyak perusahaan besar yang berkembang karena memasukkan konsep memberi ke dalam sistem bisnisnya (hal. 174). Sampai hari ini mungkin banyak orang haus kesuksesan. Namun definisi kesuksesan telah berubah. Mencari kesuksesan tidak lagi sama dengan mengejar status dan uang. Sukses di antaranya bisa berkontribusi pada dunia. (Moh. Romadlon - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Blake Mycoskie (2015), "Dari Sepatu Membangun Dunia", Bentang, 978-6022-420-72-9: 224 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
EKONOMI & BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204138

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit