Membangun Entrepreneur Indonesia Cetak E-mail
(1 vote)

Strategi Mengatasi Kemiskinan

Membangun Entrepreneur IndonesiaKemiskinan terus berkembang di tengah-tengah kehidupan kita. Meskipun pemerintah telah melakukan berbagai upaya menanggulangi, sampai saat ini penurunan angka kemiskinan belum signifikan. Kemiskinan dan keterbelakangan menjadi tantangan umat manusia segala zaman.

Profesor Landes pernah mencatat bahwa 250 tahun lalu, jarak kesenjangan antarumat manusia, antara negara paling miskin dan terkaya adalah 5:1. Bahkan, jarak antara negara-negara Eropa dan Asia berkisar 2 atau 1,5 dan 1. Hari ini, kesenjangan negara paling kaya dan termiskin seperti Swiss dan Mozambik adalah 400 berbanding 1. Kesenjangan itu terus membesar hari demi hari (halaman 12).

Kemiskinan bukan hanya menjadi persoalan negara berkembang seperti Indonesia, tapi juga tantangan semua negara dunia. Di Indonesia sendiri, jumlah penduduk miskin tahun 2015 diprediksi mencapai 30,25 juta jiwa atau sekitar 12,25% dari total penduduk. Tahun lalu penduduk miskin mencapai 11,25% atau 28,28 juta jiwa. Kenaikan jumlah penduduk miskin karena beberapa faktor termasuk kenaikan harga BBM, inflasi, dan pelemahan rupiah terhadap dollar AS.

Melihat kenyataan ini perlu strategi untuk mengatasi kemiskinan. Salah satu cara terbaik dengan kewirausahaan (entrepreneurship). Konsep inilah yang hendak ditawarkan buku ini. Memperbanyak jumlah wirausaha akan menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran. Bahkan salah satu syarat menjadi negara maju  harus memiliki jumlah wirausaha minimal 2 persen dari total  penduduk.

Agenda Indonesia mempersiapkan generasi muda yang  sekarang masih  duduk di bangku sekolah agar menjadi entrepreneur. Negara tidak perlu menunggu ada pengangguran baru, kemudian membuka kursus-kursus entrepreneurship. “Sedia payung sebelum hujan.” Semua mempersiapkan rumah yang baik, kuat, dan nyaman ditinggali di segala musim atau cuaca (halaman 122).

Jadi, sudah jelas bahwa untuk membangun perekonomian yang kuat, ke depan dibutuhkan peran wirausaha guna menyiapkan lapangan kerja untuk diri sendiri dan orang lain. Hal ini sangat mendesak dilakukan mengingat Indonesia baru memiliki wirausahawan sekitar 0,7% dari total angkatan kerja. Dengan jumlah penduduk dan sumber daya alam yang melimpah, bangsa ini memiliki peluang menciptakan banyak wirausahawan muda. Di sini dibutuhkan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan perguruan tinggi untuk lebih berperan aktif dalam mencetak generasi-generasi bangsa berjiwa entrepreneurship.

Entrepreneurship menjadi penting bagi suatu negara yang ingin maju, termasuk Indonesia. Faktanya, 57% pertumbuhan ekonomi Indonesia disumbang kalangan wirausahawan. Demikian juga  dengan 98% tenaga kerja,  juga diciptakan kalangan sama. Di Tiongkok pun begitu. Salah satu raksasa ekonomi dalam 20 tahun terakhir ini  memiliki wirausahawan  10% dari populasi.

Kuncinya, menciptakan manusia-manusia entrepreneur seperti dikatakan David McClelland, negara dengan banyak entrepreneur berpotensi cepat  maju dan makmur (halaman102). Dengan demikian, entrepreneur harus menjadi salah satu prioritas utama pemerintah dalam mengatasi  kemiskinan dan pengangguran. (Wahedatul Barokah)

 

 

, Dr Riant Nugroho (2015), "Membangun Entrepreneur Indonesia", Elex Media Komputindo, 978-6020-256-75-7: 184 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
WIRAUSAHA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204121

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit