Rujukan Utama Haji & Umrah untuk Wanita Cetak E-mail
(1 vote)

Panduan Spiritual Menuju Baitullah

Rujukan Utama Haji & Umrah untuk WanitaTak ada kebahagiaan yang dapat melebihinya ketika seorang muslim berhasil datang ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Musim haji tahun ini pun disambut bahagia karena kuota haji kembali normal setelah beberapa tahun dipangkas pemerintah Arab Saudi demi kepentingan perluasan area sekitar Masjidil Haram.

Bagi jamaah yang mendapat satu kursi di tahun ini tentu jauh-jauh hari sudah melakukan persiapan yang matang. Dari mulai menghafal doa-doa hingga ikut manasik haji demi kelancaran bila sudah berada di Tanah Suci. Buku ini mencoba menguraikan apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan serta akan memberikan gambaran tempat-tempat yang akan didatangi.

Dr. Ablah Muhammad al-Kahlawi akan membahas secara lengkap tentang bagaimana menjalankan kedua ibadah tersebut dengan benar. Dengan renyah dan lugas, buku ini membekali kita dengan pengetahuan lengkap tentang haji dan umrah, sehingga kita tak akan kesulitan lagi bila nanti Allah memanggil kita datang ke rumah-Nya. Yang istimewa, persoalan-persoalan yang terkait dengan perempuan dalam perjalanan suci ini dibahas secara tuntas berdasarkan Al-Qur’an, sunnah, dan pandangan ulama dari berbagai mazhab.

Haji secara istilah dapat bermakna menyengaja pergi ke Baitullah pada waktu-waktu tertentu untuk memuliakan dan mengagungkannya. Ibadah haji mempunyai sejumlah amalan yang harus dilakukan juga pada waktu tertentu, yang semuanya tidak akan sah apabila tidak dibarengi dengan niat dan keinginan yang kuat dan perjalanan yang jauh. Sedangkan Umrah dapat bermakna ibadah yang mengharuskan dilakukan tawaf, sa’i, mencukur rambut, dan ihram. Umrah hanya disunnahkan dilakukan sekali seumur hidup. (halaman 124).

Dalam ayat Al-Qur’an dan Hadits banyak disebutkan keutamaan melaksanakan haji dan umrah. Pada sebuah hadits, Rasulullah pernah mengatakan, bahwa mengerjakan ibadah haji dapat menghapus dosa seperti air yang bisa menghapus noda. Dari banyak keutamaan tersebut, tak heran, saat ini setiap muslim yang ingin berhaji harus mengantri bertahun-tahun untuk bisa berangkat.

Berbeda dengan laki-laki, bagi seorang perempuan yang ingin berhaji ataupun melaksanakan umrah, ada beberapa poin yang mesti diperhatikan. Pertama, tanggung jawabnya sebagai seorang ibu. Perempuan yang mempunyai anak kecil yang tidak bisa ditinggal pergi tidak diwajibkan mengerjakan haji. Kedua, tanggung jawabnya sebagai seorang istri. Jika suaminya sedang sakit, dia tidak boleh meninggalkannya. Ketiga, tanggung jawab sebagai seorang anak. Jika orangtua sakit atau memerlukannya ia tidak boleh pergi. Keempat, tanggung jawab perempuan pada dirinya sendiri. Artinya ia harus mempunyai pendamping untuk membantunya. (halaman 150-153).

Bagi perempuan yang sudah menjadi seorang istri, hukum pergi haji tanpa izin suami sering membuat para perempuan dilanda kebingungan, apakah boleh atau tidak?. Kalangan fukaha berbeda pendapat tentang boleh-tidaknya seorang suami melarang istri agar tidak pergi menunaikan ibadah haji fardhu atau umrah.

Menurut fukaha mazhab Hanafi dan Hambali, di samping al-Syafi’i (dalam salah satu qaulnya), seorang suami tidak boleh melarang istrinya pergi mengerjakan haji fardhu (haji pertama kali) jika memang istrinya sudah memenuhi semua syarat wajib haji. Haji adalah ibadah yang diwajibkan oleh Allah Swt. kepada hamba-Nya yang telah mampu dan memenuhi syarat-syaratnya. Ini di satu sisi. Di sisi lainnya, tidak boleh menaati perintah makhluk untuk berbuat maksiat kepada sang pencipta makhluk. Jadi, melarang seseorang mengerjakan ibadah haji termasuk perbuatan dosa sebagaimana melarang melakukan shalat dan puasa. (halaman 155).

Selain membahas tentang hukum-hukum haji dan umrah yang berkaitan dengan perempuan, buku ini juga menyajikan sejarah dan rahasia Makkah Al-Mukarramah, Ka’bah Al-Musyarrafah, Masjidil Haram, telaga Zamzam. Juga memberikan panduan dan penjelasan cara-cara mengerjakan ihram, tawaf, sa’i, wukuf, mabit, manasik, ihshar dan fidyah, dan panduan ziarah ke Madinah Al-Munawarrah. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi dan gambar yang memudahkan kita dalam membayangkan situasi haji dan umrah di Tanah Suci.

Membaca buku ini akan membuat kita mendapatkan ilmu pengetahuan yang tak ternilai harganya. Pemikiran yang jernih dan penalaran yang segar yang tidak akan lekang oleh zaman, mata airnya tidak akan pernah kering, karena limpahan keutamaan yang belum pernah digali. Selamat membaca... (Muhammad Saleh)

 

 

, Dr. Ablah Muhammad al-Kahlawi (2015), "Rujukan Utama Haji & Umrah untuk Wanita", Zaman, 978-6021-687-56-7: 553 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - IBADAH HAJI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204295

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit