Dongeng Negeri Kita Cetak E-mail
(1 vote)

Harta Karun Keajaiban Nusantara

Dongeng Negeri KitaCerita rakyat adalah harta karun umat manusia. Tidak terbayang, ada negara, bangsa, dan masyarakat tanpa cerita rakyat. Cerita rakyat mencakup legenda, mitologi, dongeng, hikayat, folklore, tuturan maupun tertulis. Buku berisi keajaiban budaya Nusantara dibuat dalam versi Bahasa Indonesia dan Inggris ini mengisahkan antara lain asal manusia menurut versi legenda. Kemudian, asal penciptaan huruf Jawa, Reog Ponorogo, dan beragam dongeng dalam versi fabel.

Sebanyak 35 penulis mewakili daerah dari versi asli (klise) ke dalam teknis penyajian seni bersastra kontemporer seperti Nukila Amal yang menulis Burung-Burung Memilih Raja. Kisah ini mengisahkan, di Pulau Halmahera ada ribuan burung berkumpul untuk bermusyawarah guna memilih raja. Diadakan lomba, burung yang  terbang paling tinggi dan membawa sekelumit kulit langit akan dinobatkan menjadi raja. Tersebutlah burung bertubuh sangat kecil 5-13 cm, dengan bulu berwarna-warni. Dia cerdik dan cepat dalam bertindak. Namanya cala ibi yang kemudian menjadi raja (hal. 52).

Lalu, legenda asal mula Gunung Sintoli di Sulawesi Tengah karya Himawan Djalaludin. Muncul akibat akibat tanah dataran di hadapan gunung Polalavea yang tiba-tiba bergerak naik membentuk kubus raksasa. Ini mengisahkan historis sejarah Indonesia-Belanda yang diwakilkan etnik Kagaua Sindue. Belanda berencana membuat perkampungan modern di atas pasir pantai.

Atas petunjuk seorang paranormal, satu-satunya yang dapat mengeringkan kawasan pantai adalah seorang keturunan bangsawan Tanah Sindu. Ekspedisi pencarian  Belanda dilakukan hingga ke Makasar. Namun jejak bangsawan itu baru diketahui setelah tiba di pelabuhan Donggala. Kemudian kelompok ekspedisi itu menculik Nuru Mbulava, anak perempuan keturunan Kagaua Sindue. Konon Nuru Mbulava ini yang dinobatkan menjadi ratu Belanda bernama Wilhelmina (hal. 140). 

Kisah-kisah romantika juga ada seperti dari Flores, Si Gadis, Babi Hutan dan Cincin Ajaib oleh Mario F Lawi. Kemudian, Lalu Dia- Lala Jines dari Samawa NTB oleh Dinullah Rayes. Yang terkenal adalah Legenda Putri Mandalika dari Lombok, NTB ditulis Kiki Sulistyo. Secara umum semua mencerminkan gigihnya laki-laki dalam memperjuangkan cinta terhadap gadis pujaannya.

Lebih dari itu ada keajaiban kekayaan negeri yang belum semua terjamah pengetahuan masyarakat Indonesia. Untuk itu buku ini ada. Cerita rakyat bukan sekadar fiksi tersurat atau tersirat, tapi refleksi falsafah, pandangan hidup dan tuntunan moral masyarakat di zamannya. Ini tetap banyak jadi pedoman generasi sekarang.

Dongeng asal Kayau dari Dayak-Ngaju, Kalimantan Tengah, Asal-usul Reog Ponorogo (Hamdy Salad) dan Awal Mula Terjadinya Huruf Jawa (Iman Budhi Santosa) menunjukkan bahwa cerita rakyat tidak sekadar mitos atau legenda. Para penulis melengkapi dengan riset. Begitu pula cerita mengenai Kali Mati dari Banten yang dikisahkan kembali oleh Zen Hae.

Atau Tetimbai Dayang Rindu dari Lampung oleh Arman AZ—melengkapi khasanah cerita-cerita yang tak sekadar dongeng dari mulut ke mulut. Tetapi merupakan harta karun kekayaan Nusantara. Ini mendampingi kisah-kisah Kaba Bujang Jibun (Sumatera Barat), Si Pucuk Kalumpang (Jawa Barat), Lutung Kasarung dan Sri Poh Haci (hal. 537) sudah waktunya diperkenalkan sebagai bagian dalam etalase dunia. Ini penting untuk membuktikan Indonesia adalah negara besar dengan beragam suku bangsa yang menghargai sejarah dan peradaban masa lalu. (Ida Refliana - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, 35 Penulis (2015), "Dongeng Negeri Kita", Padasan, 978-6021-244-05-0: 818 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
CERITA RAKYAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204250

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit