Genggam Mimpimu, Semesta Pasti Mendukungmu! Cetak E-mail
(3 votes)

Kegigihan Menggapai Cita-cita ke Negeri Impian

Genggam Mimpimu, Semesta Pasti Mendukungmu!Keliling dunia merupakan impian hampir setiap remaja. Hanya, tidak banyak yang dapat mewujudkannya. Buku ini mengisahkan para remaja yang berhasil mengunjungi negara-negara impian meka, lengkap dengan lika-liku yang harus dilewati.

Zamzami Elriza merupakan mahasiswa yang selalu membuat draf impian perjalanan hidup. Setiap kali dapat menggapai impian, dia mencoret draf tersebut dengan tinta merah besar. Di antara draf cita-cita terbesar Zamzami, meraih beasiswa ke luar negeri sebelum lulus kuliah (halaman 10). Baginya, cita-cita ini sangat berat diwujudkan.

Langkah pertama Zamzami mendaftar sebagai peserta program pertukaran pelajar di Amerika Serikat. Upaya ini tidak berhasil. Zamzami terpaksa menerima ketidaklolosan seleksi. Tahun berikutnya, mencoba mendaftarkan diri pada program serupa. Ia berusaha keras melengkapi kekurangan-kekurangan tahap pertama.

Kendati demikian, setelah 4 bulan berlalu, Zamzami tidak mendapat kabar apa pun. Padahal, teman yang bersamaan mendaftar sudah dikabari kelolosannya. Zamzami pun patah semangat. Dia merasa tak ada harapan lagi. Di saat seperti inilah, dia ditelpon dan dikabari lolos ke AS, negeri impiannya.

Widya Handini sejak usia SD sudah terpesona berbagai macam siaran traveling di televisi yang meliput pemandangan Eropa dan Asia. Ia ingin merasakan Raspberry dan Blueberry langsung dari pohonnya (halaman 49). Keinginan ini terus tertancap, bahkan semakin menggebu ketika menginjak SMP dan SMA. Ketika kelas II SMA, ia mendapat informasi pertukaran pelajar di AS. Hatinya langsung berkeping-keping saat melihat salah satu syaratnya adalah kelas I.

Baru, setelah lulus SMA, Widya berhasil mendaftar dan diterima sebagai mahasiswa di salah satu perguruan tinggi Malaysia. Capaian ini belum menyurutkan semangatnya berkunjung ke negeri impiannya. Berulang kali dia  mendaftar program konferensi, namun selalu gagal. Hingga suatu ketika, dia mendaftar program pertukaran pelajar ke Korea Selatan yang dirancang khusus oleh Pukyong National University dan berhasil.

Dwi Puji Lestari,  mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Dia  mendaftar program pertukaran pemuda antarnegara yang diselenggarakan pemerintah, tapi gagal. Dwi lalu mendaftar acara seminar pengajaran di Malaysia, juga gagal. Waktu kelulusan tiba, cita-cita Dwi untuk ke negeri belum juga tercapai.

Bahkan, sebagai sarjana pendidikan, dia merasa memiliki beban moral karena sudah beberapa bulan tidak bisa mendapat pekerjaan sebagai guru. Akhirnya Dwi  memilih  belajar bahasa Inggris di Kediri, Jawa Timur (halaman 106). Kemudian dia  mengajar di salah satu sekolah. Di sela-sela  mengajar, dia  mempersiapkan berkas dan mengikuti tes seleksi ke Thailand dan lolos (halaman 108). Berbeda dengan Zamzami dan Dwi yang harus bekerja keras dan waktu lama untuk menemukan impiannya, Moh Halmi mendapat tawaran dosennya mengikuti program short course di AS (halaman 209). Sedikit tantangan yang dihadapi adalah batas waktu yang disediakan hanya satu minggu. Padahal, ia harus mempersiapkan surat rekomendasi, nilai TOEFL, surat keterangan sehat dari dokter, dan sebagainya. Dengan usaha keras dia dapat menggunakan waktu dan diterima sebagai delegasi short course tersebut. (Anton Prasetyo - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Zamzami Elriza, dkk (2015), "Genggam Mimpimu, Semesta Pasti Mendukungmu!", DIVA Press, 978-6022-559-48-1: 256 Halaman.

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204249

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit