Nalar Ayat-Ayat Semesta Cetak E-mail
(1 vote)

Hubungan Al-Qur'an dan Sains

Dalam Al-Qur’an, jumlah ayat-ayat kauniyah sangatlah banyak, tetapi sering kali terabaikan dari perhatian umat Muslim. Padahal, ayat-ayat kauniyah perlu untuk menggugah kesadaran mengenai pentingnya penguasaan ilmu dan teknologi bagi kesejahteraan manusia di muka bumi.

Nalar Ayat-Ayat SemestaIlmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Produk-produk teknologi terkini telah membanjiri hampir di semua sisi kehidupan masyarakat. Tidak hanya di kota besar, tetapi juga di pelosok desa, bahkan di lereng gunung.

Dahulu, sekitar tahun 1990-an atau awal 2000-an, orang-orang masih menggunakan Overhead Projector (OHP) ketika presentasi. Bahkan presentasi ditulis di atas plastik kaku dengan spidol. Saat ini bukan hanya seminar dan simposium, bahkan pengajian-pengajian juga menyediakan LCD atau infocus sebagai media presentasi, sehingga presentasi lebih ilustratif dan hidup. Tak hanya itu, alat-alat komunikasi seperti handphone, televisi juga semakin canggih.

Sayangnya, semua produk teknologi yang sudah diciptakan ini hampir tidak ada yang keluaran negeri Muslim. Padahal, Al-Qur’an adalah sumber ilmu pengetahuan yang lengkap. Kenyataan tersebut memunculkan pertanyaan, bagaimana hubungan antara Islam dan sains serta teknologi sehingga umat Islam tidak banyak berkontribusi?

Pertanyaan seperti itulah yang melatar belakangi penulisan buku ini. penulis mengungkap hubungan ayat-ayat kauniyah dengan kemajuan teknologi sebagai salah satu mukjizat Al-Qura’an. Tak hanya pemikiran penulis semata, penulisan buku ini juga merujuk pada sumber referensi yang sahih. Menariknya, buku ini dilengkapi gambar-gambar yang memudahkan setiap pembahasan.

Ayat-ayat kauniyah yang berjumlah 800 ayat, merupakan ayat-ayat yang banyak dilupakan oleh ulama dan umat Islam. Ketika ayat-ayat tersebut diungkap ke permukaan, bukan hanya umat Islam yang terkesima, kalangan di luar Islam pun menunjukkan ketertarikannya.

Buku kedua dari seri buku Ayat-ayat Semesta ini terlebih dahulu mengurai tiga pola interaksi antara sains dan Islam, yaitu islamisasi sains, saintifikasi Islam, dan Sains Islam: pengertian, perbedaan, dan persamaannya.

Sains telah berkembang sedemikian pesat dan menjadi kekuatan dahsyat yang mampu mengantarkan manusia menjelajah bulan, berkomunikasi dengan orang yang berada dibelahan bumi yang lain dalam waktu hampir bersamaan.

Sains Islam adalah sains berbasis wahyu, dalam arti wahyu menjadi bagian dari epistemologi, tentu juga ontologi dan aksiologi. Pendekatan praktisnya adalah melakukan analisis logis teks wahyu dan membandingkan dengan pengamatan atas alam, seperti dalam kasus ayat kecepatan bulan dan matahari dibandingkan dengan penampakan bulan sabit yang semakin tinggi. Logika atau nalar yang digunakan adalah logika atau nalar sederhana. (halaman 15).

Pada prinsipnya setiap sains dibangun di atas tiga dasar utama, yaitu pondasi atau pilar ontologi, aksiologi, dan epistemologi. Untuk mengetahui nilai yang dibawa suatu sains, termasuk sains modern, kita perlu melihat fondasi bangunan sains tersebut. Dari sini akan terlihat ketidaknetralan suatu sains dan implikas filosofis dan sosialnya. (halaman 185).

Melalui buku ini, Agus Purwanto-seorang doktor fisika teoretis dan pengkaji serius Al-Qur’an- mengajak umat Islam untuk senantiasa merenungkan ayat-ayat kauniyah yang terdapat dalam Al-Qur’an demi tumbuhnya kecintaan pada sains, sekaligus pada bahasa Arab dan Al-Qur’an. Sehingga, Al-Qur’an tidak lagi dipahami sekedar katalog atau daftar fasilitas hidup setelah mati maupun setelah hari kebangkitan di padang mahsyar.

Al-Qur’an memerintahkan manusia untuk merenungi kejadian-kejadian alam semesta. Perenungan itu di satu sisi akan mengantarkannya kepada pengenalan yang semakin baik akan keagungan Sang Pencipta. Dan, di sisi lainnya, kepada penguasaan ilmu dan teknologi bagi kesejahteraan dan kelestarian alam dan manusia.

Buku ini diharapkan dapat membantu pembaca untuk memahami konsep-konsep Al-Qur’an tentang kealamaan dan juga menjadi rujukan yang sangat penting bagi para pengkaji dan pecinta Al-Qur’an bagi cita-cita pembentukan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Selamat membaca. (Muhammad Saleh)

 

 

, Agus Purwanto, D.Sc (2015), "Nalar Ayat-Ayat Semesta", Mizan, 978-979-433-865-0: 558 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204297

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit