Kerling Si Janda Cetak E-mail
(1 vote)

Mengingatkan Kesetaraan Pria dan Wanita

Kerling Si JandaKekerasan dalam rumah tangga beragam bentuknya, baik fisik maupun psikis. Kekerasan biasa dilakukan suami sebagai pihak yang merasa superior. Lewat novel Kerling Si Janda ini, pembaca diajak belajar memperlakukan perempuan secara layak.

Budayawan Ahmad Thohari mengatakan perempuan adalah mata air kehidupan. Kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara yang tidak beres dan penuh masalah boleh jadi karena tidak saling menghormati antara pria dan perempuan.

Sebagai sopir angkot, Hardiman terpengaruh lingkungan buruk. Meskipun telah memiliki satu anak bernama Pras, ia tidak memberi contoh yang baik bagi anaknya. Dia suka mabuk-mabukan dan main perempuan. Kebiasaan suaminya itu membuat Kasiyem, sang istri, sedih. Dia tak letih-letih menasihati, tetapi tidak mempan.

Minuman keras dan rokok sudah menjadi candu bagi Hardiman. Seseorang yang sudah kecanduan sangat sulit menghentikan kebiasaan. Padahal, ketika seseorang telah berkurang atau hilang kesadarannya akibat pengaruh alkohol, akan hilang atau berkurang pula akalnya. Seperti itulah yang selalu terjadi pada Hardiman.

Pengaruh alkohol membuat Hardiman suka membentak-bentak, berucap kasar, dan jorok. Istrinya hanya bisa menangis. Mabuk sangat tidak menyehatkan dan buruk secara psikis. Setiap dinasihati, Hardiman selalu membentak dan berkata-kata kasar (halaman 29).

Meskipun diperlakukan kasar, sebagai seorang istri, Kasiyem terbilang tabah dan sabar. Dia yakin suaminya bisa berubah suatu saat. Isu-isu yang diembuskan warga sekitar bahwa Hardiman selingkuh tak ditanggapi secara serius. Salah satu berita, suaminya dikabarkan selingkuh dengan janda cantik tanpa anak bernana Munah.

Setelah enam tahun pernikahan, Kasiyem melahirkan lagi. Menjelang lahiran, Hardiman pulang dan marah-marah. Lelah dan letih yang dicampur minuman keras membuat Hardiman memaki-maki istrinya yang tengah menahan sakit. Saat melahirkan Pras pun, Hardiman tak menunggui. Ia malah bermain dengan perempuan lain (halaman 19-20).

Kini, saat anak keduanya mau lahir, dia tak menolong istrinya. Dengan segenap tenaga, Kasiyem meminta tolong Pras yang masih berumur tiga tahun untuk memanggil Mbok Pah, dukun bersalin. Sungguh malang, Kasiyem hanya bisa memberi kehidupan bagi anak keduanya, tetapi tak mampu menyelamatkan dirinya sendiri. Dia meninggal.

Sejahat-jahatnya manusia, suatu saat seharusnya ia sadar. Biasanya sebuah kejadian akan menyadarkan. Itulah yang dialami Hardiman. Menyaksikan istrinya meninggal dunia, rasa sesal menggiring jiwanya menuju perubahan. Di makam istrinya, ia berjanji membesarkan kedua anaknya. Hardiman semakin menyadari bahwa pekerjaan istrinya dulu begitu berat.

Dengan bantuan Mbok Pah, Hardiman mengasuh bayinya yang diberi nama Imran. Karena harus menerima ASI, Imran pun sering dibawa ke Lik Ginah untuk disusui. Membesarkan Imran menyadarkan Hardiman bahwa pekerjaan perempuan sungguh tak ringan. Ia menyesal telah berbuat kasar pada istrinya.

Isi novel ini memikat disimak. Pembaca diharapkan menyadari peran perempuan. Suami-istri hendaknya saling menghormati, tidak ada kekerasan di antara keduanya. Wanita dan pria memiliki hak dan harkat sederajat. Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria sehingga sejajar. Dia tidak diambil dari kepala agar bisa menginjak. Dia juga tidak diciptakan dari kaki agar dapat diinjak. Begitulah pria dan wanita harus saling menerima. (Armawati - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Taufiqurrahman al-Azizy (2013), "Kerling Si Janda", DIVA Press, 978-6022-550-97-6: 389 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28292978

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit