Ayah; Sebuah Novel Cetak E-mail
(2 votes)

Cinta Sejati akan Selalu Menyatukan

Ayah; Sebuah NovelSabari bin Insyafi, tokoh utama dalam novel Ayah, adalah seorang biasa yang tinggal di desa Belantik, di Kepulauan Belitong. Hidupnya berubah seketika karena digerakkan oleh cinta pada pandangan pertama seorang gadis, teman SMA, yang mempunyai mata sangat indah, seindah bulan purnama keduabelas (hal. 13).

Sejak pertemuan itu Sabari jatuh cinta. Sekonyong-konyong, Sabari bukan yang dulu lagi. Segala sesuatu dilakukan demi memperoleh perhatian Marlena binti Markoni, sang gadis pujaan.

Namun Marlena, tidak pernah peduli kepadanya. Betapa pun Sabari berusaha menjadi seperti yang disukai Lena, tapi seperti sia-sia. Sahabat-sahabatnya, Ukun dan Tamat berulangkali mengingatkan untuk berhenti mencintai Lena. Namun Sabari berpegang teguh pada nasihat ayahnya bahwa Tuhan selalu menghitung dan suatu ketika akan berhenti (hal. 77).

Setelah lulus SMA, Ukun, Tamat, dan Sabari mendapat pekerjaan di Tanjong Pandan ibukota Kabupaten. Bayangan Lena terus memenuhi pikiran Sabari. Ia mengikuti segala berita mengenai kehidupan Lena. Ia juga mencari cara untuk bisa dekat dengannya. Maka dia melamar kerja pada perusahaan batako milik ayahnya. Benar saja, suatu saat Tuhan berhenti menghitung. Lena yang berganti-ganti pacar harus segera diselamatkan, dikawinkan (hal. 167). Namun siapa yang harus menjadi suaminya, Lena bingung mengambil keputusan. Bagi Sabari ini saatnya. Ia mau menjadi tumbal.

Siapa menyangka bahwa Sabari bisa bersanding dengan Lena. Teman-temannya sama sekali tidak menyangka, sekaligus terharu atas perjuangan Sabari yang ternyata tidak sia-sia. Walaupun dalam rumah tangganya, Sabari tidak juga mendapat cinta Lena, namun merasa sangat bahagia. Terlebih ketika lahir anak lelaki yang kemudian dipanggil Zorro.

Sabari sangat menyayangi dan sepenuh hati merawatnya. Seperti ayahnya dulu, Sabari menceritakan dongeng tentang Keluarga Langit, puisi tentang awan, dan selalu mengajak anaknya jalan-jalan. Demi mengurus anak, Sabari mengundurkan diri dari perusahaan Markoni, dan membuka warung kelontong, serta beternak kambing (hal. 185).

Kehidupan Lena sendiri terbenam dalam petualangan cinta. Ia menceraikan Sabari, dan menikah dengan seorang dealer Vespa. Sabari tidak begitu jatuh ketika bercerai dengan Lena, karena tahu memang tidak pernah mencintainya. Namun saat Zorro juga diambil, hidupnya hancur. Selama delapan tahun dia linglung dan mencari Zorro. Bahkan kepada seekor penyu, dia menitipkan pesan, siapa tahu sampai kepada Lena dan Zorro (hal. 316).

Lena sendiri mengalami kawin cerai berulang kali. Zorro mulanya menjengkelkan, namun ketika diberi sehelai baju ayahnya, langsung diam. Makin hari Zorro menunjukkan keluhuran hati dan kepiawaian dalam bercerita dan merangkai puisi, persis seperti Sabari. Cerita yang paling disukai yang dulu sering dikisahkan Sabari tentang Keluarga Langit dan puisi untuk awan.

Sebaliknya kehidupan Sabari tambah kacau. Sahabat-sahabat sejatinya, Ukun dan Tamat, tidak tega. Mereka bertekad membantu mencari Zorro dan Lena agar pulang. Mereka berkeliling Sumatera, dari Aceh sampai Singkep (hal. 337).

Akhirnya segala perjuangan tidak sia-sia. Tuhan selalu menghitung, dan suatu saat berhenti. Ukun dan Tamat berhasil menemukan Zorro dan Lena. Mereka mengirim surat kedatangan kepada Sabari. Seketika tumbuh kembali semangat Sabari. Ia berubah menjadi penuh gairah menjalani hidup dan tidak sabar menunggu mereka. Diam-diam, semangat Sabari banyak memberi inspirasi orang-orang yang mengetahui kisah hidupnya (hal. 375).

Di akhir sisa hidup, Sabari sangat berbahagia bisa bersama Zorro. Dialah tokoh Amiru, yang mengisahkan kisah ini kepada penulis.

Cinta sepasang suami istri bisa berlalu, namun cinta seorang ayah kepada anaknya tiada pernah pudar. Sampai ke ujung bumi ia akan mencarinya. Ditambah dengan ketulusan dari para sahabat, maka cinta dan ketulusan itu bisa mengubah seseorang yang biasa menjadi luar biasa, mengubah kehidupan yang biasa menjadi sangat istimewa. (Bernadeta Wiwik Hesti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Andrea Hirata (2015), "Ayah; Sebuah Novel", Bentang Pustaka, 978-6022-911-02-9 : 432 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL DRAMA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25204141

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit