The Atlantis Gene; Gen Manusia Atlantis Cetak E-mail
(2 votes)

Sejarah, Sains, Atlantis Dalam Fiksi

The Atlantis Gene; Gen Manusia AtlantisAda banyak sekali novel bertema Atlantis yang terbit beberapa tahun terakhir. The Atlantis Gene adalah novel yang bertema Atlantis kedua yang saya baca. Sebelumnya saya membaca Nibiru karya penulis lokal (salah satu penulis favorit saya), Tasaro GK. The Atlantis Gene ditulis oleh penulis berdarah Amerika bernama A.G. Riddle.

Novel ini bercerita tentang Kate Warner, ahli genetis brilian yang sedang mencoba mengobati autisme. Dia bekerja di Indonesia, tepatnya di Jakarta. Dalam penelitian dan percobaan membuat obat-obatan dia dibantu dana oleh sebuah organisasi. Namun, ternyata bantuan organisasi tersebut tidak gratis, ada udang di balik batu. Ada sesuatu tersembunyi yang mereka inginkan dari penelitian anak autis tersebut.

Tokoh lain bernama David Vale, seorang mantan agen CIA. Kini bekerja di Menara Jam. Sebuah organisasi rahasia yang konon lebih rahasia lagi daripada CIA. Menara Jam adalah agen anti terorisme non-negara. Menara Jam sangatlah ramping, tanpa birokrasi maupun hambatan organisasi seperti CIA. Kekuatan Menara Jam jauh lebih besar dari pemerintahan mana pun di dunia. Sebuah organisasi yang benar-benar rahasia, tidak diketahui siapa yang mendirikan, kapan dan di mana. Namun, anehnya banyak yang mendukung organisasi anti teror tersebut (halaman 28-29).

David ditugaskan di Jakarta, dia menjadi Kepala Analis Cabang Jakarta. Dia menemukan tanda-tanda terorisme yang akan dilakukan di Jakarta. Sebuah aksi teroris dengan kode Protokol Toba. Jakarta memang sangat mungkin dijadikan tempat untuk aksi terorisme, karena kota yang banyak dihuni masyarakat lokal maupun warga negara asing.

Jika merujuk Bencana Toba yang dulu pernah ada, maka Protokol Toba adalah aksi terorisme yang berupaya memusnahkan manusia. Dengan harapan akan ada lompatan besar kedua, atau evolusi (halaman 111). Nah, apakah David dan Menara Jam mampu mengatasi aksi teror yang kemungkinan akan dimulai di Jakarta ini?

Salah satu hal yang menarik saya untuk membaca novel ini pertama adalah judul, The Atlantis Gene. Saya mengira bahwa novel ini akan mengukuhkan bahwa benar Indonesia adalah Atlantis yang hilang, seperti halnya Nibiru karya Tasaro. Ternyata hal tersebut tidak saya temukan dalam novel ini. Perkiraan saya ini muncul karena saya melihat Fantasious --merupakan lini dari penerbit yang menerbitkan buku-buku yang ingin membuktikan bahwa Atlantis adalah Indonesia atau Nusantara.

Hal kedua yang membuat saya tertarik, adalah Jakarta menjadi setting novel ini yang disebutkan dalam sinopsis. Wah, seru ini, Indonesia, Jakarta! Namun, ternyata setting Jakarta hanya sedikit. Meski begitu, deskripsi Ridlle terhadap Jakarta cukup memuaskan. Harapan saya kalau memang jadi akan difilmkam, semoga lokasi syutingnya benar-benar di Jakarta. Cool

Meski dua hal tersebut membuat sedikit kecewa, ada beberapa hal yang membuat saya penasaran dan membuat saya melanjutkan membaca novel ini. Saya penyuka sejarah, dan buku ini menyinggung banyak sejarah dan kontroversi, seperti kapal selam Nazi, mitologi Sumeria, kontraversi lonceng manusia Atlantis, termasuk pula sejarah manusia yang dalam buku ini menyebutkan sebuah teori. Teori tersebut menyatakan bahwa 50.000 tahun lalu ada sub-species manusia, manusia modern seperti kita, manusia Neanderthal, manusia Denisovan, dan manusia floresiensi atau Hobbit (halaman 437).

Selain itu saya juga suka novel aksi, thriller, dan konspirasi, meskipun saya baru baca beberapa buku semacam ini. Sebelumnya saya membaca Inferno-Dan Brown dan The Columbus Affair-Steve Berry. Karena, dua alasan ini pulalah, saya bisa menyelesaikan novel ini.

Secara keseluruhan saya suka novel ini, menegangkan, padat, tidak bertele-tela dan banyak sejarah dan hal kontroversi yang baru saya ketahui. Sayangnya, satu hal yang membuat saya sedikit kurang nyaman membaca novel ini adalah tokoh yang cukup banyak. Namun, meski begitu novel ini mengagumkan! Laughing (Muhammad Rasyid Ridho)

 

, A.G. Riddle (2015), "The Atlantis Gene; Gen Manusia Atlantis", Fantasious, 978-6020-900-22-3: 582 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24483152

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit