Cinta di Tanah Haaram Cetak E-mail
(1 vote)

Memahami Cinta Secara Benar

Cinta di Tanah HaaramCinta sejati barangkali hanya ada dalam sebuah wacana atau setidaknya berada dalam pusaran ranah dongeng semata. Cinta sering disalah mengerti sebagai nafsu. Cinta seharusnya dibiarkan mengalir selaras esensinya. Cinta harus membuat yang dicinta semakin merdeka, bukan dikekang dalam posesifitas.

Khumairah, tokoh utama novel Cinta di Tanah Haaram, seorang dokter spesialis kandungan. Dia telah menikah selama lima tahun dengan Zidan yang sarat air mata, emosional, dan kesabaran (hal. 135).

Keluarga Khumairah menentang hubungannya dengan Zidan karena dianggap bukan calon suami yang baik. Ibunya melihat Zidan bakal menjadi batu sandungan. Tapi Khumairah, karena dia bersikukuh ingin membangun rumah tangga bersama pria tersebut, akhirnya ibu merestui, dengan catatan.

Ketika naik haji, tiap malam Zidan keluar hotel. Pada malam ketiga, Khumairah juga keluar hotel untuk sekadar mencari Zidan. Ketika suaminya kembali ke hotel pada pagi hari, istrinya itu tetap menyambut dengan senang.

Hari terus bergulir. Pengait kalung hadiah Zidan patah. Lantaran kalung tersebut dibeli di Mekah, Khumairah pun pergi ke toko perhiasan sesuai alamat di kuitansi. Di toko dia bertemu Gibran, sesama jemaah haji, yang membantu menerjemahkan keinginannya pada pelayan toko. Ketika keluar toko, dia melihat Zidan tengah berjalan mesra dengan perempuan menuju toko yang sama. Khumairah cepat bersembunyi (hal. 367).

Gibran yang sudah beberapa kali menjumpai Zidan bersama perempuan yang belakangan diketahui bernama Viola, yakin perempuan itu bukan istrinya. Hal ini diperkuat dengan pengakuan Khumairah. Khumairah terdorong langsung menemui Zidan, tapi menahan diri.

Perilaku Khumairah ini terus berlanjut hingga kembali ke Tanah Air. Kehidupan keseharian mereka normal, seperti biasa, tidak ada gejolak. Khumairah justru sering menyalahkan diri, belum mengandung, sehingga Zidan berpaling pada Viola.

Akhirnya Khumairah melihat kenyataan bahwa Viola hamil dan saat hendak melahirkan dirujuk ke rumah sakit tempat Khumairah bekerja. Sayang, baik bayi maupun Viola ada kelainan, sehingga tim dokter memberi pilihan pada Khumairah, antara menyelamatkan nyawa bayi atau ibunya. Khumairah justru bekerja ekstra keras menyelamatkan nyawa keduanya. Tim dokter terperangah. Keduanya selamat, tanpa kendala apa pun (hal. 422).

Saat genting, Zidan sadar Khumairahlah yang menyelamatkan nyawa keduanya. Zidan merasa bersalah karena telah membohongi. Perasaan inilah yang pada akhirnya menggiring Zidan menceraikan Khumairah. Tapi, Khumairah justru menolak. Penolakan Khumairah tidak cukup kuat bagi Zidan. Laki-laki itu tetap bersikukuh menceraikan Khumairah karena tidak ingin membebani istri dengan persoalan-persoalan baru kelak. Setelah cerai, Khumairah akhirnya bertemu Gibran yang pernah dijumpai di Mekah.

Butuh waktu cukup panjang dan keuletan bagi Gibran untuk meyakinkan Khumairah agar bersedia membuka hatinya, pasca cerai. Kendati di mata keluarga besarnya, Gibran tidak ada cacat apa pun. Namun saat Khumairah mulai membuka hati untuk Gibran, Zidan muncul lagi karena rumah tangganya bersama Viola kandas (hal. 512).
 
Cinta seharusnya selalu memberi kebaikan tiada tara. Setiap pasangan sudah seharusnya dengan sekuat tenaga mempertahankan keutuhan rumah tangga sampai kematian memisahkan keduanya. (Anna Prameswari - sumber: www.koran-jakarta.com)
 
 
 
 
, Nucke Rahma (2015), "Cinta di Tanah Haaram", Onbloss Creative, 978-6021-496-84-8: 674 Halaman. 
Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208666

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit