Pintar Membaca Bahasa Wajah & Tubuh Istri Cetak E-mail
(1 vote)

Manfaat Bahasa Nonverbal dalam Rumah Tangga

Pintar Membaca Bahasa Wajah & Tubuh IstriAda wanita yang pemalu dan enggan mengungkap isi hati secara terbuka, bahkan meski telah menjadi istri. Masalah kecil seperti ini dapat membesar tatkala tak dipahami suami. Bahasa verbal menjadi sesuatu yang mereka hindari lantaran tak mau dianggap terlalu menuntut. Biasanya, kaum istri kerap memberi sinyal melalui bahasa isyarat ketika tengah menginginkan atau merasakan sesuatu.

Karena itulah, para suami diharapkan mampu sedapat mungkin memahami setiap ekspresi yang ditunjukkan pasangannya. Buku ini berniat memberi panduan atau setidaknya menjadi referensi cara berkomunikasi suami-istri.

Bangunan rumah tangga harmonis bermula dari adanya pemahaman dan komunikasi yang baik antara suami-istri. Tiap pihak dituntut mampu memahami pasangannya seperti situasi hati, keinginan, maupun tabiat. Contoh, ketika istri sedang sedih, suami diharapkan mampu menangkap tanda-tanda yang diperlihatkan. Kemudian, dia wajib hadir untuk mendampingi dan menghibur. Sebaliknya, tatkala istri tengah berbahagia, suami diharapkan dapat memaksimalkan momen berharga tersebut demi terus menyuburkan benih-benih cinta keduanya.

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari pentingnya memahami bahasa isyarat atau nonverbal yang kadang cara komunikasi tersebut banyak digunakan, di antaranya menghindari kebohongan. Mulut bisa berbohong, tapi tubuh tak bisa. Kemudian, menyelamatkan hubungan. Terkadang, hubungan pernikahan yang sudah lama bisa kandas hanya karena salah paham. Manfaat lain, mendatangkan kebahagiaan serta menjadikan komunikasi semakin efektif. Sebab, kadangkala ada juga saat pasangan enggan menggunakan bahasa komunikasi secara verbal (hal. 22).

Pertanyaan mendasar yang perlu dijawab bagaimana suami dapat mengerti makna bahasa isyarat istri? Mark L Knapp, Judith A Hall, dan Terrence G Horgan dalam bukunya yang berjudul Nonverbal Communication in Human Interaction (Boston: Wadsworth, 2007), menyatakan bahwa organ tubuh yang sering digunakan untuk mengungkapkan sesuatu secara nonverbal adalah mata, wajah, tangan, postur tubuh, dan kaki.

Pada bagian kedua buku ini pembaca diajak memahami beberapa isyarat berdasar ekspresi wajah. Misalnya saja, ketika mendapati wajah istri gusar, terkadang menggigit-gigit bibir. Dia sesekali memejamkan mata serta berkedip lebih cepat dari biasanya, sementara pupil matanya membesar.

Hal tersebut dapat memberi petunjuk bahwa istri sangat ingin berhubungan intim. Sebagaimana yang diungkapkan oleh tim peneliti dari Ohio State University, perempuan cenderung menunggu respons dari lelaki untuk memulai segalanya. Di sinilah dituntut peran aktif pria setelah melihat isyarat istri (hal. 76). Atau misalnya ketika mendapati istri menunjukkan beberapa gejala berikut: dahi berkerut dengan lipatan-lipatan kulit yang terlihat nyata, tatapan mata kosong, menatap objek tak jelas, mata merah berair seperti hendak menangis, bibir bergetar, serta senyum tertahan. Kemungkinan besar dia tengah dilanda stres berat. Begitu menangkap tanda-tanda tersebut, tentu suami bisa langsung menelusuri penyebab dan mencari solusinya (hal. 92).

Pada bagian terakhir buku ini, ada beberapa tips panduan membahagiakan pasangan. Meski judul buku ini mengambil angle istri sebagai objek, tapi bisa juga dipergunakan sebaliknya sebagai panduan para istri untuk memahami gelagat suami. (Nur Hadi - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Yanuar A (2014), "Pintar Membaca Bahasa Wajah & Tubuh Istri", DIVA Press, 978-6022-556-69-5: 240 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PSIKOLOGI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447783

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit