Prinsip Hidup Orang-Orang Sukses Dunia Cetak E-mail
(1 vote)

Meneladani Prinsip Hidup Orang Ternama Dunia

Prinsip Hidup Orang-Orang Sukses DuniaMembaca buku tentang orang-orang sukses merupakan sebuah langkah untuk merenungi dan mengikuti jejak langkah mereka dalam berkontribusi terhadap dunia. Ditilik lebih mendalam, ada prinsip hidup mereka yang bersifat universal karena bisa diteladani siapa pun. Ada sejumlah tokoh yang disajikan.

Steve Jobs (1955-2011) yang menciptakan perangkat seperti Mac, iPod, iTunes, iPhone, dan iPad berprinsip “bekerjalah dengan cinta”. Mencintai pekerjaan adalah jalan satu-satunya menciptakan kesuksesan. “Anda harus menemukan yang dicintai sebab pekerjaan akan mengisi sebagian besar hidup. Cintailah yang dilakukan. Jika belum menemukan, tetaplah mencari,” pesan Steve Jobs (hal. 26-27).

Prinsip hidup lain “tinggalkan jejak di alam semesta”. Hal itu ditekankannya saat menciptakan inovasi karya. Kekuatan mimpi dan visi masa depan harus dipunyai. Visi Jobs tidak berubah, yakni menghadirkan komputer bagi orang biasa. Daripada meniru produk lain, lebih baik menciptakan yang otentik, khas, serta berguna bagi masyarakat (hal. 28).

Menghidupkan otak juga menjadi prinsip hidupnya. Dia akan selalu mencari pengetahuan dan pengalaman baru yang menuntunnya berkreativitas (hal. 33). Jobs adalah sosok perfeksionis yang mencintai keindahan, keeleganan, dan kesederhanaan. Itulah prinsip hidupnya yang juga dieksternalisasikan dalam perusahaan Apple.

Mencintai pekerjaan juga ada pada Mark Zuckerberg. Kecintaan terhadap komputer telah terlihat sejak dibelikan komputer pada usia 8 tahun. Kepercayaan diri dan sikap pantang menyerah menjadi prinsip hidupnya. Dengan bekal kepandaian dan keterampilan membuat program komputer, dia berhasil menciptakan Facebook (hal. 51-53).

Mark berprinsip mengikuti passion, bukan uang. Dia tidak memperhatikan jumlah uang yang akan diperoleh. Meskipun tidak menghasilkan uang, bekerjalah dengan cinta dan bahagia agar membuahkan hasil luar biasa. Awal Facebook merajai dunia, Mark tidak langsung tergiur memajang banyak iklan. Dia menekuni komputer untuk menuruti gairah dan semangatnya. Ternyata, kerja maksimal menjadikannya salah satu triliuner muda dunia (hal. 56-57).

Kolonel Harland Sanders berprinsip tidak lari dari tanggung jawab. Sejak 7 tahun, dia sudah harus bertanggung jawab untuk keluarga karena ayahnya meninggal. Ibunya sudah tidak mampu bekerja (hal. 81). Itulah yang membuatnya sebagai sosok yang dewasa sebelum waktunya. Sanders memiliki sebuah keyakinan mampu mengubah keadaan dan nasib.

Kekuatan fokus menjadikan sebagai juru masak andal. Sejak kecil, memasak adalah keterampilannya. Sampai kemudian, pada usia 40 tahun, kegigihannya terus berjuang dan bekerja keras demi kehidupan keluarga membuahkan hasil dengan resep Kentucky Fried Chicken (KFC). Berkat keuletan dan semangatnya, bisnis waralaba KFC eksis sampai kini (hal. 87).

Prinsip hidup pendiri Samsung, Lee Byung-Chull (1910-1987), menarik pula dijadikan inspirasi. Sejak membangun usaha pada tahun 1938, dia banyak menemui kegagalan. Namun, dia tidak menyerah. Lee berprinsip harus menjadi lebih baik atau keluar dari persaingan global.

Pembaca melalui buku juga bisa menggali inspirasi dari Larry Page dan Sergey Brin (pencipta Google), Bill Gates (pendiri Microsoft), dan Andy Rubin (penemu sistem operasi Android). Dari karya tersebut banyak pelajaran bermakna, setiap manusia sesungguhnya harus mempunyai prinsip positif untuk menghasilkan karya luar biasa. (Bety Widyastuti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Budi Susilo (2014), "Prinsip Hidup Orang-Orang Sukses Dunia", Saufa, 978-6022-556-97-8: 157 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Frozen Food Sehat Alami
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MANAJEMEN BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25447825

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit