Dahsyatnya Air Putih Cetak E-mail
(4 votes)

Air Putih untuk Kesehatan dan kecerdasan

Dahsyatnya Air PutihSekitar 70% tubuh manusia terdiri dari air. Kebutuhan air jangan sampai kekurangan. Namun, masih banyak yang enggan mengkonsumsi air putih secara memadai dengan berbagai alasan. Sesungguhnya, air memiliki beragam manfaat. Air dapat merespons sugesti positif dan negatif.

Tidak sekadar untuk pelepas dahaga, air putih, sebagaimana ulasan buku ini, juga berfaedah bagi kesehatan dan kecerdasan. Bagi orang sehat, air putih bisa mencegah berbagai penyakit atau membuat tubuh  bertambah sehat. Seseorang tidak cukup minum air putih, selain dehidrasi, gangguan kesehatan lain bisa terjadi seperti  gagal ginjal, liver, dan stroke. Malah kekurangan air dapat menjurus pada kerusakan sistem saraf, rusaknya sel darah merah, gangguan prostat, dan gangguan metabolisme tubuh (hlm. 7-9).

Air putih dapat menyembuhkan penyakit dan  mendorong pembentukan sel-sel darah segar yang lebih banyak lewat usus besar. Dalam tubuh, terdapat usus 8 meter yang berlekuk-lekuk dan berkelok-kelok. Tugasnya menyerap sari makanan atau nutrisi. Apabila usus seseorang bersih, maka setelah mengkonsumsi makanan, seluruh sarinya dapat diserap usus, sehingga terjadi proses pembentukan sel-sel darah. Selanjutnya, darah inilah yang kemudian bertugas mengantarkan sari makanan ke seluruh tubuh.

Fungsi air semakin penting. Tubuh harus memperoleh air dalam dosis yang cukup setiap hari. Namun demikian, tidak semua air layak dikonsumsi. Secara fisik, air sehat itu jernih, tidak berbau, dan tidak berasa. Dari aspek kimia, air sehat memiliki PH netral dengan konsentrasi beberapa mineral tertentu yang tidak melebihi batas. Dari aspek mikrobiologi, air sehat tidak mengandung mikroba penyebab penyakit (patogen).

Buku ini memberi petunjuk cara memilih air putih dalam kemasan secara tepat. Tidak semua air putih dalam kemasan layak diminum. Ada standar dari kementerian kesehatan dan  WHO (hlm. 13-17).

Air putih bisa untuk terapi penyakit batu ginjal, hipertensi, kanker, penyakit asma, diabetes mellitus, radang otak, obesitas, stroke, penyakit lumpuh, penyakit batu empedu, sakit kepala, pilek, demam, dan sebagainya. Metode terapinya tidaklah sama pada setiap penyakit. Air putih bermanfaat pula untuk kesehatan kulit.

Air membantu mempromosikan sirkulasi kulit di dasarnya, sehingga membuat kulit mampu regenerasi secara berkesinambungan (hlm. 132-133). Kecukupan air putih juga sebagai pelumas dan pelembab kulit, agar  lebih segar dan lembab. Air putih dapat mencegah dan menghilangkan kerutan  kulit, bahkan menghindarkannya dari kekeringan (hlm. 156).

Air putih bermanfaat bagi kecerdasan sangatlah wajar. Selain glukosa, otak juga sangat membutuhkan air. Apalagi, sekitar 80% penyusun otak adalah air. Selain itu, agar bisa bekerja dengan baik, otak mestinya selalu dalam kondisi “basah.”

Penelitian East London University menunjukkan bahwa tubuh yang mengalami dehidrasi akan membuat kerja otak menurun. Kekurangan air 1% saja dari bobot tubuh sudah cukup untuk menurunkan fungsi berpikir otak. Otak yang kurang asupan air juga berkurang kadar oksigennya, sehingga sel-sel otak menjadi kurang aktif dan tidak berkembang, bahkan menciut. Akibatnya, otak mengalami kemunduran dan tidak berfungsi optimal. Dampak lebih lanjut, seseorang menjadi gampang lupa, sulit berkonsentrasi dan lambat berpikir (hlm. 188).

Jadi, konsumsilah air putih daripada berlebihan mengkonsumsi minuman berkafein, berkarbonisasi (soda), atau mengandung zat-zat tambahan lain. Setiap orang seyogianya minum air putih yang cukup. (Bety Widyastuti - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Adi D. Tilong (2015), "Dahsyatnya Air Putih", Flash Books, 978-6022-558-30-9: 196 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24483130

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit