Konnichiwa, Jepang! Cetak E-mail
(2 votes)

Pelajaran dari Sebuah Kehilangan

Konnichiwa, Jepang!Aimi adalah anak dari pernikahan beda bangsa. Bapaknya adalah orang Indonesia, sedangkan ibunnya adalah orang Jepang. Namun, tidak lama tinggal di Jepang, keluarganya pindah ke Indonesia dan dia tumbuh besar di sana. Suatu ketika Aimi ingin mengikuti audisi menjadi Idol, tetapi dia tengah perjalanan dia kecelakaan. Akhirnya, dia tidak jadi mengikuti audisi tersebut.

Sedangkan, Aimi malah marah kepada ibunya karena telah membuat dia kecelakaan. Padahal kecelakaan itu murni kejadian tidak sengaja, dan tentu saja mama Aimi, tidak ingin hal itu terjadi (halaman 100). Namun, Aimi terlanjur marah bahkan benci kepada ibunya. Hingga akhirnya, kedatangan kakek dan nenek-nya dari Jepang membuat dia senang.

Dia akan diajak liburan ke Jepang, dengan harapan dia akan kembali semangat menjalani hidup dan tidak marah lagi kepada ibunya. Setelah sampai Jepang, dia senang sekali bisa menginjak tanah leluhur ibunya lagi. Di mana dulu dia dilahirkan di sana. Aimi tidak ingat bagaimana rumah kakek-neneknya. Maka, sesampai di sana, dia seakan pertama kali melihat rumah kakek-neneknya (halaman 18).

Namun, ada satu hal yang mengganjal di hatinya. Ada anak perempuan seumuran dengannya bernama Yuka. Yuka bekerja di restoran nenek Aimi (halaman 23). Aimi tidak tahu siapa dia sebenarnya, tetapi kakek dan neneknya seperti sangat menyayangi Yuka daripada Aimi. Padahal Aimi adalah cucu mereka berdua, dan sedang butuh hiburan dan dukungan. Keduanya saling tidak suka, dan sering bertengkar.

Hingga akhirnya terbongkar bahwa Yuka adalah korban gempa di Fukushima. Ibu dan adik perempuannya meninggal dan ayahnya belum sadar. Sehingga kakek dan nenek Aimi menolongnya (halaman 100). Mengetahui hal tersebut, Aimi merasa bersalah pada ibunya. Dia harus minta maaf kepada ibunya, karena menyalahkan ibunya atas musibah yang menimpanya. Padahal dibalik musibah tersebut ada banyak hikmah, seperti Aimi bisa berkunjung ke Jepang, bertemu Yuka dan teman-temannya, juga berkunjung ke banyak tempat wisata di Jepang.

Itulah hikmah dari novel ini, bahwa dalam musibah ada sebuah pelajaran. Seperti musibah kehilangan, apapun itu termasuk kesempatan mengikuti audisi idol. Meski novel anak ini menceritakan kisah sederhana, namun ada hal menarik selain hikmah di dalamnya yaitu setting Jepang yang cukup tereksplor dan memberi informasi bagi pembaca. Seperti ada hanami (musim semi) yang cantik dengan mekarnya bunga sakura (halaman 113), perayaan hinamatsuri (halaman 61), Istana Osaka (halaman 106) dan informasi menarik dari tempat-tempat wisata dan bersejarah yang dikunjungi Aimi dan teman-temannya. Sebuah buku yang layak dibaca oleh anak-anak, karena juga ada ilustrasi yang menarik. (Muhammad Rasyid Ridho)

 

 

  , Laksita Judith Tabina (2015), "Konnichiwa, Jepang!", Noura Books, 978-6020-989-07-5: 124 Halaman.

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
NOVEL ANAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24483168

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit