100 Great Leadership Ideas Cetak E-mail
(1 vote)

Ide-Ide Brilian para Pemimpin Sukses

100 Great Leadership IdeasIde menjadi dasar bagi tiap orang dalam bekerja. Suatu langkah atau keputusan apa pun, berawal dari sebuah gagasan  yang terbersit dalam benak. Buku ini hadir dengan seratus ide brilian para pemimpin yang telah sukses menangani perusahaan masing-masing. Pada bagian pertama, ditegaskan penting bagi seorang pemimpin memiliki visi, misi, dan nilai.

Visi bermakna pandangan jauh ke depan tentang  sebuah organisasi di masa datang. Setiap visi, idealnya harus cukup spesifik sehingga dapat memandu anggota organisasi. Namun juga cukup umum untuk dapat disesuaikan dengan keadaan yang terus-menerus berubah (hlm. 2).

Misi berbicara tentang yang harus dikerjakan pada masa kini untuk mencapai visi yang dicanangkan. Di sini perlu keseimbangan yang mungkin dan tidak mungkin. Demikian ungkapan CEO General Electric dari tahun 1981-2001 Jack Welch. Dia memiliki visi “membawa perusahaan paling kompetitif di dunia.” Sementara misinya “menjadi nomor satu atau nomor dua di setiap pasar” (hlm. 6). Visi dan misi yang selaras dan spesifik, tidak  abstrak.

Kemudian, nilai berbicara tentang cara tiap karyawan bersikap atau berperilaku dalam berbagai keadaan. Pimpinan Daimler AG dan Mercedez-Benz Cars, Dieter Zetsche, menekankan empat prinsip yang membentuk inti budaya perusahaan: gairah, rasa hormat, integritas, dan disiplin. Dengan nilai yang sudah mengakar pada seluruh pekerja, maka perusahaan bergerak dalam jalur yang direncanakan, tanpa mengesampingkan kenyamanan.

Setelah memiliki tiga pokok tersebut, selanjutnya mewujudkan. Buku memperlihatkan cara mewujudkan cita-cita dalam visi dan misi tersebut. Di dalamnya juga diulas dengan mendedahkan berbagai hubungan efektif antara pimpinan dan bawahan.

Sikap meritokrat menjadi pilihan efektif. Meritokrasi sejati menuntut orang dengan hasil di atas rata-rata untuk diberi imbalan lebih. Pimpinan dan mantan CEO Xerox Corporation Anne Mulcahy, mengatakan, penting untuk memperlakukan orang secara akurat, namun tetap adil. Dengan kata lain, setiap perusahaan harus mengenali potensi dan bakat pegawai, mempercepat perkembangannya, dan membayar lebih banyak. “Saya pikir, kadang perusahaan kebingungan dengan sistem egaliter yang mereka anggap paling adil dan itu bukanlah sesuatu yang dibutuhkan perusahaan,” ungkapnya (hlm. 122). Jadi, seorang pemimpian dituntut peka akan potensi dan kemampuan bawahan. Selanjutnya dia harus mengapresiasi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Ide cerdas yang perlu dimiliki pemimpin antara lain mengetahui detail perusahaan. Wirausahawan dan pendiri perusahaan elektronika Inggris, Amstad, Alan Sugar, berkata, “Saya tahu setiap sekrup, mur, dan baut perusahaan saya” (hlm. 252). Memang tak mudah mengetahui detail perusahaan karena banyak kejadian tiap hari. Pemimpin perlu tahu proses dan perkembangannya agar bisa menyesuaikan dengan rencana perusahaan secara tepat.

Ide lain, penting memikirkan kemungkinan terburuk saat terjadi krisis. Dr. Ram Charan, penasihat dan penulis buku bisnis, mengatakan bahwa banyak pemimpin perusahaan terlalu optimis, tidak pada tempatnya. “Jika Anda dengan sengaja merencanakan kemungkinan terburuk, mungkin akan menghadapi sesuatu yang lebih baik dan keluar lebih cepat saat krisis,” jelasnya (hlm. 279).

Buku juga dilengkapi contoh aplikatif. Masyarakat bisa membaca buku ini  sebagai bekal memimpin, karena pada dasarnya tiap orang punya peran leadership dalam hidupnya. (Al Mahfud - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Jonathan Gifford (2014), "100 Great Leadership Ideas", Noura Books, 978-6020-989-18-1: 340 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KEPEMIMPINAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230055

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit