Tanya Jawab Seputar Parenting Cetak E-mail
(1 vote)

Mengatasi Beragam Persoalan Mengasuh Anak

Tanya Jawab Seputar ParentingBagaimanapun anak merupakan individu yang unik, yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahkan dalam setiap tahap tumbuh kembangnya mereka akan menunjukan perilaku yang khas nan unik. Sayangnya, banyak orangtua kurang memahami ini, sehingga tidak jarang malah mereka dibuat pusing dan stress karenanya. Akibatnya orangtua tepancing untuk bertindakan absolut. Padahal, berlaku bijak dan demokrat pada anak merupakan prasyarat mutlak bagi keberhasilan dalam mengasuh, mendidik, dan membesarkan anak. Sementara, keberhasilan ini sangat menentukan tumbuh kembang psikologi dan kesuksesannya kelak.

Memang tidak ada tempat belajar untuk menjadi orangtua ideal, namun bukan berarti tidak bisa dipelajari. Dan lewat buku ini Bunda Novi akan membantu para orangtua belajar menjadi orangtua ideal. Membantu mengatasi berbagai persoalan yang sering timbul saat mengasuh buah hati, mulai dari pengelolaan karakter serta masalah-masalah yang berkaitan dengan sekolah, keuangan, hingga pendidikan seks anak.

Pada bagian awal, penulis mengupas langkah mengatasi berbagai karakter anak yang terkesan negatif, seperti anak hiperaktif, anak yang suka berbohong, yang suka menggigit dan memukul, pemarah, dll. Menghadapi anak hiperaktif orangtua tidak perlu khawatir, Bunda Novi menyarankan untuk tidak mengatasi keaktifan sang anak tapi cukup mengarahkan ke hal lain yang lebih positif. Orangtua juga harus cerdas dalam memasukkan anak ke sekolah. Sebab, pilihan sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di kemudian hari. Untuk itu, pilihlah sekolah yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Selain itu, pastikan sang anak mendapat kegiatan tambahan. Dengan cara ini, sang anak akan memiliki tempat untuk melampiaskan energi hiperaktifnya, misalnya dengan ikut semacam kegiatan estrakurikuler. (hal.11). Yang terpenting lagi, jangan sekali-kali orangtua memberi “label” anak-anak dengan karakter di atas sebagai anak nakal, malas atau bodoh. Sebab mereka akan bersikap seperti label yang disematkan tersebut.

Selain karakter, problem yang sering memusingkan orangtua adalah terkait dengan hubungan orangtua dan anak. Misalnya saja, masalah anak yang terlalu lengket dan sulit ditinggalkan orangtuanya. Menghadapi hal ini, langkah pertama yang harus diambil orangtua adalah berkata jujur pada sang anak tentang tujuan, berapa lama, dan mengapa harus pergi, sehinga anak tidak merasa diabaikan. Usahakan tetap terjalin komunikasi selama bepergian. Selain itu, pastikan sang anak bersama dengan orang yang membuatnya merasa nyaman selama ditinggal. Dengan begitu, anak akan memahami bahwa ada orang lain selain orangtua yang bisa menemani untuk bermain atau melakukan aktivitas lainnya di rumah (hal. 45-46).

Problem serius lain adalah terkait dengan pendidikan seks pada anak. Baik terkait waktu dan cara menyampaikannya sampai menghadapi perilaku anak yang menjurus pada aktivitas seks. Memang sebagian masyarakat memandang pendidikan seks sebagai sebuah hal tabu. Padahal, pendidikan seks sangatlah diperlukan agar anak memiliki pengetahuan memadai tentang pentingnya menjaga organ-organ reproduksinya, serta menanamkan nilai-nilai moral yang berkaitan dengan masalah seksualitas. Menurut Bunda Novi, waktu paling tepat untuk menyampaikan pendidikan seks pada anak adalah saat anak pertama kali bertanya tentang seks.

Dalam hal ini orangtua dituntut memiliki kepekaan, keterampilan, dan pemahaman agar mampu memberikan informasi dalam porsi yang pas, sehingga anak mampu menerima dengan baik, bukan malah tambah bingung atau penasaran. Misalnya pada anak usia dini, orangtua bisa memberi pemahaman tentang kondisi tubuhnya, pemahaman akan lawan jenisnya, dan pemahaman untuk menghindarkannya dari kekerasan seksual.

Sedang cara penyampaian adalah melalui pendekatan sains biologis, karena sains dengan seks sangat berdekatan. Penyampaiannya pun harus dilakukan secara bertahap mulai dari hal-hal sederhana dan menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan sehari-hari. Pendidikan seks pada anak bisa dimulai dengan pengenalan anatomi tubuh, selanjutnya meningkat mengenai tata cara berkembang biaknya makhluk hidup. Ketika menyampaikan, orangtua juga harus menggunakan sebutan sebenarnya, seperti penis, vagina, anus, dan lainnya. Ini penting, agar anak tidak menggunakan istilah lain yang cenderung kasar atau tidak sopan (hal. 141-144).

Bersama buku ini, marilah kita bersama menjadi orangtua yang bijak, yang demokrat, yang selalu membuka ruang diskusi dan ruang ekspresi bagi buah hati, yang senantiasa menjalin komunikasi dari hati ke hati. (Moh. Romadlon)

 

 

, Bunda Novi (2015), "Tanya Jawab Seputar Parenting", Flash Books, 978-6027-695-80-1: 164 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PARENTING

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208675

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit