Buku Saku Terapi Baca Al-Qur`an Cetak E-mail
(1 vote)

Berobat dengan Al-Qur'an

Buku Saku Terapi Baca Al-Qur`anKalau orang bertanya buku atau kitab apa yang tidak pernah punah walaupun zaman demi zaman berubah dan tahun demi tahun telah berlalu? Sebagai seorang yang beriman pasti menjawab bahwa kitab sepanjang masa itu adalah yaitu Al Qur’an.

Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena Allas swt., yang menjaganya. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur’an surah Al Hijr ayat 9 yaitu: "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur’an, dan Sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." Allah memelihara Al Qur’an itu dengan menjadikan para penghafal Al Qur’an dimuka bumi ini. Sehingga apabila ada kekeliruan dalam tulisan mushaf Al Qur’an maka, merekalah yang meluruskan kekeliruan dalam mushaf Al Qur’an tersebut.

Begitu besar mukjizat Al Qur’an tersebut sehingga terperlihara sampai kepada sekarang ini. Selain itu tahukan bahwa Al Qur’an itu ternyata juga bisa dijadikan penyembuh bagi tubuh dan jiwa.

Sebuah buletin mingguan yang terbit di Mesir, edisi senin 9 Juli 2007 mempublikasikan hasil penelitian yng dilakukan oleh Asosiasi Kedokteran Islam di  wilayah Florida bagian Amerika serikat mengenai daya penyembuhan yang dimiliki oleh Al Qur’an. Penelitian itu dilandasi oleh pertanyaan, apakah Al Qur’an dapat menyembuhkan penyakit jasmani ataukah penyakit rohani, atau apakah ia dapat menyembuhkan keduanya?

Penelitian itu melibatkan 210 orang responden yang dibagi kedalam tiga kelompok, yaitu umat Islam yang berbicara dan memahami bahasa Arab, umat Islam yang tidak memahami bahasa Arab, dan kalangan non muslim. Ternyata, para peneliti menemukan bahawa pelatunan ayat-ayat Al Qur’an memberikan efek yang menenangkan kepada 97% responden. Menurut para peneliti, dampak menenangkan itu disebabkan dengan dua faktor, yaitu pengaruh lafal Al Qur’an, atau suara lafal-lafal Al Qur’an tanpa mempedulikan apakah pendengar memahami makna lafal-lafal dan faktor makna ayat-ayat Al Qur’an meskipun proses pemahamannya dilakukan melalui penerjemahan, tidak secara langsung dipahami oleh responden (hal. 53-54).

Begitu dahsyatnya mukjizat Al Qur’an tersebut, maka ditulis buku ini oleh Dr. Jamal Elzaky yang kemudian diterjemahkan oleh Dedi Slamet Riyadi MA yang berisi tentang keutamaan surah-surah maupun ayat-ayat Al Qur’an secara terperinci berdasarkan hadits-hadits Nabi mulai dari surah Al Fatihah sampai An Nas, baik dari segi keutamaan di bidang duniawi seperti manfaat dari kesehatan maupun manfaat dari segi ukhrawi seperti pahala yang berlipat ganda. Contohnya saja surah Al Fatihah termasuk surah yang paling agung, tidak pernah diturunkan kepada Nabi lain kecuali Muhammad Saw. melalui Malaikat JIbril (hal. 116-118). Sehingga apabila kita baca maka, menambah kecintaan kita terhadap Al Qur’an. (M. Gusli Effendy)

 

 

, Dr. Jamal Elzaky (2014), "Buku Saku Terapi Baca Al-Qur`an", Zaman, 978-6021-791-91-2: 279 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - AL-QURAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27222716

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit