Revolusi Energi; Solusi Krisis Energi & Pengentasan Kemiskinan Cetak E-mail
(1 vote)

Ikhtiar Mencari Energi Alternatif

Revolusi Energi; Solusi Krisis Energi & Pengentasan KemiskinanSudah banyak diketahui bahwa cadangan minyak Indonesia makin menipis. Artinya, bangsa ini sudah berada di ambang krisis energi. Namun, persoalan krisis energi sepertinya belum menyadarkan pemerintah untuk mengatasi dan mencari jalan keluar. Berangkat dari fakta inilah, buku Revolusi Energi; Solusi Krisis Energi & Pengentasan Kemiskinan, hendak mengajak semua lebih peka dalam merespons ancaman krisis energi tersebut.

Buku tidak hanya memaparkan secara detail persoalan krisis energi, tapi  juga menawarkan solusi sebagai antisipasi agar krisis tidak semakin parah. Krisis energi harus ditangani  serius karena  menyangkut keberlangsungan negara. Jangan hanya berdebat. Saatnya menghadapi pil pahit yang tak bisa dihindari. Sayang, sense of crisis belum muncul. Kondisi inilah yang menjadi akar dari rentetan kemelut energi Tanah Air (halaman 5).

Agar krisis energi tidak menjadi ancaman, perlu dicarikan jalan keluar dengan sumber energi terbarukan. Bahan Bakar Nabati (BBN) seperti sawit bisa dimanfaatkan sebagai energi alternatif, apalagi  Indonesia merupakan negara dengan tanaman sawit besar. Bahan Bakar Nabati sangat layak dikembangkan karena keanekaragaman hayati yang ada.

Penggunaan Bahan Bakar Nabati juga akan membawa banyak keuntungan. Pengembangannya dapat diintegrasikan dengan kegiatan ekonomi masyarakat karena beberapa tumbuhan yang menyimpan potensi sebagai penyedia BBN adalah tanaman pangan. Dengan melibatkan petani dan masyarakat, pengembangan BBN dapat menaikkan penghasilan petani, mengurangi pengangguran, dan kemiskinan.

Dari sisi penyediaan BBN, tak diragukan lagi, sawit memiliki rekam jejak yang cukup impresif dari yield per hektare, hingga skala ekonominya pada tingkat massal untuk pengembangan BBN. Negara-negara Eropa pun belakangan getol mengimpor besar-besaran sawit untuk menjadi BBN (halaman 67).

Pengembangan BBN sebagai sumber energi baru pada gilirannya dapat mengurangi ketegantungan pada Bahan Bakar Minyak (BBM). Di samping secara alamiah dapat terbarukan, BBN juga lebih ramah lingkungan. Namun, pengembangannya tidak akan maksimal andai tanpa didukung pemerintah.

Mestinya kesempatan ini dapat digunakan pemerintah untuk mengambil langkah strategis dalam menanggulangi persoalan krisis energi dengan mendorong bahan bakar terbarukan. Tanpa dukungan pemerintah sangat sulit bagi Indonesia untuk keluar dari belengggu krisis energi. Yang terjadi justru sebaliknya, membiarkan bangsa ini tenggelam ke dalam krisis energi.  

Terkait dengan ini, buku menegaskan kebijakan memegang peranan sangat penting dalam upaya pemerintah menyelesaikan persoalan-persoalan energi. Sektor kebijakan juga akan menjadi entry point bagi bangsa untuk bisa keluar atau malah makin tenggelam ke dalam krisis energi (halaman 112).

Semoga buku ini bisa menjadi rujukan pemerintah dalam mengambil kebijakan terkait permasalahan energi karena berkaitan erat dengan stabilitas dan ketahanan negara. Hendaknya pemimpin lebih serius memikirkan persoalan energi. Tidak hanya menurunkan harga BBM, tapi pemerintah harus mencari jalan keluar agar krisis energi tidak menjadi ancaman berkepanjangan. (Rohema - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

 

, Arifin Panigoro (2015), "Revolusi Energi; Solusi Krisis Energi & Pengentasan Kemiskinan", Gramedia, 978-979-91-07-99-2: 167 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25208679

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit