Sukses Itu… Cetak E-mail
(2 votes)

Memahami Makna Kesuksesan Sejati

Sukses Itu…Kesuksesan adalah impian semua orang. Namun, ternyata setiap orang ternyata memiliki persepsi dan pandangan berbeda-beda tentang kesuksesan itu sendiri. Sebagian besar orang menganggap bahwa sukses adalah tercapaianya tujuan dan cita-cita yang lebih bersifat bendawi. Meski anggapan itu tidak salah, tapi kurang tepat dan terlalu sempit. Dengan menjadikan sukses sebagai sebuah tujuan, manusia dapat terjebak pada sikap tinggi hati ketika keinginannya terwujud atau menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Padahal, makna sukses sebenarnya adalah sebuah proses untuk terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sehingga, sukses adalah sebuah proses yang tak pernah usai. Lewat buku ini Widarko Bangkit menawarkan dan meyakinkan pembaca tentang alternatif baru dalam memandang sebuah kesuksesan itu, yakni dalam perspektif sebuah proses.

Berangkat dari hal tersebut, apabila seseorang sedang berjuang untuk mencapai sesuatu maka proses itulah yang disebut sukses. Tentu di dalam perjalanan atau proses tersebut tercakup banyak hal, seperti keberanian bermimpi, keberanian memulai, serta keberanian untuk bangkit dari kegagalan dan meraih kesempatan kedua. Selain itu dalam proses juga menuntut seseorang untuk selalu kreatif dan inovatif, bertanggung jawab pada keputusan yang diambil, dll. Semua hal-hal tersebut yang akan dibahas tuntas oleh penulis.   

Ketika sukses diletakan dalam posisi sebuah proses, maka sukses akan memberi banyak makna dan banyak manfaat yang bersifat immaterial. Hal ini tentu jauh lebih berharga dari sekedar materi. Salah satunya adalah bahwa sukses bisa dimaknai sebagai kemampuan seseorang untuk bangkit dari kegagalan. Kegagalan adalah keniscayaan dari sebuah proses. Untuk menjadi pemenang bukan ditentukan oleh sebanyak apa ia gagal tapi seberapa besar kemampuannya untuk terus bangkit dari beragam kegagalan itu. Kemampuan untuk bangkit inilah yang menghantarkan orang-orang besar seperti Michael Jordan, J.K. Rowling, dan Abraham Lincoln pada sebuah kesuksesan. Bagi mereka kegagalan hanya sebuah batu loncatan menuju kesuksesan (hal. 19-27).

Sukses juga bisa dimaknai dengan keberanian seseorang untuk bermimpi sekaligus keberanian mewujudkannya. Pikiran menentukan sikap seseorang.  Semakin besar mimpinya, semakin lebar peluang untuk sukses. Ini karena, bermimpi besar akan memberi kekuatan untuk berpikir melampaui batas pijakan seseorang saat ini. Seperti yang kita ketahui, semua karya dan penemuan-penemuan mutakhir di dunia berawal dari sebuah mimpi besar para penemunya. Bukankah dunia mengenal bola lampu misalnya berawal dari mimpi Thomas Alva Edison? Tentu mimpi besar baru berarti bila disertai keberanian berproses untuk mewujudkanya. (hal. 94-99)

Selain itu, seseorang bisa dikatakan sukses bila telah mampu menjaga keseimbangan hubungan vertikal dan horizontal, dengan Tuhan dan sesama. Dua hubungan itu saling terkait dan memengaruhi. Demi sebuah keseimbangan, tidak bisa diabaikan salah satu dengan mengutamakan yang lain. Hal ini karena secara alami manusia merupakan makhluk agama sekaligus sosial. Maka, ketika salah satu tercerabut, hidupnya akan kacau. Tentu untuk menyeimbangkan perlu proses, namun ketika keduanya telah berjalan seimbang, kita akan merasakan bahwa dalam setiap jengkal waktu selalu ada bentuk kesuksesan-kesuksesan baru  (hal. 130-132)

Selanjutnya dengan meletakan kesuksesan pada posisi sebuah proses akan menjadikan seseorang penuh kreatif dan inovatif. Sebab, ia tidak membatasi kesuksesan dengan capaian-capaian tertentu, sehingga memacunya untuk selalu melahirkan sesuatu capaian baru. Bila tidak begitu, ia akan tergilas oleh derasnya perubahan, terlebih di era yang kompetitif seperti sekarang. Hanya orang-orang kreatif-inovatif yang bisa menjadi pemenang. (hal. 147-148)

Manfaat lainnya, dengan memandang sukses sebagai proses seseorang akan mampu mengendalikan diri. Dalam berbagai bentuk, kegagalan selalu menyakitkan. Tapi bagi seseorang yang melihat kesuksesan adalah proses, kegagalan bukan sebuah akhir dari semuanya. Meskipun menyakitkan ia akan mampu mengendalikan, tidak sampai terlampiaskan pada hal-hal yang merugikan diri sendiri terlebih orang lain. (hal. 177)

Masih banyak makna dan manfaat lain dari kesuksesan yang ditawarkan buku ini. Pada akhirnya semua bermuara pada satu titik inti bahwa kesuksesan sejati adalah proses panjang menuju keberhasilan meraih makna yang berdimensi ilahi. Dan, bagi seseorang hamba proses itu tidak pernah usai hingga tutup usia. (Moh. Romadlon)

 

 

, Widarko Bangkit (2015), "Sukses Itu…", Saufa, 978-6022-557-79-1: 206 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PENGEMBANGAN DIRI - SUKSES

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25200615

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit