101 Travel Tips & Stories Cetak E-mail
(1 vote)

Menyempurnakan "Traveling" dengan "Learning"

101 Travel Tips & StoriesBelakangan ini, traveling sudah menjadi bagian gaya hidup. Acara jalan-jalan adalah kebutuhan. Tidak hanya berkeliling Indonesia, bagi sebagian orang, traveling ke luar negeri harus diagendakan jauh-jauh hari.

Buku ini berisi panduan berwisata seputar traveling. Bab awal menyuguhkan serba-serbi traveling bagi pemula seperti perlengkapan, penerbangan, sampai tip menjaga diri di negeri orang. Traveling musim dingin harus membawa jaket tebal, juga lengkapi space maker. Saat musim semi atau gugur, lebih baik menggunakan dua atau lebih lapis pakaian daripada satu jaket tebal. Jangan membawa baju atau sepatu baru karena tidak nyaman dipakai berjalan-jalan (hal. 4).

Mereka yang sudah terbiasa traveling, bab Travel Better memuat ide dan tip agar perjalanan menjadi lebih baik dan menyenangkan. Juga ada info cara mendapat tiket promosi, penginapan murah, transportasi lokal, membuat itinerary (jadwal perjalanan), budget planning (perkiraan pengeluaran), dan persiapan yang tepat. Booking hotel secara online tidak selalu lebih murah dari langsung ke hotel atau melalui travel agent.

Maka, perlu cek rate atau tarif hotel di website dan bertanya juga ke travel agent untuk perbandingan (hal. 28). Traveling bukan sekadar pergi ke objek wisata, museum, belanja, atau wisata kuliner. Ada banyak inspirasi bisnis dan memperkaya ilmu pengetahuan. Contohnya, belajar masak makanan lokal, kursus art coffee atau parfum. Jadi traveling = learning (hal 39). Traveling sering diidentikkan dengan wisata kuliner. Perjalanan terasa belum lengkap jika tidak mencicipi makanan lokal.

Pada bab Eat Cheaper dipaparkan berbagai jenis makanan khas negara-negara dan cara menikmatinya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya (hal. 125). Jalan-jalan belum lengkap tanpa belanja. Bab Shop Smarter memandu menjelajahi tempat-tempat belanja yang menyenangkan di berbagai negara. Toko-tokonya disajikan secara detail seperti kawasan Kalverstraat di Amsterdam, Belanda. Di sini banyak butik seperti Fossil, H&M, Bershka, Diesel, Esprit, Pepe Jeans, dan Zara.

Toko-toko di jalan ini buka pukul 10.30–11.00 dan tutup sekitar pukul 18.00–19.00 (hal. 162). Berusahalah memilih tempat wisata sesuai dengan kemampuan kantong. Jangan memaksakan memesan tiket, menyewa penginapan, membeli makanan, menaiki transportasi, dan berbelanja lebih dari kemampuan. Atur pengeluaran di bawah atau sesuai standar pendapatan (hal. 410). Belum ada dana untuk keliling dunia? Jangan berkecil hati. Kesempatan pasti akan datang jika sungguh-sungguh berusaha mewujudkan.

Setiap orang harus mensyukuri perjalanan-perjalanan sekecil apa pun karena dari situlah wisata besar berawal. Jangan patah semangat jika sekarang baru bisa berkeliling ke kota-kota terdekat, sementara teman-teman sudah bepergian ke luar negeri. Tetap yakin dan percaya suatu saat semua mampu berkeliling dunia (hal. 452). Para pembaca bisa mengikuti proyek “Trip Bareng CK” yang dikonsep sebagai acara jalan-jalan nonkomersial. Infonya ada di akun Twitter Claudia Kaunang dengan tagar #TripbarengCK. (Santi Artanti)

 

 

, Claudia Kaunang (2014), "101 Travel Tips & Stories", Gramedia, 978-6020-304-52-6: 464 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PARIWISATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215313

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit