Divergent Cetak E-mail
(2 votes)

Ketika Divergent Ingin Dimusnahkan

DivergentSaya sudah nonton filmnya dahulu, sebelum baca novelnya. Novelnya baru diberi sama penerbit beberapa bulan setelah nonton filmnya. Saya sudah mengira bahwa novelnya pasti lebih bagus dari pada filmnya. Ternyata betul. Dalam film yang berdurasi terbatas, banyak cerita dalam novel yang tidak divisualisasikan. Sebenarnya yang membuat saya penasaran untuk membaca novel trilogi ini karena saya sudah menonton filmnya. Kayaknya seru nih!

Divergent adalah novel karya Veronica Roth di tahun 2011. Novel ini Bergenre sama dengan The Hunger Games (Suzanne Collins-2008) dan The Maze Runner (James Dashner-2009). Genre kebalikan dari Utopia, yaitu Dystopia. Jika Utopia berkisah tentang keadaan masa depan yang lebih baik dari sekarang. Maka Dystopia seperti The Hunger Games, Divergent, The Maze Runner dll adalah kisah fiksi yang menggambarkan masa depan lebih buruk dari masa sekarang.

Banyak yang memuji karya ini begitu juga ada yang tidak suka dengan Divergent. James Dashner dalam buku ini memuji, “Divergent adalah buku yang memikat dan mengagumkan; membuatku terus merasa tegang dan tak berhenti terkejut. Butuh waktu lama sampai aku berhenti memikirkan masa depan yang terus terbayang-bayang ini (halaman 7).” Penulis lain seperti Melissa Marr (Wicked Lovely) dan Kiersten White (Paranormalcy) juga memuji novel karya Veronica ini. Ada juga yang tidak suka novel ini karena novel ini mengekor pada pendahulunya, seperti The Hunger Games dan The Maze Runner juga tidak seseru pendahulunya.

Divergent bercerita tentang sebuah kota yang tidak diberitahukan ada di mana. Penduduk kota masa depan ini dibagi menjadi 5 faksi, sesuai kecenderungan sifat alamiah mereka. Abnegation adalah orang-orang yang tidak mementingkan diri sendiri dan tanpa pamrih. Amity adalah orang-orang yang cinta perdamaian. Candor adalah orang-orang jujur. Dauntless adalah orang-orang pemberani, dan Erudite adalah orang-orang cerdas. Sedangkan orang yang tidak masuk dalam faksi itu, karena tidak lulus ujian masuk atau (inisiasi) sebagainya termasuk dalam factionless.

Tokoh utama dalam novel ini adalah Beatrice Prior. Dia pun sebagai narator dalam novel ini. Beatrice lahir dari salah satu keluarga yang memimpin Abnegation. Karena merasa tidak cocok di Abnegation dan senang melihat Dauntless berlari dan terlihat gagah berani. Saat dia berumur 16 tahun waktunya memilih faksi, dia pun memilih Dauntles dan meninggalkan orang tua dan masa lalunya. Kakaknya Caleb Prior pun meninggalkan orang tuanya dengan memilih menjadi Erudite.

Setelah menjadi anggota Dauntless, Beatrice merubah namanya menjadi Tris. Dia bertemu dengan senior yang melatihnya bernama Four. Suatu ketika saat mengikuti tes, dia diberitahu oleh penguji (Tori) bahwa dia bukan Dauntless tetapi Divergent. Divergent adalah jenis manusia yang berbeda. Divergent kecenderungannya tidak masuk dalam satu faksi saja, bisa lebih dari itu.

Dia diminta untuk berhati-hati menjadi Divergent, karena Divergent adalah jenis yang tidak disukai oleh Erudite. Bahkan Divergent menjadi jenis yang menakutkan bagi sebagian orang, dan Erudite menginginkan mereka harus dibunuh. Sudah banyak orang yang diketahui sebagai Divergent, akhirnya mati secara misterius.

Ada beberapa kalimat yang mungkin menari yang saya temukan dalam novel ini; (1) Manusia akan menciptakan alasan apa pun untuk menoleransi hal jahat, itulah kenapa penting untuk tidak tergantung pada alasan-alasan semacam itu (perkataan Ayah Tris- salah satu orang penting di Abnegation halaman 122). (2) Kami yakin akan tindakan yang berani, dalam keberanian yang mendorong seseorang untuk membela yang lainnya-manifesto Dauntless (halaman 235). (3) Kita hanya perlu membiarkan rasa bersalah itu menjadi pengingat agar kita menjadi lebih baik (halaman 354). (4) Rasa bersalah itu sebagai alat, bukan senjata untuk melawan diri sendiri (Perkataan ayah Tris dalam pertemuan mingguan faksi Abnegation halaman 354). (5) Rasa tidak mementingkan diri sendiri dan keberanian tidak terlalu berbeda (perkataan Four halaman 442).

Penasaran dengan kelanjutan kisah Tris? Pasti banyak pertanyaan lain seperti kenapa Divergent ingin dimusnahkan? Baca novelnya langsung aja ya, biar puas. Selamat membaca! (Muhammad Rasyid Ridho)

 

 

, Veronica Roth (2014), "Divergent", Mizan Fantasi, 978-979-433-809-4: 543 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203316

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit