Masalahmu, Sahabat Terbaikmu Cetak E-mail
(2 votes)

Mengelola Masalah dengan Bijak

Masalahmu, Sahabat TerbaikmuManusia hidup di dunia ini pasti akan bersua dengan berbagai masalah atau ujian. Tidak ada satu manusia pun yang bisa melepaskan diri dari masalah yang datang menghadang. Orang yang berusaha lari ketika tertimpa masalah, justru akan membuat masalah yang dihadapinya akan semakin bertambah pelik dan membuat hidup yang dijalaninya jauh dari ketenangan dan kebahagiaan.

Pepatah bijak mengatakan, “Lari dari masalah adalah sebuah lomba yang pasti bukan Anda sang juara. Hadapilah, maka Anda akan menjadi pribadi yang lebih dewasa”. Mengubah ‘cara pandang’ ketika berhadapan dengan masalah adalah hal yang semestinya dilakukan. Jika kita melihat masalah sebagai sumber musibah, maka jiwa kita tentu akan jauh dari rasa tenang dan selalu didera kecemasan. Namun, jika kita menganggap masalah sebagai inspirasi atau guru kehidupan yang akan menuntun kita menjadi pribadi yang lebih baik, maka jiwa kita akan menjadi tenteram. Oleh karenanya, sudah saatnya kita berusaha menjadikan masalah sebagai sahabat, bukan sebagai musuh yang harus diperangi (halaman 5-6).

Dalam menjalani kehidupan ini, menjadi pribadi tangguh merupakan keniscayaan. Tanpa ketangguhan, sangat mustahil kita mampu menjalani kehidupan yang keras dan sarat rintangan ini. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara agar kita menjadi pribadi tangguh? Jawabannya adalah dengan ‘masalah’. Berbagai masalah yang mendera hidup kita, secara tidak langsung akan menempa kita menjadi pribadi tangguh dalam menjalani kehidupan ini.

Jika dianalogikan dengan sebuah baja, tentu kita tahu bahwa agar menjadi baja yang kuat dan bagus, maka ia harus ditempa dan dipanaskan hingga berulangkali. Begitu pun diri kita, agar bisa menjadi sosok pribadi yang tangguh dan bijaksana, maka perlu mendapat ujian berkali-kali. Tanpa ujian atau masalah, kita akan tumbuh menjadi pribadi lembek dan mudah berputus asa (halaman 15).

Setiap masalah yang hadir dalam kehidupan kita, seharusnya dapat dijadikan sebagai ladang untuk introspeksi diri. Sebab, terkadang datangnya masalah merupakan pertanda bahwa kita telah melakukan sebuah kesalahan atau dosa. Introspeksi tentu tidak sekadar berhenti pada titik memikirkan dan merenungi kesalahan di masa lalu. Introspeksi yang dimaksudkan di sini harus dibarengi dengan mengubah tindakan tersebut agar kita menjadi sosok pribadi yang lebih baik lagi (halaman 32-36).

Hadirnya masalah merupakan salah satu cara Tuhan untuk mengajak kita agar lebih dekat kepada-Nya. Tetapi bukan berarti kita hanya akan mendekatkan diri kepada-Nya saat tertimpa masalah saja. Karena bagaimanapun kondisi kita, baik di saat senang maupun susah, sudah seyogianya kita berusaha lebih mendekatkan diri pada-Nya (halaman 59).

Sesungguhnya, berbagai masalah yang datang menyambangi kehidupan ini, dapat melatih kita untuk bersikap lebih sabar dan dewasa. Sabar, menjadi tanda-tanda orang yang beriman. Sabar, merupakan seni dalam menjalani kehidupan ini. Seseorang yang mampu menghadapi masalah dengan sabar, maka ia akan dapat menemukan jalan keluar terbaik. Sebaliknya, ketika kesabaran ditanggalkan, maka alih-alih masalah terselesaikan dengan baik, justru masalah yang dihadapi akan semakin bertambah keruh dan melelahkan (halaman 100-101).

Kesabaran menjadi ‘alat berteduh’ sekaligus oase di tengah peliknya masalah yang terkadang datang bertubi. Kesabaran menjadikan masalah yang rumit menjadi terurai dan menjadikan kesusahan berubah kenikmatan. Terkait hal ini, Mario Teguh pernah berujar, “Bersabar bukan berarti lemah. Sabar adalah bukti ketegaranmu dalam menghadapi segala permasalahan” (halaman 147-148).

Tak dipungkiri, saat masalah menimpa kehidupan ini, ada saja orang yang kurang suka dengan kita. Dalam menghadapi hal ini, kita harus fokus dan tetap percaya diri dan tidak usah mendengar ucapan negatif orang lain. Biarkan saja orang lain membicarakan permasalahan kita. Jangan terpancing emosi sebab hal ini akan memperburuk keadaan. Yang harus segera kita lakukan adalah segera menyelesaikan masalah tersebut seraya memohon petunjuk-Nya.

Buku ini mengajarkan kita untuk menjadikan masalah sebagai sahabat atau teman hidup. Sehingga apa pun masalah yang datang, kita mampu menghadapinya dengan tenang, sabar, dan bijak. (Sam Edy Y).

***

 

 

, Mukhamad Yusuf (2014), "Masalahmu Sahabat Terbaikmu", DIVA Press, 978-6022-556-61-9: 187 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236858

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit