Manuskrip yang Ditemukan di Accra Cetak E-mail
(3 votes)

Menjawab Serangkaian Pertanyaan Kehidupan

Manuskrip yang Ditemukan di AccraManusia tidak bisa menentukan cara lahir dan mati, namun bisa menetapkan jalan hidup. Maka, sejauh masih ada dalam kuasanya, manusia bisa memilih cara menjalani kehidupannya. Di sinilah misteri kehidupan terjadi. Di dalam sejarah hidup, orang menemukan banyak tanda tanya, misalnya calon pasangan atau profesi.

Di antara banyak pertanyaan, orang hanya bisa menjawab satu tiap kali. Hidup harus dijalani detik demi detik sampai menghadap Pencipta. Dari keputusan-keputusan setiap detik akan tampak arah kehidupan tiap pribadi.

Buku Manuskrip yang Ditemukan di Accra mencoba menawarkan berbagai tanggapan atas pertanyaan-pertanyaan manusiawi. Dia merangkai pertanyaan-pertanyaan kehidupan dalam setting Perang Salib abad ke-12.

Misalnya, alasan orang-orang yang lebih beruntung ketimbang lainnya. Tentang ini, dia menulis, "Keberhasilan milik mereka yang tidak membuang-buang waktu dengan membandingkan pekerjaannya dan orang lain. Keberhasilan datang ke rumah orang-orang yang berkata, ‘Aku akan memberi yang terbaik’ setiap hari" (hal. 136-137).

Tentang makna hidup ditulis, "Di mata Tuhan, tak ada yang tak berguna di dunia ini. Sehelai daun jatuh dari pohon pun, sehelai rambut kepala, bahkan serangga mati pun bukannya tak berguna. Segala sesuatu memunyai alasan untuk hidup" (hal. 51).

Mengikuti cerita-cerita sederhana dan penuh kebijaksanaan ini, pembaca dibawa pada kesadaran, tidak ada yang tidak berguna dalam hidup. Orang diajari membuka pandangan tentang kebijaksanaan hidup. Memang hidup tidak selamanya mudah dijalani, tetapi bukan alasan tidak pernah maju.

Dengan gaya yang khas, Paulo menulis tentang keraguan hidup. "Ketika segalanya tampak gelap, ketika manusia merasa sendirian dan tak berdaya, tak mau menoleh ke belakang, sebab takut melihat sekian banyak perubahan dalam jiwa, mata pun memandang ke depan. Kita tidak khawatir kejadian esok hari karena kemarin ada penjaga dan pelindung" (hal. 64). Rasanya inilah gaya khas novel Paulo, pembaca diajak merefleksikan kehidupan berkaca pada perkataan.

Novel ini membawa pembaca memasuki lubuk hati terdalam karena dibagi dalam bab-bab kecil memasuki sisi-sisi kehidupan yang kadang orang takut memasukinya. Pembaca diajak berani menelanjangi diri agar bisa semakin menemukan makna kehidupan. Mari memahami ini,

"Musuh-musuhmu bukanlah lawan-lawan yang dikirim untuk mencobai keberanianmu, melainkan para pengecut yang sengaja ditempatkan di situ untuk menguji kelemahanmu" (hal. 187).

Selamanya, hidup tidak akan pernah mudah dijalani. Semua orang tahu ini, tetapi cara menjalani hidup yang tidak mudah itu tak semua orang tahu. Ada yang menyerah lalu bunuh diri. Ada yang berhenti di tempat karena takut tantangan di depan. Namun, ada juga yang memilih menghidupi kebijaksanaan sehingga di dalam kesulitan tidak goyah.

Dia memilih terus hidup dalam tegangan karena memang seperti itulah yang harus dijalani. Bukan kehidupan yang harus berubah, tetapi manusialah yang perlu mengganti pandangan. Dalam ranah itulah, hidup menjadi lebih bersahabat untuk dijalani. (Martinus Joko Lelono - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

, Paulo Coelho (2014), "Manuskrip yang Ditemukan di Accra", Gramedia Pustaka Utama, 978-6020-302-79-9: 208 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL SASTRA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25231051

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit