Makan Dong, Sayang Cetak E-mail
(1 vote)

Menyiasati Anak yang Sulit Makan

Makan Dong, SayangBanyak orang tua, kadang kala mengalami kesulitan memberi makan anak, terutama balita. Tidak jarang terdengar keluhan dari para ibu bahwa buah hatinya susah atau bahkan tidak mau makan. Kalaupun mau makan, balita suka pilah-pilih makanan alias picky eater.

Hanya makanan tertentu yang disukai. Pola makan seperti ini sudah pasti membuat orang tua khawatir. Padahal, makan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Proses belajar makan juga bisa membentuk kepribadian anak, termasuk kemampuan kognitif dan meningkatkan interaksi sosial (hal. 2). Buku ini menjawab keluhan para ibu dengan kiat-kiat praktis menghadapi anak susah makan.

Bab satu, mengajak pembaca memperhatikan saat-saat melatih perilaku makan buah hati, di antaranya jadwal teratur, mengajari cara makan yang baik, dan mengenalkan finger food (makanan yang bisa dimakan dengan tangan). Juga diajarkan mengenalkan meja dan etika makan pada anak. Di bab ini juga dijelaskan kiat-kiat mengembangkan kemandirian anak dalam memilih makanan (hal. 9). Ada berbagai cara yang ditempuh bila kemudian kebebasan memilih itu membuat anak hanya menyantap yang disukai (hal. 11).

Bab dua menjelaskan berbagai alasan anak susah makan. Perubahan metabolisme, sariawan, tumbuh gigi, atau kebiasaan makan sambil berkeliling kompleks merupakan beberapa faktor fisik dan psikis yang membuat anak susah makan (hal. 13). Untuk mengatasi dapat mengajak anak makan berkelompok dan membuat makanan lebih menarik (hal. 14-15). Buku ini dilengkapi dengan berbagai cerita seperti dialami Risma Djamilah yang anaknya suka memilih-milih makanan.

Kemudian, Umi Sasya menghadapi putra kembarnya yang berbeda selera (hal. 18). Anak menolak bisa karena tidak suka bentuk, penampilan, tekstur, dan sensitif terhadap rasa atau aroma tertentu (hal. 20). Buku ini menjelaskan dengan terperinci agar orang tua dapat menemukan cara yang terbaik untuk mengatasinya. Pemilihan yang tepat perlu dipahami orang tua agar makanan mampu memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak. Ada 10 makanan terbaik untuk kecerdasan anak seperti salmon, telur, dan sayuran berwarna (hal. 64-67).

Sedangkan tips-tips memilih sarapan cerdas untuk meningkatkan konsentrasi anak dijelaskan di halaman 67-71. Begitu anak memasuki usia 6 bulan, saatnya diberi makanan pendamping air susu ibu yang kriterianya juga dijelaskan di halaman 71-75, sedangkan tabel “Makanan Tepat untuk Anak Sakit” dapat dibaca di halaman 78-80. Selain masalah pola makan, buku ini juga membahas penyakit karena kesalahan pola makan yang mengakibatkan obesitas (kegemukan).

Faktor-faktor penyebab, risiko, dan diet yang tepat diutarakan dengan gamblang. Selanjutnya disajikan bekal anak ke sekolah. Tidak mudah menyuruh anak membawa bekal. Orang tua harus pandai menyiasati agar dia mau membawa bekal ke sekolah. Sebagai pelengkap, pembaca juga dituntun memahami hubungan antara makanan dan kecerdasan anak. (Neida Camelia - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

, Irhayati Harun (2013), "Makan Dong, Sayang", BIP, 978-6022-494-86-7: 199 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN ANAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28560631

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit