Bunda, Seks Itu Apa Sih? Cetak E-mail
(2 votes)

Cerdas dan Bijak Bicara Seks pada Anak

Bunda, Seks Itu Apa Sih?Topik yang saat ini ramai dibicarakan media adalah kemudahan akses pornografi sampai pelecehan seksual. Sejumlah orang tua masih menganggap tabu membicarakan seks. Orang tua sering kali malu atau tidak perlu membicarakan masalah seksual pada anak.

Tetapi, dengan berbagai kasus pelecehan sekarang, apakah mereka hanya diam? Ayah-ibu adalah sosok paling bertanggung jawab menjaga dan mencegah anak-anak dari segala sesuatu yang dapat merusak atau memberi pengaruh negatif. Lebih baik anak mendapat informasi tentang seks dari ayah ibu daripada orang lain agar informasinya benar. Buku ini menjawab permasalahan tersebut guna membantu para orang tua menjelaskan atau membangun pemahaman dan kesadaran anak terhadap seksual.

Bab satu menjelaskan pendidikan seks tidak hanya membahas seputar interaksi laki-laki dan perempuan atau alat reproduksi. Sering kali orang tua mengalami kesulitan untuk berbicara mengenai seks pada anaknya karena pengaruh mitos-mitos (hal. 5-12). Anak pun akhirnya mencari sendiri informasi dari sumber lain untuk menjawab berbagai pertanyaan mereka (hal. 13-15).

Pada bab ini, pembaca diedukasi tentang pentingnya pendidikan seks dan waktu yang tepat untuk memulainya (hal. 17). Kemudian ada juga tema pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki orang tua untuk memberikan pendidikan seks (hal. 25).

Bab dua menguraikan tahap perkembangan anak. Akhir masa kanak-kanak (6-12 tahun) dan mulai banyak berinteraksi dengan teman. Dia memerlukan pengakuan, termasuk ketika menerima ajakan untuk mengeksplorasi internet (hal. 57). Tiap tahap perkembangan dijelaskan secara detail, di antaranya aspek daya pikir, bicara, fisik, interaksi sosial, dan emosi. Untuk mengedukasi orang tua, buku memberi catatan penting yang harus diperhatikan dalam tiap tahap perkembangan anak.

Kuncinya adalah komunikasi. Agar pendidikan seks lebih tepat dan efektif, orang tua harus memahami anak dan memilih strategi tepat dalam berkomunikasi. Mereka harus menerapkan suatu aturan atau disiplin. Pada bab tiga, pembaca diberi tip berkomunikasi dengan anak usia dini (hal. 65) dan cara menerapkan disiplin sesuai dengan tahapan perkembangan (hal. 91).

Orang tua banyak tidak menyadari perilaku yang dianggap biasa sebenarnya “menyimpang”. Contoh telanjang di luar kamar mandi. Padahal, tanpa disadari, ini akan membentuk pemahaman keliru bahwa dia boleh melakukan di tempat yang tidak seharusnya. Buku ini memberi beberapa contoh perilaku “menyimpang” anak dan cara mengatasinya (hal. 99-115).

Anak sekarang jauh lebih kritis. Dia sering melontarkan pertanyaan yang tidak terduga. Pada bab lima, dibahas mengenai beberapa pertanyaan anak yang menurut orang tua sulit dijawab dan cara menjawab yang sesuai dengan tahapan anak (hal. 117-156).

Tak hanya anak yang perlu penjelasan pendidikan seks. Masih banyak orang tua belum memahami tema-tema yang boleh dan perlu dijelaskan pada anak. Buku ini merangkum pertanyaan-pertanyaan yang sering dihadapi para orang tua, terutama menyangkut kesulitan mendidik seksualitas (hal. 139-156).

Mengajar pendidikan seks pada anak sebaiknya sesuai dengan gaya belajar (auditori, visual, kinestetik). Untuk memfasilitasinya, buku ini menyajikan contoh-contoh permainan yang dapat dilakukan orang tua saat memberi pendidikan seks (hal 160-177). (Dina Roslaeni - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

, Nahda Kurnia and , Ellen Tjandra (2014), "Bunda, Seks Itu Apa Sih?", Gramedia, 978-979-22-8953-4: 197 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25215181

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit