Margaret Thatcher Cetak E-mail
(1 vote)

Kisah Seputar Wanita Super Tangguh

Margaret ThatcherSemasa hidup, Margaret Thatcher mendapat julukan sebagai “Wanita Besi” karena watak keras sebagai pemimpin. Siapakah Margaret Thatcher? Charles Moore, yang mendapat tawaran langsung dari Thatcher untuk menjadi penulis biografi resminya --dalam buku ini, memaparkan masa-masa awal kehidupan, kekuasaan, dan akhir kepemimpinan mantan Perdana Menteri Inggris tersebut.

Thatcher adalah salah satu pemimpin besar dunia yang mengubah Inggris Raya dan dunia pada abad ke-20. Dia lahir dengan nama asli Margaret Hilda Roberts di Grantham, Lincolnshire, pada 13 Oktober 1925. Orang tuanya adalah Alfred Roberts dan Beatrice Stephenson.

Thatcher tidak memunyai saudara laki-laki. Dia hanya punya satu kakak perempuan, Muriel Roberts (hal. 2). Semasa kecil, wanita kuat ini bersekolah di Huntingtower Road Primary School dan mendapat beasiswa di Kesteven and Grantham Girls School. Prestasi sekolahnya sangat bagus. Dia memperoleh nilai tertinggi dalam mata pelajaran kimia, aritmetika, dan aljabar (hal. 26). Kemudian, Thatcher mendaftar beasiswa untuk belajar kimia di Somerville College, Oxford, pada 1943 dan lulus pada 1947 dengan gelar sarjana kimia.

Pada musim panas 1947 Margaret memulai pekerjaan pertamanya sebagai kimiawan riset di BX Plastics di Manningtree, Essex (hal. 78). Pada awal Oktober 1947 Margaret ambil bagian dalam diskusi organisasi Angkatan Muda Konservatif Colchester mengenai krisis ekonomi. Tidak lama kemudian, dia menjadi pembicara reguler di St Botolph’s Corner, Colchester. Musim semi berikutnya sosok tegas tersebut menjadi terkemuka di antara kaum Tory Colchester (hal. 80-81). Pada pemilu 1950 dan 1951, dia menjadi calon konservatif dari Darford.

Dalam pidato kampanye pemilunya pada 23 Februari 1950, Margaret Robert berbicara dengan gayanya sendiri yang khas. “Tugas awal pemerintah baru Partai Konservatif,” katanya, “memperbaiki perekonomian negeri ini” (hal. 115). Pada pemilu Mei 1979, Partai Konservatif menang dan mengantarkannya ke kursi Perdana Menteri Inggris. Kala membentuk kabinet, Thatcher mengutamakan keseimbangan politis. Di bidang ekonomi Thatcher menunjuk orang-orang yang sehaluan secara ideologi (hal. 524-525).

Thatcher langsung menarik perhatian global karena dia menjadi perempuan pertama dunia Barat yang dipilih lewat pemilu. Pada 2 April 1982 Argentina menginvasi Kepulauan Falkland, koloni Inggris di Samudra Atlantik Selatan (hal. 814). Wanita ini menjawab dengan perang. Setelah pertempuran dua bulan, Argentina menyerah.

Kemenangan ini melambungkan popularitasnya, kebetulan menjelang pemilu, dan menang lagi. Dalam buku setebal 1.044 halaman ini, Charles Moore berhasil mengungkapkan hal-hal yang belum pernah diungkap sebelumnya tentang masa-masa awal kehidupan, kekuasaan, sampai pada puncak kepemimpinan Thatcher. Selain itu, Moore secara brilian menggambarkan ketegasan sikap dan ambisi Thatcher terjun ke dunia politik yang kala itu didominasi kaum laki-laki.

Buku ini bertitel asli Margaret Thatcher; The Authorized Biography, Volume One: Not For Turning, mengisahkan kehidupan Thatcher sejak lahir sampai Perang Falkland tahun 1982 antara Inggris dan Argentina. Keunggulan utama buku ini mampu mengungkap detail dan dramatis mengenai kehidupan Thatcher, termasuk liku-liku cinta hingga obsesinya terhadap fashion.

Seperti komentar dari Elaine Showalter dari The Washington Post, pada halaman sampul belakang, Moore berhasil menyajikan wawasan baru secara simpatik namun tetap kritis. (Yulia Endang Wahyuningsih - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

, Charles Moore (2014), "Margaret Thatcher", Bentang, 978-602-002-2: 1044 Halaman. 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
Tidak ada Resensi Genre Terkait

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25236863

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit