Tanda Berakhirnya Dunia Cetak E-mail
(2 votes)

Menyingkap Tabir Datangnya Kiamat

Tanda Berakhirnya DuniaSemua makhluk yang ada di bumi ini maupun seluruh alam semesta semua pasti hancur dan binasa. Kecuali Sang Pencipta semua makhluk yaitu Allah swt., yang tak pernah hancur maupun binasa karena Dia maha Hidup yang mustahil Allah itu mati. Oleh sebab itulah para ulama tauhid berpendapat bahwa Allah itu bersifat baqa atau kekal sedangkan manusia bersifat baharu atau bisa binasa atau punah oleh masa.

Sebagai umat islam yang percaya akan hari Kiamat yang merupakan rukun iman yang ke lima yaitu beriman kepada hari Kiamat adalah suatu kewajiban. Seandainya tidak mempercayainya dia termasuk orang kafir atau orang yang ingkar kepada Allah swt.

Kalau kita perhatikan bahwa dunia ini pasti akan berakhir karena banyak kerusakan yang terjadi di muka bumi ini mulai dari pemanasan global dan adanya kabut asap yang lama kelamaan akan mengikis lapisan ozon bumi ini. Pada akhirnya rusaklah ekosistem yang ada di bumi dan terjadilah kehancuran yang menyeluruh.

Kiamat adalah Peristiwa tanda berakhirnya sebuah kehidupan. Menurut agama Islam, Kiamat itu memiliki dua jenis, yaitu Kiamat Sughro (kecil) dan Kiamat Kubro (besar). Kiamat Sughro yang digambarkan dalam Islam adalah berakhirnya kehidupan dari seseorang. Bencana alam seperti Tsunami, Gempa Bumi, Badai yang menyebabkan kematian beberapa makhluk bisa juga disebut sebagai Kiamat Sughro.

Untuk mendeteksi tanda-tanda Kiamat supaya kita lebih percaya akan datangnya hari Kiamat, di antaranya diawali dengan adanya 10 tanda-tanda sebagaimana disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw., dalam haditsnya Beliau bersabda; “Sesungguhnya Kiamat itu tidak akan terjadi sebelum adanya sepuluh tanda-tanda Kiamat, yaitu tenggelam di timur, tenggelam di barat, tenggelam di Jazirah Arab, adanya asap, datangnya Dajjal, Dabbah (binatang melata yang besar), Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari sebelah barat, keluar api dari ujung Aden yang menggiring manusia, dan turunnya Nabi Isa.”

Oleh Syekh Mahmud ini, sepuluh tanda itu diringkas beliau menjadi: Pertama, tanda-tanda di Langit yang meliputi terbelahnya Bulan, Munculnya Bulan Sabit yang menggembung, Terbitnya Matahari dari barat, Munculnya Asap, turunnya Isa Putra Maryam. Kedua, Tanda Kiamat Kecil di Bumi, meliputi pembunuhan, peperangan, Banyaknya yang ingkar terhadap risalah Islam, banyaknya Ulama yang wafat hingga tidak ada orang-orang salih. Ketiga, adapun permulaan tanda Kiamat Besar di bumi, dalam buku ini dijelaskan secara rinci mengenai bagaimana munculnya Imam Mahdi dan hal-hal yang berkaitan dengan munculnya Imam Mahdi

Akhirnya, buku ini nantinya bisa kita jadikan referensi agar kita lebih yakin lagi akan datangnya hari Kiamat. Dan agar kita mempersiapkan sedini mungkin amal untuk di hari akhir nanti. (M. Fahruzaini)

 

, Syekh Mahmud Athiyah Muhammad Ali (2014), "Tanda Berakhirnya Dunia", Tinta Medina, 978-979-045-776-8: 226 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM - KIAMAT

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29380001

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit