Perfect Mistakes Cetak E-mail
(1 vote)

Tentang Kesalahan dan Penebusan yang Sempurna

Setiap manusia yang diciptakan Tuhan pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, hanya sedikit orang yang mampu menyadarinya dan berusaha untuk meminta maaf serta menebusnya dengan perbuatan yang lebih baik.

Seperti kisah Redi dalam cerpen “Untuk Indira”. Redi berusaha menebus kesalahan di masa lalunya pada Bu Rima. Ia sengaja indekost di rumah Bu Rima, walaupun Kelly, kekasihnya, sudah melarang. Sebab, Redi sama saja dengan masuk lubang buaya.

Keputusan Redi sudah bulat dan kuat. Ia merasa dihantui perasaan bersalah dan tak mampu lagi untuk memikulnya terlalu lama. Apa pun nanti yang akan terjadi, Redi sudah siap dengan semua kemungkinan terburuk sekalipun.

Di sela waktu senggang kuliah, Redi selalu menyempatkan untuk membantu Bu Rima. Walaupun Bu Rima selalu melarangnya, tetapi Redi melakukanya dengan hati senang. Karena Redi tahu, apapun yang ia lakukan tentu belum cukup menebus dosanya.

Bu Rima tinggal sendiri. Ia sudah kehilangan putri tunggalnya, Indira. Padahal, Indira sebentar lagi akan diwisuda dengan gelar Sarjana Teknik. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Indira meninggal akibat kecelakaan. Peristiwa itu sangat membuat Bu Rima terpukul dan terbelenggu dalam kesedihan yang mendalam.

Redi berusaha mencari tahu tentang Indira lebih dalam, dan ingin mengorek bagaimana perasaan Bu Rima ketika ditinggalkan putri kesayangannya itu. Semakin jauh Redi tahu kehancuran hati Bu Rima, semakin dalam rasa bersalah yang menghujam ulu hatinya. Pedih dan sakit. Dan, terkadang Redi menangis sendiri menyesali kesalahannya yang terlampau dalam.

Redi tak kuasa menyimpan rahasia lagi. Beban mentalnya seakan bertambah berat dari hari ke hari. Akhirnya, di depan Bu Rima, Redi mengakui kesalahannya dengan bersimpuh menangis di hadapan wanita setengah baya itu.

Bu Rima yang sudah mulai menyayangi dan menganggap Redi sebagai anak sendiri bagai terhantam palu berton-ton. Redi di sela tangisnya mengakui kalau dialah yang mengakibatkan Indira meninggal. Redi menabrak Indira yang mengendarai motor ketika hendak menyeberang. Karena panik Redi meninggalkan Indira begitu saja walau sudah bersimbah darah. Kini, Redi tulus meminta maaf, dan ia pun rela masuk penjara untuk menebus dosa-dosanya.

Selain cerpen di atas, buku ini masih menyimpan delapan cerpen lainnya dengan tema yang sama sebagai benang merah, yaitu kesalahan. Walau berupa kumpulan cerpen, namun ada juga cerita yang menjadi novelet karena ceritanya cukup panjang dalam cerita "After Heart" karya Rons Imawan.

Temukan pengalaman-pengalaman baru dari manusia-manusia yang memeluk dosanya, dan belajarlah dari kesungguhan mereka kala berkorban untuk menebusnya. Selamat membaca. (Muhammad Saleh)

 

, Rons Imawan, dkk (2014), "Perfect Mistakes", Bentang Belia, 978-6021-383-43-8: 306 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KUMPULAN CERITA PENDEK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366781

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit