Jalan Sehat Dengan Sports Therapy Cetak E-mail
(2 votes)

Kiat Jalan Sehat Secara Aman dan Bermanfaat

Jalan Sehat Dengan Sports TherapySemua orang pasti ingin selalu sehat. Dan semua orang juga pasti tahu dan setuju bahwa dari sekian banyak metode dan obat hanya olahraga-lah cara paling efektif mencegah penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan seseorang. Masalahnya, ternyata tidak semua olahraga menyehatkan, bahkan sebaliknya. Lalu olahraga seperti apa yang cocok dan bagaimana melakukannya? Hal itulah yang akan menjadi cakupan pembahasan dalam buku ini.

Olahraga tidak selalu berarti berkeringat dan melelahkan. Tapi olahraga yang menyehatkan yang dapat meningkatkan taraf kesehatan dan menurunkan berat badan berlebih adalah olahraga aerobik, yakni olahraga yang berintensitas ringan, gerakan yang dilakukan relatif sama, dilakukan berulang-ulang dan waktu melakukannya panjang (hal. 8).

Saat seseorang melakukan olahraga ini dengan baik dan benar, organ tubuh yang mengalami perubahan bukan saja otot dan tulang, namun mencakup jantung, pembuluh darah, paru-paru, pencernaan, metabolisme energi, kulit dan berbagai sistem lainnya. Sehingga, akan menghasilkan banyak manfaat seperti mengalirkan darah dan nutrisi, melatih otot-otot dan tulang, serta meningkatkan kemampuan jatung dan paru-paru. Selain itu, menurut Mayo Clinic Highblood Pressuer, penderita hipertensi yang berolahraga secara teratur terbukti tekanan darahnya menjadi rendah (hal. 16).

Sayangnya, tidak banyak orang yang bisa melakukan olahraga yang baik dan benar, teratur dan terukur. Untuk itu, diluncurkanlah sports therapy sebagai salah satu bentuk pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan dan pencegahan penyakit tertentu. Sports therapy sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu program pengobatan dengan menggunakan olahraga terukur untuk meningkatkan derajat kesehatan ataupun membantu proses penyembuhan penyakit tertentu. Program ini akan disesuaikan dengan usia, keadaan kesehatan, komposisi lemak, otot, tingkat metabolisme, cairan tubuh atau kemampuan berolahraga. Akibatnya, setiap individu memiliki dosis latihan yang disesuaikan dengan poin-poin di atas (hal. 23).

Salah satu bentuk latihan program sports therapy adalah jalan sehat. Bukan jalan kaki biasa, tapi jalan kaki yang menggunakan prinsip sports therapy, yaitu kegiatan jalan kaki yang ditujukan untuk meningkatkan denyut jantung pada zona latihan yang telah diresepkan selama 30 menit tanpa henti (hal. 36-37). Meski tampak sepele, jalan sehat yang dilakukan secara teratur dan terukur akan memberikan manfaat besar, diantaranya memperbaiki daya pompa jantung, meningkatkan kolesterol baik dan sekaligus menurunkan kolesterol jahat. Selain itu jalan sehat memiliki keunggulan dibanding olahraga lain, yakni mudah dilakukan, murah harganya, aman, serta hemat waktu (hal. 42).

Untuk bisa melakukan jalan sehat secara maksimal, sebelum mulai seseorang harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Dan, hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah menentukan tujuan. Ini penting, sebab dengan menentukan tujuan, setelah selesai melakukan tindakan tersebut seseorang dapat mengevaluasi apakah tujuan awal yang direncanakan sudah tercapai atau belum? Ada banyak tujuan yang bisa direncanakan, misalnya jalan sehat untuk kesehatan, untuk menurunkan berat badan, untuk kebugaran, atau untuk meningkatkan prestasi.

Setelah berhasil menentukan tujuan dengan jelas, persiapan selanjutnya adalah mengecek kebugaran tubuh, kondisi lapangan, suhu udara, tingkat polusi udara, sampai masalah minuman, pakaian dan bra, hingga sepatu dan kaos kaki (hal. 47-73). Dan, bila  semua telah dipersiapkan, tahap selanjutnya adalah melakukan peregangan agar tubuh mampu melakukan jalan sehat tersebut. Dengan melakukan peregangan terlebih dahulu, kita secara khusus mempersiapkan yang dipergunakan saat berjalan agar mampu melakukan kontraksi otot yang baik dan menghindari  terjadinya cedera (hal. 92).

Setelah tahap peregangan usai, tahap berikutnya adalah pemanasan dan pendinginan. Bila seseorang melakukan pemanasan, sebetulnya ia sedang berusaha menyiapkan tubuh dan pikiranya untuk dapat disesuaikan dengan jalan sehat yang dirancang. Sedang dalam fase pendinginan yang merupakan gerakan penutup seseorang mempersiapkan tubuh dan pikirannya agar lebih tenang dan siap melakukan kehidupan sehari-hari (hal. 95-104).

Tahap paling ujung program ini adalah mengevaluasi hasil latihan. Bila pasca latihan tubuh kian bugar berarti program latihan sudah dijalankan dengan benar. Sebaliknya bila berbuah cidera itu merupakan indikasi kuat bahwa program latihan belum dilakukan dengan tepat. (hal. 158)

Buku ini menyadarkan pembaca bahwa olahraga yang menyehatkan bukan olahraga yang berat yang menghasilkan banyak keringat melainkan olahraga tepat yang menghasilkan jantung yang lebih kuat! (Moh. Romadlon)

 

, dr. Michael Triangto, Sp.KO and , dr. Meidimarjanti, Sp.KFR (2014), "Jalan Sehat Dengan Sports Therapy", Penerbit Buku Kompas, 978-979-709-881-0: 198 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KESEHATAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25230065

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit