Mimpi Anak Pulau Cetak E-mail
(2 votes)

Pergumulan Anak Pulau Meraih Mimpi

Mimpi Anak PulauSaat ini novel biografi telah menjadi bagian dari tren karya populer, termasuk Mimpi Anak Pulau ini. Cerita yang tertera diangkat dari kisah nyata seorang bernama Abdul Gani Lasa, anak Batam yang sukses mengarungi perjalanan hidup berliku demi menggapai cita-citanya.

Tokoh dalam cerita ini, Gani Lasa adalah anak pesisir yang setiap hari selalu bersama laut. Rumahnya panggung di tepi pantai. Masa kecil dihabiskan di pantai dan  laut (hlm. 40). Hal itu merupakan gambaran kondisi Batam sebelum berkembang menjadi kota metropolis seperti sekarang. Gani terlahir dalam keluarga dengan ekonomi pas-pasan. Tetapi, dia tidak pantang menyerah menggapai mimpi.

Dengan susah payah, Gani akhirnya bisa melanjutkan kuliah ke Yogyakarta  bermodalkan uang hasil tabungan yang kemudian dibelikan empat selimut dan dua petromak untuk dijual kembali setiba di kota gudeg (hlm. 211). Gani termasuk pekerja keras. Ia rela merantau ke Yogyakarta juga untuk mengejar mimpinya.

Yogyakarta merupakan awal mula kisah dalam novel ini. Suatu ketika dia ngobrol dengan Muhammad mengisi kekosongan karena teman-teman mereka pulang kampung. Gani lantas menceritakan kehidupannya di Batam, termasuk tentang kisah cintanya dengan Asmarani, semasa di bangku PGA di Tanjung Pinang.

Dalam sepucuk surat cintanya, Gani menulis, “Jika matahari tak bersinar di matamu, aku seakan kembali ke masa lalu, masa silam yang jauh, sebatang kara tanpa teman di dunia fana. Namun, tahukah engkau, Rani, Jika sekalinya kau muncul dengan purnama di senyummu, tiba-tiba aku terbang melayang menuju hari depan. Bersama senyummu, rasanya dunia begitu mudah kuraih dalam genggaman” (hlm. 183).

Tetapi, cinta mereka  kandas karena  Asmarani dikeluarkan dari sekolah lantaran  berpacaran dengan Gani yang saat itu sedang duduk di bangku akhir dan bersiap ujian. Gani terpukul dan lebih-lebih dengan Asmarani. Untungnya peristiwa itu tidak sempat mengganggu ujian akhirnya. Ia lulus serta akhirnya bisa melanjutkan kuliah di  Yogyakarta.

Di kota pelajar, perjuangan tidak kalah rumit. Ia harus bekerja sampingan untuk menambah uang jajan. Gani jarang pulang ke Batam karena tak ingin menambah beban  orangtua. Masa-masa liburan dihabiskan untuk kerja sampingan. Usai ujian akhir setelah tujuh tahun kuliah, Gani hendak pulang ke Batam. Dia menyempatkan diri  mampir ke rumah kekasih pengganti Asmarani, Norjannah.

Beruntung bagi Gani karena ternyata niatnya meminang Norjannah, wanita asal  Tasikmalaya, sungguh tak disangka. Sebab pinangannya  malah langsung diikuti pernikahan karena orangtua Norjannah ingin langsung menikahkan. Norjannah menjadi motivasi Gani untuk  meraih mimpi.

Ia pun akhirnya bekerja pada Otorita Batam dan jenjang karirnya terus meningkat. Mimpi Gani untuk turut berkontribusi pada pembangunan daerah terwujud, meski penuh liku. Baginya, sumbangsih pada pembangunan negeri adalah bagian dari cinta tanah air. “Aku kini Melayu, jiwa ragaku Indonesia, dan Bugis dalam darahku adalah takdir Tuhan,” (hlm. 85).

Novel ini bisa menginspirasi dan memotivasi. Setiap drama yang dihadirkan  menarik, dibumbui romantisme, perjuangan hidup, dan pergumulan saat karir Gani sedang menanjak. (Abd Rahman Mawazi - sumber: www.koran-jakarta.com)

 


Judul 

: Mimpi Anak Pulau

Penulis

: Abidah El Khalieqy

Penerbit 

: Ar-Ruzz Media

Tahun

: 2015

Genre 

: Novel Biografi

Tebal

: 464 Halaman 

ISBN

: 978-6023-130-21-4

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL BIOGRAFI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25200621

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit