Bersetia; Cinta yang Kembali Takkan Seperti Semula Cetak E-mail
(2 votes)

Tentang Sebuah Kesetiaan

Bersetia; Cinta yang Kembali Takkan Seperti SemulaPada halaman Sekacip Pinang di bagian akhir buku ini, Benny Arnas menganalogikan bahwa novel yang ia tulis ini sebagai “rumah baru” dalam perjalanan karirnya sebagai seorang penulis, sedangkan menulis cerpen ia sebut sebagai “rumah lama”. Benny Arnas memang dikenal dari cerpen-cerpennya yang bertemakan lokalitas kental daerah kelahirannya, Lubuklinggau. Ia mengatakan, tak akan meninggalkan “rumah lama” nya demi “rumah baru” yang baru dijejakinya.

Novel perdananya yang ia tulis ini bisa dibilang bukanlah tema baru, atau, kalau boleh dibilang temanya sudah klise. Novel yang digarapnya dengan semangat pasang surut ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Embun alias Ratna --gadis lugu dan sederhana serta penyuka teh. Ia berjodoh dengan seorang fotografer ganteng bernama Brins van Hoye --lelaki yang suka bergaul dan ramah terhadap kliennya.

Seperti kebanyakan kisah cinta pengantin baru pada umumnya, tentu saja kebahagiaan mewarnai masa-masa awal pernikahan mereka. Brins dan Embun selalu menyempatkan untuk minum teh bersama setiap sore untuk menambah keakraban dan keromantisan kehidupan percintaan mereka. (hal. 196). Masa perkenalan yang begitu singkat membuat Embun dan Brins belum hafal dan memahami betul karakter masing-masing pasangannya.

Seiring berjalan waktu, konflik rumah tangga pun mulai muncul ke permukaan. Berawal dari rasa cemburu Embun yang mengira Brins sudah mulai mendekati gadis lain, lalu itu menyulut pertengkaran dengan Brins. (hal. 206). Kian hari konflik ini mulai menampakkan intensitas yang semakin bertambah seiring mulai lunturnya sebuah kepercayaan dari Embun.

Puncaknya Embun memergoki perilaku bejat Brins ketika Embun berkunjung ke kantor suaminya itu. Dan masalah itu membuat Embun memutuskan untuk kembali ke kampung kelahirannya, Lubuklinggau. Lalu bagaimana cara Brins merayu Embun agar bisa percaya lagi kepadanya seperti awal pernikahan? Dan bagaimana pula cara Embun dalam meredam kesedihannya setelah kesetiaannya dibuat hancur oleh pengkhiatan lelaki yang amat dicintainya itu? Di sinilah pandainya seorang Benny Arnas mengaduk-aduk perasaan pembaca. Pembaca seolah-olah dapat menyatu dengan para tokoh-tokohnya. Dengan alur maju yang disajikan penulis seolah cerita ini benar-benar pernah terjadi dalam kehidupan nyata.

Sayangnya, novel setebal 604 halaman ini bisa dibilang berjalan sangat lambat dan bertele-tele. Bagian pertama novel ini saja sudah menghabiskan sekitar 160 halaman awal tanpa ada konflik yang cukup berarti, sehingga pembaca akan cepat merasa bosan untuk terus melanjutkannya.

Untungnya, novel ini diselamatkan oleh nama penulisnya yang sudah cukup dikenal di jagat sastra nusantara. Dengan kepiawaian Benny Arnas merangkai kalimat-kalimat dengan diksi-diksi indah yang menjadi ciri khas disetiap tulisannya, pembaca masih berharap ada twist yang ditemukan pada akhir cerita ini.

Terlepas dari kekurangan cerita yang terasa membosankan karena berjalan sangat lambat, Benny Arnas mampu menyampaikan pesan tersirat dalam novel ini untuk di renungkan dalam hal kehidupan berumah tangga.

Cinta dan cemburu sudah menjadi bagian dari kehidupan dalam berumah tangga. Akan tetapi, hanya sebagian saja yang mampu menyelesaikannya dengan arif dan bijaksana tanpa harus mengambil jalan perpisahan.

Benny Arnas dengan kelihaiannya bermain kata lewat novel ini menggambarkan makna dari sebuah kesetiaan. Kesetiaan berawal dari rasa saling percaya, jujur, dan sehati satu sama lain, tanpa itu terasa akan sulit untuk menjaganya. Sebab, bila sudah terlanjur retak, cinta yang kembali tak akan bisa seperti semula.

Setia adalah genggaman sepasang tangan dengan perangai yang berseberangan. Yang kanan menuliskan perjanjian. Yang kiri menjelma cemburu. Lalu apa kabat cinta, bila tangan kiri membakar tangan kanan? (back cover)

Novel karya Tokoh Muda Sastra Indonesia 2013 pilihan Jawa Pos ini memang patut kita apresiasi untuk menambah kekayaan sastra di Indonesia. Ciri khasnya dalam menghadirkan warna lokalitas pada setiap tulisannya patut kita acungi jempol, Benny Arnas tetap konsisten dengan hal ini walaupun pindah ke “rumah baru”.  Jika kalian kini berada dalam kubangan kesedihan karena telah dikhianati, maka novel ini menjadi bacaan yang pas untuk memahami tentang arti sebuah kesetiaan. (Muhammad Saleh)

 

 

Judul 

: Bersetia; Cinta yang Kembali Takkan Seperti Semula

Penulis

: Benny Arnas

Penerbit 

: Qanita

Tahun

: 2014

Genre 

: Novel Fiksi

Tebal

: 604 Halaman 

ISBN

: 978-6021-637-25-8

 

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL FIKSI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203304

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit