My Story Cetak E-mail
(2 votes)

Inspirasi Perjuangan Remaja Menjadi Penulis

My StoryNovel remaja ini bercerita tentang Keluarga Intan. Dia memiliki Ayah dan Ibu lengkap, dua adik kandung--Sahsa dan Razi--dan kakak angkat bernama Izki. Mereka hidup bahagia, saling mencintai satu sama lain. Namun kebahagian mereka direnggut oleh musibah yang tidak diinginkan.

Musibah itu adalah gempa. Ketika itu Intan dan Izki setelah mengaji di Masjid Al-Qariah. Dia dan Izki, membeli es langganan mereka yang bernama “Es Ketagihan”. Sesuai namanya, es ini memang membuat ketagihan. Intan sudah merasakan sesuatu yang mengganjal di hatinya. Dia tidak mau makan es di dalam warung es.

Sebelum sampai rumah terjadilah gempa. Gelap malam hari semakin membuat bencana semakin mencekam dan menakutkan. Semua orang berlarian, menghindar dari dahsyatnya gempa yang membuat banyak bangunan hancur berantakan dan rata dengan tanah. Izki dan Intan juga lari tak tentu arah, tetapi mereka berdua jatuh karena terkena robohnya bangunan. Izki terkena tubuhnya, Intan kakinya yang dijatuhi reruntuhan bangunan.

Setelah gempa selesai dan masa evakuasi telah berlangsung. Kedua orang tua Intan meninggal. Kedua adik Intan selamat dan membuat tenda penginapan. Izki dan Intan dibawa ke rumah sakit yang berbeda. Intan dibawa ke rumah sakit Mahta. Meski sedih karena tidak satu rumah sakit dengan kakaknya, Intan memiliki keberuntungan lain.

Dia bertemu Lizka, Lizka lah yang selalu memotivasi Intan bahwa Intan bisa sembuh dari patah kakinya. Hingga akhirnya kaki Intan sembuh dan bisa berjalan seperti sedia kala. Lizka tangannya patah. Intan juga mencoba memotivasi Lizka, tapi Lizka tahu bahwa tangannya terluka parah dan tidak bisa sembuh. Akhirnya, Lizka tawakkal saja.

Setelah sembuh Intan mencari adik-adiknya, setelah menemukan mereka Intan dan kedua adiknya mencari kakaknya di rumah sakit lain. Setelah bertemu, mereka berziarah ke makam Abi dan Umi-nya. Meski terasa pedih, sakit dan sedih, tapi mereka tetap berusaha tabah. Mereka terus menjalani kehidupan dengan optimis.

Contohnya, Intan terus merawat impiannya menjadi seorang penulis. Setelah diary-nya rusak karena gempa dia mendapat diary baru dari teman kakaknya saat bertemu di Kereta Api. Melalui diary tersebut dia meneruskan kegiatan belajar menulisnya melalui menulis kisah kehidupannya. Ketika Lizka meminjam dan membaca diary Intan, Lizka tidak mau mengembalikan cepat-cepat diary tersebut.  Dia ingin memberi surprise pada Intan.

Novel remaja ini ditulis oleh seorang yang telah menginjak usia remaja yang dulunya adalah penulis KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya). Beranjak remaja penulis yang akrab dipanggil Sucia ini tetap eksis dalam dunia tulis menulis. Melalui buku remaja yang ditulisnya ini, dia memberi pesan pada pembaca. Pertama, tentang cinta universal yang harus diketahui oleh remaja bukan cinta pada lawan jenis, tetapi kepada keluarga. Seperti betapa saling mencintainya keluarga Intan. Kedua, pesan yang bisa diambil oleh pembaca dari novel ini adalah meski dalam kekurangan, impian tetap harus diusahakan. Tidak boleh putus asa, karena insya Allah akan ada jalan yang akan membantu mencapainya. Mengutip status facebook Asma Nadia yang sama dengan pesan novel ini, “Mimpi-mimpi tak terwujud hanya karena diinginkan. Mimpi-mimpi harus diperjuangkan.”

Meski kadang ada pemilihan kata yang kurang pas, novel  ini cocok dibaca oleh remaja di mana pun berada. Karena amanah dan pesan di dalamnya yang bagus dan membangun semangat remaja untuk menjadi lebih baik dan semangat dalam meraih cita-cita. Selamat membaca! (Muhammad Rasyid Ridho, Pustakawan-Koordinator Klub Buku Booklicious)

 

, Sucia Ramadhani (2014), "My Story", Dar! Mizan, 978-6022-425-14-4: 156 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL REMAJA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25229924

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit