Sembilan Sembilan Kosong Cetak E-mail
(2 votes)

Menyelami Teka-teki Cinta yang Tidak Biasa

Sembilan Sembilan KosongDi dalam cinta, terdapat teka-teki yang tak bisa dijelaskan lewat kata-kata, absurd tetapi nyata. Buku kumpulan cerita pendek (pulpen) Sembilan Sembilan Kosong memuat 13 judul cerita yang ditulis secara berpasangan dengan benang merah teka-teki tentang cinta.

Di dalam cerpen yang sama dengan judul bukunya, yaitu Sembilan Sembilan Kosong, dikisahkan pertemuan tak disengaja Oren dan Bimo pada ulang tahun kampus. Saat MC mengumumkan nomor undian 990, Oren yang ragu akhirnya didesak Mita untuk maju naik panggung, siapa tahu nomornya memang 990, bukan 066.

Nomor tersebut, jika diputar 180 derajat, tak beda. Ini menjadi sebuah teka-teki bagi Oren dan Bimo yang merasa memiliki nomor 990. MC menyarankan berdua untuk “hompimpa” guna menentukan pemenang undian. Namun, disela-sela keributan yang sempat terjadi, Bimo, kakak tingkat Oren, mengatakan bahwa nomor undiannya untuk Oren saja (halaman 10).

Hal itu membuat perasaan Oren tak enak. Da yakin nomornya 066, bukan 990. setelah memikirkan masak-masak, Oren berniat mengembalikan hadiah tablet. Bimo-lah yang lebih berhak atas hadiah itu. Hubungan keduanya semakin dekat. Pada suatu ketika, Bimo berinisiatif “menembak” Oren dengan cara tak biasa.

Cerpen ini menggunakan tema cerita unik tentang angka yang nyaris serupa dan memberi pesan bahwa cinta bisa datang dari mana saja, termasuk hal-hal tak terduga seperti dialami dua sejoli ini. Bahasa yang digunakan di dalam cerpen Sembilan Sembilan Kosong ini pun ringan, namun tetap indah dibaca.

Cerpen Two Cups of a Story berkisah mengenai gadis yang begitu menyukai kopi hitam bernama Raina. Ritual minum kopi hitam menurun dari ayahnya. Sepahit apa pun hidup manusia, sesengsara apa pun rasanya, yang perlu dilakukan hanya menikmatinya. Karena kadang manusia mendamba serba manis sehingga lupa rasa lain seperti kopi hitam tadi (halaman 236–237).

Dalam Café De Memoire, setiap pagi, ritual Raina duduk di sudut menikmati secangkir kopi hitam sambil menunggu matahari ke puncak. Setiap pagi, ada pemandangan menarik. Ada pria minum teh dengan menyilangkan kaki. Dagunya naik, lalu dengan pelan diturunkan. Pandangan Raina tidak dapat lepas darinya. Dia mengagumi laki-laki itu (halaman 239).

Karena kesalahan pelayan, suatu pagi pesanan Raina dan laki-laki tertukar. Ternyata si pria juga menyimpan perasaan serupa. Namun, karena gengsi dan takut, keduanya hanya berdiam dan mencoba menebak isi hati dan pikiran masing-masing. Ketika muncul wanita menemui pria yang bernama Eugene tersebut, Raina pergi membawa perasaan patah hati. Dia mengira perempuan yang bernama Ashley itu kekasihnya, padahal Ashley adalah sahabat Eugene sejak kecil. Sementara Eugene terlambat mengutarakan perasaan pada Raina yang ternyata memiliki perasaan yang sama dengannya.

Dalam cerpen Two Cups of a Story, teh dan kopi “melambangkan” dua hal berbeda jauh, namun membuat sepasang remaja jatuh cinta. Nilai tambah cerpen ini memasukkan jenis-jenis teh seperti white tea, nilgiri tea, orange pekoe, keemun tea, dan english breakfast yang mungkin belum diketahui kebanyakan orang. Ini menjadi sebuah pengetahuan baru pembaca. (Mita Oktavia - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

, Rayya Tasanee dkk (2014), "Sembilan-Sembilan Kosong", de TEENS, 978-6027-968-40-0: 275 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KUMPULAN CERITA PENDEK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25225549

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit