Cerita Cinta Indonesia Cetak E-mail
(2 votes)

Pahit Manis Cinta dalam Cerita

Cerita Cinta IndonesiaKisah tentang cinta memang tidak akan pernah habis untuk diceritakan. Karena itulah, dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-40, penerbit GPU mengundang 45 penulisnya untuk berkontribusi dalam buku kumpulan cerita pendek dengan tema cinta ini. Sebelumnya, 45 penulis yang nama-namanya cukup terkenal tersebut sudah menghasilkan berbagai karya yang mewarnai jagat perbukuan Indonesia. Dalam penyajiannya, kumpulan cerita pendek disusun secara alfabetis berdasarkan nama-nama penulisnya. Oleh karena itu, cerita pendek berjudul SK Pensiun yang ditulis oleh Ahmad Tohari menjadi cerita pembuka dalam buku ini. Cerita pendek tersebut mengisahkan tentang Salsi yang baru saja ditinggal oleh ayahnya yang meninggal, Pak Kirom, pensiunan mantri pasar.

Kesedihan Salsi menjadi berlipat karena mendengar celoteh orang-orang di sekitarnya. Sebulan sebelumnya, ayahnya yang berusia 67 tahun menikahi Yu Jembar, janda beranak empat yang berusia 40 tahun. Tentu hal tersebut menjadi bahan gunjingan bagi para tetangga. Di akhir cerita, berkat SK Pensiun milik ayahnya, Salsi menyadari bahwa maksud ayahnya menikahi Yu Jembar itu mulia sekali, dan tiba-tiba dia merasa amat bangga menjadi anak ayahnya. (hal. 7) Cerita pembuka yang menghangatkan hati. Namun, kisah cinta juga tidak selalu manis dan menyenangkan. Seperti yang dikisahkan Eka Kurniawan dalam cerita pendek yang berjudul Hachiko dan Luka yang Setia. Siapa yang tidak mengenal Hachiko.

Anjing putih peranakan Akita Inu tersebut menjadi sangat terkenal karena kesetiaannya. Setiap hari, dia selalu menunggu kedatangan tuannya, Hidesaburo Ueno, di Stasiun Shibuya. Bahkan, setelah tuannya meninggal pun, dia tetap menunggu hingga kemudian menyusul tuannya sepuluh tahun kemudian. Cerita pendek ini bukan tentang Hachiko dan tuannya, tetapi tentang Anita dan Hakim, sepasang kekasih yang tinggal di Tokyo. Selama lima tahun bersama, hubungan mereka selalu dipenuhi dengan pertengkaran. Pemicunya karena Anita selalu meminta Hakim untuk segera menikahinya, namun Hakim selalu menolaknya.

“Tak mungkin aku mengawinimu. Aku punya istri dan dua anak.” (hal. 123) Idenya unik, mengaitkan kisah antara Anita dan Hakim dengan kisah antara Hachiko dan tuannya. Tema cinta yang disajikan dalam buku ini bukan hanya kisah cinta antara lelaki dan perempuan. Melalui cerita pendek berjudul Gelas di Pinggir Meja yang ditulis oleh Ken Terate, pembaca disuguhi kisah cinta seorang ibu terhadap anaknya. Sejak kecil, Tyas selalu dijejali berbagai macam nasihat oleh ibunya yang, menurutnya, sangat tidak masuk akal. Seperti, tidak boleh meletakkan gelas di pinggir meja atau tidak boleh duduk di depan pintu.

Ketika ibunya memperingatkan Tyas untuk menjauhi Arnold karena cara makannya, dia malah marah dan justru menerima lamarannya. Setelah Arnold mengiriminya surat cerai, Tyas baru sadar bahwa Ibunya benar. Seharusnya, aku tidak menikah dengannya! Seharusnya aku mendengarkan tahayul Ibuku! (hal. 187) Tetapi, bu tetaplah seorang ibu yang tidak akan pernah berhenti mencintai dan melindungi anaknya. Begitu banyak ragam cinta yang tersaji dalam kumpulan cerita pendek ini. Setiap penulis membawa ciri khas penulisannya masing-masing. Mulai dari cerita remaja seperti Cinta untuk Rere~Erlin Cahyadi, sampai cerita dewasa seperti Paman Kate~Andina Dwifatma. (Nathalia Diana Pitaloka - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul 

: Cerita Cinta Indonesia

Penulis

: 45 Penulis GPU

Penerbit 

: Gramedia Pustaka Utama

Tahun

: 2014

Genre 

: Kumpulan Cerita Pendek

Tebal

: 400 Halaman 

ISBN

: 978-6020-305-17-2

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Tebar Manfaat - Ikatan Alumni SAP KIT
 Program Santunan Anak Yatim di VILA QUR`AN FATHUL MUBIIN BANDUNG (*)

Donasi bisa disalurkan melalui rekening:

Bank SYARIAH MANDIRI ( 7111-8856-77 )

a/n: Ghani Hikmawan

(*acara pada tanggal 09 Desember 2017)

***

konfirmasi donasi ke: 3543be3679047cc27c67d19a6e7d8e19

Beibiiyku Online Shop
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KUMPULAN CERITA PENDEK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 25203391

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit