Tokoh-Tokoh Hebat yang Menggetarkan Dunia Cetak E-mail
(2 votes)

Sosok-Sosok Hebat Penakluk Dunia

Dalam catatan sejarah, banyak sekali tokoh-tokoh yang menjadi penguasa di berbagai belahan dunia. Menaklukkan dan memperluas wilayah kekuasaan dengan jalan damai ataupun dengan kekerasan –perang adalah jalan yang sering di tempuh. Ambisi dan keinginan untuk menguasai dunia memang menjadi alasan yang mendominasi. Namun, ada juga yang memperluas kekuasaan untuk menyebarkan paham dan agama pada daerah taklukkannya.

Kecerdasan dan strategi yang diterapkan dalam setiap invasi oleh para penakluk ini memang diakui dunia. Sehingga nama-nama mereka kekal dalam catatan sejarah walau telah berlalu ratusan tahun lamanya. Lalu, siapa sajakah para penakluk hebat tersebut?

Wahyu Murtiningsih lewat buku ini akan memaparkan sosok-sosok hebat dibalik penaklukkan-penaklukan yang pernah terjadi di masa lalu. Keberanian dan kecerdasan menjadi latar akan keberhasilan mereka. Tak ada rasa gentar berhadapan dengan lawan ketika cara damai tak menghasilkan kesepakatan.

Alexander Agung adalah contoh penakluk yang penuh kecerdasan dan keberanian. Di bawah kepimimpinannya, pasukannya berhasil menaklukkan wilayah-wilayah penting di Persia. Tak hanya sampai di situ, ia juga berhasil menaklukkan dan menguasai wilayah Asia. Mesir dan India juga berhasil ia taklukkan dengan mudah. Sayang, ketika ia ingin menaklukkan Babilonia, Alexander jatuh sakit. Ia pun meninggal dengan banyak meninggalkan daerah kekuasaan. (hal. 34-40).

Dari wilayah Asia Tengah, ada Kubilai Khan sosok penakluk tangguh yang terkenal berani dan kejam. Berbagai invasi ia lakukan ke negeri-negeri Asia Timur dan Asia Tenggara.

Tujuan utamanya adalah untuk memperluas pengaruh kekuasaan, melancarkan perdagangan, dan menerima upeti dari negara-negara di Asia yang berhasil ia taklukkan. Ia berhasil menguasai separuh wilayah Asia Timur, tetapi tak demikian ketika ia dan pasukannya menginvasi Asia Tenggara. Sempat ingin menaklukkan pulau jawa. Namun, rencananya gagal karena telah berhasil di tipu oleh Raden Wijaya. (hal. 143-148).

Dari belahan bumi Eropa ada Napoleon Bonaparte, ia telah menorehkan sejarah mengagumkan bagi peradapan dunia, khususnya Eropa. Sifat terjang Napoleon begitu fenomenal dan dikenang hingga sekarang. Ia berhasil menyatukan Perancis yang dulu masih terpecah. Dengan kemampuan dan kekuatannya ia berhasil menjadi kaisar yang diktator.

Dari kalangan pejuang Islam ada Shalahuddin al-Ayubi. Ia sosok penakluk yang terkenal sebagai pemimpin pemberani, tegas dan brilian. Walaupun begitu, ia mempunyai hati yang lembut dan kasih sayang. Terbukti ia tak pernah membantai atau menyakiti rakyat-rakyat yang telah berhasil ia taklukkan wilayahnya.

Shalahuddin al-Ayubi dikenal juga dengan nama Saladin oleh bangsa Barat. Ia merupakan tokoh penting pejuangan umat Islam ketika melawan pasukan musuh saat perang Salib terjadi. Saladin adalah seorang ahli perang dan pandai dalam mengatur siasat sekaligus pemimpin yang sangat baik hati sehingga dicintai kawan dan disegani lawan. Dengan kekuatannya ia berhasil merebut Yerusalem.

Selama menjabat sebagai pemimpin, Shalahuddin tidak pernah hidup bermewah-mewahan seperti tinggal di istana yang megah. Ia lebih banyak tinggal di barak-barak militer bersama prajurit dibanding tinggal di lingkungan istana. (hal. 198-207).

Selain empat tokoh di atas, buku ini juga membahas kisah-kisah penakluk lain seperti: Asoka, Attila, Hanibal Barca, Jengis Khan, Muhammad al-Fatih,, Agustus Caesar, Thariq bin Ziyad, dan 30 penakluk lainnya.

Membaca kisah-kisah para penakluk hebat yang dibahas dalam buku ini, sedikit banyak akan memberikan kita inspirasi, bahwa untuk menggapai sesuatu yang diinginkan, kita harus berjuang, berkorban, bekerja keras dan cerdas, serta pantang menyerah bila menemukan kegagalan. Sebab, itulah satu-satunya rumus yang ada dalam dunia ini untuk mencapai kesuksesan. (Muhammad Saleh)

 

, Wahyu Murtiningsih (2015), "Tokoh-Tokoh Hebat yang Menggetarkan Dunia", DIVA Press, 978-6022-557-58-6: 240 Halaman. 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Resensi Genre Terkait
BIOGRAFI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
SCHOOL for the NEXT LEADERS
Sponsor
Komentar/ Resensi Baru
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Dare To Make Mistakes; Kreatif Berinovasi dan Bera...
Bagus ini ...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"All books are divisible into two classes, the books of the hour, and the books of all time." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 24481055

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit