Show Your Work Cetak E-mail
(1 vote)

Membaca Peluang Berkarya di Era Digital

Show Your WorkEdgar Allan Poe, sastrawan romantik Amerika, pernah mengatakan kebanyakan penyair lebih suka dianggap berkarya oleh sekelompok penggemar fanatik. Dia takut masyarakat luas mengintip ke balik layar. Pelukis Pablo Picasso akan menyedot energi massa untuk melukis semalam suntuk.

Benarkah demikian? Benar untuk zamannya. Tapi, di era teknologi informasi (digital) seperti sekarang, siapa pun bisa menghasilkan karya hebat yang diapresiasi banyak orang. Karya hebat bukan monopoli para maestro, tapi bisa lahir dari tangan siapa pun yang kreatif, mau berbagi, dan siap berkomunikasi kapan pun dengan siapa pun.

Inilah yang menjadi pembahasan buku ini. Edgar Allan Poe dan Pablo Picasso memang orang-orang genius. Namun, di era digital, untuk melahirkan karya, tidak perlu sosok genius, melainkan scenius. Jika genius diartikan sebagai manusia dengan bakat luar biasa, scenius sebagai kreativitas berkat kolaborasi banyak pemikiran.

Scenius tidak menuntut cerdas atau bakat seseorang, melainkan gagasan yang dibagikan, kualitas hubungan, dan percakapan. Semua ini sangat mudah dilakukan di era internet kini. Era internet memungkinkan setiap amatir untuk berkarya. Berbeda dengan profesional, amatir bersedia mencoba apa saja dan berbagi hasilnya.

Mereka mengambil setiap kesempatan, bereksperimen, dan mengikuti naluri, bahkan untuk karya yang dianggap konyol sekalipun. Bagi amatir, penilaian sebuah karya tidak didasarkan pada ukuran-ukuran yang sempit dan absolut. Tidak ada perbedaan antara karya yang bagus dan jelek.

Yang membedakan adalah berkarya dan tidak. Berlawanan dengan para maestro, memublikasikan proses berkarya setiap saat akan membawa seseorang menjadi kreator hebat. Banyak pilihan media publikasi, bergantung jenis karyanya. Selain memiliki web sendiri, kreator film bisa memilih YouTube atau Vimeo. Penulis dapat memilih Twitter.

Seniman visual menyenangi Tumblr, Instagram, atau Facebook. Tidak perlu kecil hati karena merasa karyanya jelek. Hukum sturgeon yang dicetuskan penulis fiksi ilmiah, Theodore Sturgeon, mengatakan 90 persen dari segala sesuatu sebenarnya jelek (hlm. 52).

Masyarakat perlu memublikasikan karya untuk memancing respons khalayak dan mengetahui bagus atau jelek. Paul Bloom, seorang profesor psikologi, menyatakan penggemar lukisan bergantung pada warna, bentuk, dan pola. Mestinya tak jadi soal apakah sebuah lukisan asli atau palsu.

Sayang, otak manusia tidak bekerja seperti itu. Ketika melihat suatu benda, penilaiannya sangat dipengaruhi pendapat orang lain tentangnya (hlm. 91). Karena itu, memublikasikan karya untuk menjaring pendapat orang lain sangat dianjurkan. Berkarya untuk menghasilkan uang bukan tabu.

Uang tidak merusak kreativitas, malah menyuburkannya. Mario Puzo menulis The Godfather, untuk mendapatkan uang. John Lennon sering duduk sebelum sesi menulis lagu Beatles, lalu berkata, “Ayo, kita tulis pohon uang” (hlm. 163).

Buku yang terdiri atas 10 bagian ini bisa membuka mata mereka yang bekerja di dunia kreatif untuk memanfaatkan peluang yang terbuka lebar di era teknologi informasi. Pada beberapa bagian uraiannya sangat praktikal sehingga dapat menjadi panduan untuk diikuti. Nama besar penulisnya sebagai pakar kreativitas yang diakui dunia menjadi daya tarik buku ini. (Muhamad Ilyasa - sumber: www.koran-jakarta.com)

 

 

Judul 

: Show Your Work

Penulis

: Austin Kleon

Penerbit 

: Noura Books

Tahun

: 2014

Genre 

: Motivasi - Bisnis

Tebal

: 224 Halaman 

ISBN

: 201-0000-759-54-7

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
MOTIVASI - BISNIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29366388

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit